Sponsors Link

Kepala Silinder Motor : Bagian – bagian, Cara Kerja dan Fungsinya

Sponsors Link

Kepala silinder motor adalah salah satu bagian penting pada komponen mesin sepeda motor yang juga merupakan penutup blok silinder. Perlu kita ketahui bahwa komponen yang satu ini umumnya terbuat dari besi tuang agar mampu menahan tekenan dan temperatur yang tinggi ketika engine bekerja.

ads

Namun seiring berjalannya waktu dengan teknologi yang semakin berkembang, aluminium menjadi salah satu paduan dalam pembuatan Cylinder Head. Sebab dibandingkan bahan besi tuang, kemampuan pendinginan yang dimiliki oleh bahan aluminium jauh lebih besar. Di bawah ini saya akan menjelaskan tentang bagian kepala silinder motor, fungsi serta cara kerjanya, langsung saja kita simak artikel berikut ini :

Cara kerja kepala silinder motor

Kepala silinder juga mempunyai saluran-saluran yang disebut ports. Saluran masuk adalah saluran lewat campuran bahan bakar dan udara ke dalam ruang pembakaran. Saluran buang adalah saluran pembungan gas bekas dari dalam ruang pembakaran ke dalam system pembuangan.

Katup-katup ini ditempatkan sebagai penyekat terhadap ruang pembakaran dan saluran buang, pada saat katup-katup berada posisi menutup akan memperllihakan ujung-ujung saluran dimana mereka memasuki ruang pembakaran (katup-katup telah dilepas sehingga anda dapat melihat saluran-saluran ini lebih jelas) katup-katup ini akan melakukan pembuangan dan pemasukan pipa yang menyalurkan campuran bahan bakar dan membawa gas bekas keluar dari dalam kepala siinder dibautkan ke sisi kepala silinder, sehingga pipa-pipa tersebut segaris dengan saluran ini adalah fungsi manifold masuk dan buang.

Roda gigi penggerak katup dipasang pada bagian atas kepala silinder. Katup-katup dapat digerakkan oleh push rod. Sudah dijelaskan sebelumnya pada bagian ini, atau dengan alternatif lain, yaitu satu atau lebih camshaft dipasangkan langsung pada kepala silinder yang digerakkan oleh rantai atau sabuk dari bagian ujung crankshaft.

Fungsi Kepala Silinder Pada Sepeda Motor

Secara garis besar cylinder head atau kepala silinder pada sepeda motor baik itu mesin 2 tak ataupun 4 tak mempunyai beberapa fungsi yang diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Tempat Pemasangan Busi
  • Tempat Kelengkapan Mekanisme Katup
  • Ruang Pembakaran
  • Tempat Mantel Pendingin atau Water Jacket
  • Tempat Saluran Pemasukan dan Pembuangan

Bagian kepala silinder

Dibawah ini 5 bagian yang terdapat pada kepala silinder motor yaitu :

1. Poros Nok

Fungsi poros nok adalah untuk menekan valve lifter pada katup agar bisa terbuka. Sesuai namanya camshaft terbentuk dari poros besi yang memiliki cam disepanjang poros. cam ini, dibuat dalam sudut tertentu sehingga ketika camshaft berputar, cam bisa menekan katup dengan timming yang sesuai.

2. Katup

Katup bisa disebut sebagai pintu antara bagian dari ruang bakar dan juga bagian dari udara luar. Hal itu karena fungsi utama dari katup itu sendiri adalah sebagai tempat keluar masuk material pembakaran sehingga mirip seperti pintu gerbang. Dengan begitu prosesnya menjadi semakin memudahkan.

3. Pegas Katup

Fungsi valve spring itu sendiri adalah untuk menahan posisi katup agar bisa tertutup dengan rapat dan sempurna. Daun katup akan tertekan dengan adanya pegas ke bagian mount katup sehingga tidak ada celah maka dari itu posisi katup menghadap ke bagian bawah.

4. Valve lifter/Rocker arm

Dua komponen ini, saling berkaitan. Valve lifter berbentuk seperti mangkuk yang menyelimuti bagian atas katup. Bahan yang dibuat pada valve lifter ini adalah logam aluminium yang memiliki gaya gesek kecil. kalau bahan valve lifter kasar maka akan menimbulkan kerugian tenaga besar hal itu dikarenakan di permukaan lifter ini akan terjadi gesekan dengan camshaft, Valve lifter ini digunakan untuk melindungi batang katup dari gesekan camshaft.

Sponsors Link

5. Busi

Fungsi komponen busi motor kami rasa semua juga tahu, busi digunakan sebagai pemercik bunga api. Posisi busi harus berada di titik atas agar energi hasil pembakaran bisa mendorong piston secara lurus ini berada didalam ruang bakar. Sehingga mesin akan lebih efisien.

Itulah penjelasan mengenai kepala silinder motor, sekian artikel kali ini semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa di artikel – artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply