Sponsors Link

3 Kesalahan yang Bikin Kampas Kopling Cepat Aus

Sponsors Link

Jika berbicara mengenai sepeda motor, tentuna kita juga akan membahas mengenai komponen yang terdapat pada motor tersebut. Dan salah satu komponen yang sangat penting pada kendaraan roda dua ini adalah kopling. Komponen yang satu ini berfungsi untuk memindahkan tenaga dari pembakaran di dalam mesin kendaraan anda.

ads

Selain itu, komponen motor kopling ini juga berfunsi untuk melanjutkan putaran poros engkol yang bergerak karena proses pembakaran ke transmisi, dan juga bertugas untuk melepaskan hubungan dari engkol ke komponen gigi transmisi pada mesin motor ketika ia memindahkan gigi melalui handle kopling.

Kopling yang ada pada kendaraan roda dua atau motor, pada umumnya memiliki karakter gesek ( friction clutch ) berbentuk piringan atau yang biasa disebut plat kopling ( disk clutch ).  Atau dengan kata lain ini, kopling ini disebut sebagai penegah diantara beberapa komponen pada motor tersebut. Secara umum, berikut ini adalah fungsi kopling motor, antara lain :

  • Menghubungkan engkol mesin dengan transmisi / gear sehingga putaran mesin dapat diteruskan ke transmisi sampai dengan  ke rantai dan roda sehingga motor anda bisa melaju dengan kecepatan yang anda inginkan.
  • Ketika pengendara melakukan pengoperan gigi, maka kopling ini akan bertugas melepaskan hubungan mesin dengan transmisi
  • Menghubungkan kembali mesin dengan transmisi secara perlahan, sehingga sepeda motor dapat berjalan  secara perlahan.

Nah sobat, itulah peranan penting dari kopling tersebut, namun meski demikian ada juga kampas kopling yang mendukung kinerja dari kopling tersbebut. Namun pada aktualnya ada beberapa kesalahan yang bikin kampas kopling cepat aus, diantaranya adalah :

1. Faktor Pemakaian Oli

Kesalahan yang pertama adalah karena pemakaian oli. Oli yang tidak sesuai dengan  spesifikasi motor anda bisa membuat kampas kopling motor anda menjadi cepat aus. Karena oli yang tadinya melumasi kampas kopling tersebut akan kepanasan karena oli tersebut, sehingga akan cepat aus.

2. Per Kopling

Kesalahan yang kedua adalah karena per kopling motor anda yang lemah. Per kopling yang lemah juga menjadi salah satu penyebab kopling motor kesayangan anda menjadi cepat aus, karena per kopling yang lemah akan membuat kopling itu sendiri akan menekan palt kampas kopling motor tersebut secara terus –  menerus, sehingga jika hal seperti ini tejadi terus, maka akan membuat kopling kampas tersebut menjadi cepat aus.

3. Setelan Jarak Kopling

Kesalahan yang ketiga adalah karena jarak kopling motor anda. Setelan jarak kopling yang terlalu pendek, maka akan membuat riding akan nyaman, terutama pada saat anda berkendara di daerah yang padat seperti kota Jakarta. Namun satu hal yang harus anda ingat sobat, menggunakan kopling yang pendek justru akan mengorbankan kampas kopling anda.

Penggunaan kopling yang pendek tersebut akan membuatnya cepat aus. Untuk itulah pertimbangkan kembali keputusan anda jika ingin menggunakan kopling pendek.

Sponsors Link

Demikian ulasan yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pada postingan kali ini. Terim kasih buat anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum mengikuti cara – cara yang penulis berikan.Semoga bermanfaat, salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply