Sponsors Link

Kelebihan dan Kekurangan Arus AC dan DC Pada Motor

Sponsors Link

Sistem kelistrikan motor adalah salah satu rangkaian yang sangat penting bagi pengguna motor. Memang pada umumnya sistem kelistrikan yang ada pada motor tidak selengkap dengan sistem kelistrikan pada mobil, namun kelistrikan motor juga memiliki cukup banyak. Kelistrikan pada umumnya sangat penting, apalagi untuk menunjang pada setiap komponen lampu motor, salah satu komponen lampu sein motor.

Apakah anda mengetahui tentang arus listrik pada motor, seperti DC dan juga AC? Mungkin anda sudah mengetahui kedua arus ini, apalagi anda adalah seorang otomotif dibagian motor. Dimana kedua arus ini menjadi sebuah pertanyaan yang membingungkan pada saat kita ingin memodifikasi kelistrikan pada motor, seperti menggunakan lampu LED di motor yang dimiliki oleh anda. Perlu perhatikan penggunaan lampu yang tidak sesuai ini akan timbul penyebab aki motor tekor.

Penyebab dari aki motor yang tekor, biasanya terjadi karena aksesoris lampu yang berlebihan. Maka dari itu anda harus perhatikan dengan hal yang seperti ini. Sesuai dengan judul yang ada diatas, dimana kesempatan yang indah ini kami akan membahas mengenai kelebihan beserta dengan kekurangan dari arus AC dan DC pada motor. Apa saja sih yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari kedua arus tersebut? Berikut dibawah ini yang menjadi kelebihan dan kekurangan arus AC dan DC pada motor.

Kelebihan dan Kekurangan Arus AC

Arus AC? Apa itu? Arus AC atau sebuah nama yang disingkat dari Alternating Current merupakan sistem kelistrikan yang hanya mengandalkan dari sebuah gerakan poros engkol pada komponen mesin motor. Jadi, sistem kelistrikan yang berasal dari arus AC hanya mengikuti pada putaran mesin. Ciri-ciri yang berasal dari arus AC, anda bisa lihat dari sebuah lampu utama ataupun headlamp. Apabila mesin motor sedang berada di RPM yang rendah, maka lampu utama atau headlamp akan redup.

Namun pada umumnya arus AC bisa membuat lampu menjadi lebih terang ketika mesin motor sedang berada di RPM tinggi. Pada lampu utama dari motor yang berjenis arus AC, maka kelistrikan akan diarahkan dengan cara yang langsung oleh spul ke poros engkol mesin. Nah bagi anda yang ingin mencari tahu tentang kelebihan dan juga kekurangan dari arus AC. Maka, tanpa basa-basi langsung saja disimak ulasan yang sudah ada dibawah ini.

Kelebihan Arus AC

Pada umumnya kelebihan yang ada pada arus AC terdapat 3 kelebihan. Seperti apa ketiga kelebihan tersebut? Berikut dibawah ini yang menjadi 3 kelebihan dari arus AC.

  • Umur aki akan menjadi lebih panjang atau aki tidak mudah untuk soak, karena beban dari aki hanya bisa untuk starter.
  • Tersedia saklar untuk mematikan atau menyalakan lampu. Jadi, lampu hanya bisa menyala apabila dibutuhkan.
  • Bisa mengubah skala tegangannya, mulai dari dinaikkan atau diturunkan.

Kekurangan Arus AC

Selain kelebihan yang bisa membuat arus AC dikagumi, ternyata arus AC memiliki 3 kekurangan juga. Coba anda simak 3 kekurangannya yang sudah ada dibawah ini.

  • Nyala lampu yang kurang stabil, disebabkan asupan daya hanya bergantung pada mesin.
  • Lampu akan menjadi lebih sering putus, karena adanya listrik yang kurang stabil.
  • Arus AC tidak bisa untuk dibawah kemana-mana, dikarenakan arus AC tidak tersedia di sebuah wadah, misalnya baterai dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Arus DC

Apa itu Arus DC? Arus DC merupakan sebuah nama yang disingkat dari Direct Current, hal ini bertanda kalau arus akan dibebankan pada komponen aki motor. Maksudnya disini pasokan pengisian yang berasal dari sepul akan dilangsungkan pada aki, lalu dikeluarkan pada beban, misalnya klakson, lampu, starter, alarm dan lain sebagainya. Ciri dari kelistrikan arus DC ini bisa dilihat dari arus DC, salah satunya adalah lampu menjadi terang seketika tanpa harus mengikuti putaran dari mesin.

Sebagai contoh pada saat anda ingin menyalakan kontak atau keberadaannya di posisi ON, maka dengan demikian lampu yang utama akan menyala secara otomatis tanpa redup. Hal ini bertanda kalau arus listrik yang berasal dari sebuah aki menjadi stabil. Anda ingin cari tahu dengan kelebihan serta kekurangan dari arus DC? Langsung saja disimak pada ulasan yang telah dibuat oleh kami, berikut ulasannya.

Kelebihan Arus DC

Dari berbagai sumber informasi yang kami dapatkan, kelebihan dari arus DC pada motor ada 4. Berikut dibawah ini merupakan 4 kelebihan dari arus DC.

  • Lebih mudah untuk dibawah kemana saja.
  • Nyala lampu lebih stabil dan terang.
  • Komponen akan menjadi lebih awet, ini dikarenakan adanya arus yang stabil.
  • Bagi anda yang suka dengan dunia modifikasi, terutama di kelistrikan motor akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan oleh anda. Dikarenakan berbagai variasi memerlukan arus DC.

Kekurangan Arus DC

Sama hal dengan kelebihan dari arus DC, dimana arus DC juga memiliki 4 kekurangan. Nah dibawah ini merupakan 4 kekurangan dari arus DC yang sudah kami uraikan untuk anda.

  • Pada umumnya arus DC harus memerlukan pengisian yang lebih besar sehingga aki tidak gampang untuk tekor. Namun, bagi anda yang memiliki motor matik, menurut kami cara mengatasi aki tekor motor matik itu sangat mudah dilakukan.
  • Memiliki batasan pada pasokan listrik. Dengan begitu anda harus lebih melakukan pengisian secara ulang atau cas.
  • Biasanya sepeda motor yang sudah menggunakan arus DC, maka tidak tersedia untuk sklar mematikan lampu.
  • Nah, apabila tidak ada sebuah sklar untuk mematikan lampu, maka aki akan lebih cepat soak atau usia aki akan menjadi lebih pendek.

Itulah yang bisa kami sampaikan tentang kelebihan dan kekurangan arus AC dan DC pada motor. semoga melalui pembahasan kali ini anda yang sudah membacanya bisa mendapatkan manfaatnya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply