Sponsors Link

Kelebihan dan Kekurangan Frame Slider Pada Motor Paling Lengkap

Sponsors Link

Halo sobat, bagi sobat yang masih asing dengan apa itu frame slider, pada artikel sebelumnya penulis sudah memberikan artikel tentang frame slider pada motor pada sobat. Nah sekarang tidak ada salahnya kita membahas tentang kelebihan dan kekurangan frame slider pada motor.

ads

frame slider pada motor dapat kita kategorikan sebagai aksesoris tambahan pada motor yang multi fungsi karena memiliki beberapa kelebihan sekaligus, namun tentu saja di samping kelebihan akan selalu memiliki kekurangan dan tidak akan 100% sempurna, karena tentu saja kesempurnaan yang hakiki hanyalah milik dari Tuhan Yang Maha Esa.

Kembali pada kelebihan dan kekurangan frame slider pada motor, diawal penulis telah menyebutkan bahwa aksesoris tambahan satu ini memiliki kelebihan yang beragam. Kelebihan tersebut berupa fungsi yang bermanfaat jika aksesoris ini sobat gunakan pada motor, kelebihannya antara lain adalah;

  • Membantu motor sobat segera meluncur kearah bahu jalan saat sobat terjatuh pada saat berkendara sehingga mengurangi peluang terjadinnya tabrakan beruntun.
  • melindungi bagian fairing samping maupun bodi motor bagian samping dari lecet maupun pecah ketika motor terjatuh. Ingat, terjatuh tidak selalu terjadi pada saat kita berkendara di kecepatan tinggi. Bisa saja motor terjatuh pada saat kita memarkirkan motor kesayangan karena permukaan tempat kita memarkirkan motor yang tidak rata ataupun sobat terpeleset saat berusaha untuk memarkirkan motor.
  • Mengurangi kemungkinan kaki sobat tertimpa bodi motor saat terjatuh kearah samping sehingga dapat meminimaliskan kemungkinan sobat mengalami cedera pada bagian kaki.
  • Pada penggunaan sehari-hari banyak biker yang memanfaatkan frame slider ini sebagai pijakan kaki saat mulai terasa pegal selama berkendara jauh. Lumayan untuk sekedar meluruskan kaki sejenak tanpa harus berhenti dan dapat terus melanjutkan perjalanan.
  • Sebagai aksesoris pendongkrak tampilan pada kesayangan sobat agar terlihat lebih padat berisi

Bagi beberapa biker aksesoris satu ini masih memiliki beberapa fungsi dan kelebihan, misalnya sebagai dudukan untuk lampu kabut bagi biker yang gemar touring, ataupun juga sebagai tempat menggantungkan kresek belanjaan. Setelah membahas beberapa kelebihan yang tentu saja menjadi satu dengan manfaat dari aksesoris satu ini, sekarang mari kita bahas apa saja kekurangan dari frame slider ini.

Sponsors Link

  • Karena di fungsikan sebagai penahan saat sobat terjatuh dari motor tentu frame slider di wajibkan terbuat dari material yang kokoh, karena pada saat motor terjatuh aksesoris ini harus kuat menahan bobot dari motor beserta bobot efek benturan yang terjadi. Maka tentu saja dengan memasang frame slider motor sobat akan bertambah bobotnya, tambahan bobot berkisar antara 1 – 2,5kg tergantung pada bahan yang di gunakan pada frame slider sobat juga jumlah frame slider yang sobat pasang tentunya.
  • Bagi sebagian biker penggunaan frame slider dapat merusak penampilan motor karena biasanya frame slider terlihat menonjol keluar dari firing ataupun bodi motor sehingga nampak kurang rapi.
  • Pemasangan frame slider yang salah bukan hanya mengurangi fungsi dari aksesoris satu ini saja, namun bisa saja malah merusak braket rangka, apa lagi jika sobat salah memasang frame slider pada main frame (rangka utama) pada motor sobat. Karena pada saat terjatuh dan terjadi benturan, maka efek dari benturan tersebut bisa saja diteruskan pada main frame sehingga menyebabkan main frame bengkok. Tentu saja biaya memperbaiki main frame tidak bisa kita katakan murah. Maksud hati dengan memasang frame slider dapat mengurangi jumlah part yang rusak jika terjatuh tapi karena pemasangan yang tidak tepat malah memberikan dampak pada part lainnya.
  • Harga aksesoris satu ini cukup mahal. Sebagai contoh frame slider yang di peruntukan untuk Kawasaki Ninja 250 fi berkisar dari Rp. 300.000 sampai Rp. 2.500.000 tergantung pada merk yang sobat pilih. Belum lagi jika sobat membeli frame slider lewat flash shop, tentu biaya yang sobat keluarkan akan bertambah sesuai dengan bobot dari frame slider itu sendiri.
  • Tidak jarang penggunaan frame slider menyusahkan kita saat berada di area parkir yang padat dan berhimpit-himpitan seperti pada area parkir kampus karena penggunaan frame slider menambah lebar dari dimensi motor sobat.
Sponsors Link

Nah itu tadi sedikit mengenai kelebihan dan kekurangan frame slider pada motor yang dapat penulis bagikan pada sobat. Semoga kelebihan dan kekurangan frame slider pada motor ini bermafaat bagi sobat. Sampai jumpa di lain kesempatan dan terima kasih. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply