Sponsors Link

Mengenal Jenis Stang Motor Sesuai dengan Kebutuhan

Sponsors Link

 Saat ini, sepeda mototr merupakan kendaraan paling mendominasi jalanan di Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan pengendara, sepeda motor memiliki model dan fungsi yang berbeda beda, seperti motor sport, matik, dan motor bebek yang juga memiliki rangka desain dan ragam bentuk stang beserta komponen stang motor di dalamnya.

ads

Sebagai elemen paling penting, setang memiliki peran untuk menjaga kestabilan sepeda motor dan pengendara. Bahkan beberapa pengendara, melakukan sentuhan modifikasi untuk mendapatkan kendali paling ideal sesuai dengan kebutuhan tidak hanya itu perubahan setang juga dapat membuat motor menjadi lebih keren atau kekinian serta pengendara wajib memhaami cara mencegah stang motor bengkok untuk perawatan motor terbaik.

Memiliki fungsi utama untuk mengontrol laju yang terhubung langsung dengan roda depan, penyebab stang motor bergetar harus dipahami, posisi stang sangat mempengaruhi cara berkendara seseorang. Dalam menentukan setang yang paling ideal untuk kebutuhan pemotor, ada beberapa jenis setang yang kerap digunakan untuk pengendara harian.

1. Cruiser Handlebar

Sesuai dengan namanya setang  jenis cruiser (penjelajah) kerap digunakan pada motor yang dimanfaatkan untuk touring. Karena bentuk yang lebih lebar bila dibandingkan dengan setang lainnya, jenis cruiser ini cocok untuk perjalanan jarak jauh karena membuat posisi duduk dan pegangan pengendara lebih santai.

Maka tidak heran jika setang model ini (cruiser) tak hanya diterapkan pada motor langganan touring, seperti street fighter atau model telanjang (naked bike) skkutik pun juga bisa menggunakan setang cruiser untuk memberikan posisi nyaman agar pengendara tidak mudah cepat lelah saat melakukan perjalanan jauh atau saat jalanan macet di dalam kota.

2. Motocross Bar

Karena memiliki sudut yang lebar dan panjang sehingga membuat pengendara meletakan kedua tangannya di depan sejajar dada, memiliki istilah setang baplang. Nama tersebut tak lepas dari fungsi utama setang ini yang cocok diterapkan pada rute non aspal atau medan off road. Bila pengendara ingin menerapkan setang ini di sepeda motor, maka harus diperhatikan infrastruktur rute yang bakal ditempuh sehari hari.

Sebab setang baplang sangat tidak nyaman digunakan untuk melewati jalanan sempit dan membelah kemacetan. Model setang ini yang letaknya berada di segitiga atas kendali motor, terdapat penguat dibagian tengah. Wajar jika setang ini biasa diaplikasikan untuk ajang motor trail, trial, supermoto, enduro, dan balap dirt bike lainnya.

3. Setang Jepit

Setang model clip on atau yang lebih dikenal dengan nama setang jepit, cukup populer di kalangan anak muda Indonesia. Dengan posisi duduk yang lebih menunduk (under yoke) dibandingkan setang jenis lain, setang jepit memiliki tampilan yang lebih bergaya dan menarik. Letak puntir gas yang berada di segitiga bawah dan dijepit ke suspensi depan ini, cocok digunakan bagi pengendara yang lain merasakan sensai motor sport, merebahkan badan untuk membelah angin, dan menjaga aerodinamika agar peforma motor mencapai titik maksimal.

4. Ape Handlebar

Dari beberpa jenis setang, model handlebar mungkin yang paling unik. Dengan letak yang cukup tinggi seperti seperti (monyet) yang sedang bergelantungan di pohon untuk meraih tuas gas, setang model ini kerap digunakan pada motor beraliran chopper atau motor gede (moge).

Sponsors Link

5. Z handlebar

Mamiliki fungsi yang mirip dengan setang ape, bentuk setang memiliki lekukan tajam di bagian tengah yang membentuk huruf z. Tak seperti setang ape, setang z memiliki posisi yang lebih rendah dibandingkan setang ape. Sehingga bagi pemotor beraliran chopper yang tak ingin cepat pegal dan tetap mengutamakan unsur estetika saat berkendara, cenderung memilih model ini.

Sebelum berkendara dengan jenis setang tersebut, persiapkan diri dengan melakukan pemanasan sebelum menunggangi sepeda motor. Anda dapat melakukan olahraga rutin untuk menjaga fleksibelitas tubuh, semoga artikel ini dapat menambah wawasan bagi kita semua. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk membaca.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply