Categories
Info Motor

7 Jenis Motor Custom Yang Sedang Trend Saat Ini

Ragam jenis motor yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan saat ini memiliki banyak macamnya. Mungkin selama ini Anda hanya mengetahui jenis-jenis motor tertentu yang sering Anda lihat di jalan raya atau yang ada di sekitar Anda. Tapi sebenarnya ada banyak sekali jenis motor yang mungkin juga masih asing bagi Anda. Motor-motor jenis ini memang bisa dikatakan jarang kita temui di jalan raya yang padat.

Motor-motor jenis tertentu biasanya hanya dimiliki oleh mereka yang senang dengan otomotif dan gemar mengoleksi jenis-jenis motor. Salah satu jenis motor yang terkenal adalah motor custom. Bisa dibilang jika motor jenis ini sedang menjadi tren di kalangan tertentu. Terutama anak muda. Hal itu bisa membuat para penggemar tren otomotif ini ingin memodifikasi motor yang telah ia miliki saat ini.

Motor custom dikenal dengan nama demikian karena motor ini dihasilkan dari ide sang pemilik motor. Jadi ini sebenarnya memang motor dari pabrik biasa tetapi Anda bisa memilih custom untuk membuat motor Anda unik dan sesuai dengan keinginan Anda. Motor jenis ini juga memiliki beragam jenis lainnya. Jenis-jenis motor custom itu diantaranya:

1. Cafe Racer

Jenis motor custom Cafe Racer ini adalah jenis motor yang paling dikenal dalam tren motor custom. Motor ini mengadopsi gaya unik dari motor balap jaman dulu. Ciri khas dari motor custom Cafe Racer ini adalah memiliki stang tipe jepit nunduk, jok yang rata (single seater), memiliki hornet di bagian belakangnya serta tangka bahan bakar yang ramping dan memanjang. Jenis motor ini mengoptimalkan untuk kecepatan dan kesederhanaan jika dibandingkan dengan kenyamanannya.

2. Chopper

Aliran motor custom ini memang banyak didominasi oleh pengguna motor Harley Davidson meski sekarang sudah ada pula jenis motor lain yang menerapkan jenis custom ini. Motor custom Chopper ini memiliki ciri khas yaitu memiliki stang tinggi, fork Panjang, jok yang rendah, menggunakan rangka yang didesain khusus untuk kemiringannya, diameter roda depan yang lebih besar jika dibandingkan dengan roda belakangnya dan itu membuatnya terlihat kontras.

3. Bobber

Aliran untuk jenis motor custom Bobber ini muncul pada sekitar tahun 1920an di Amerika dan mulanya hanya untuk memodifikasi motor Harley Davidson. Tetapi kini jenis custom ini bisa digunakan untuk berbagai merek dan tipe motor yang ada. Ciri khas dari motor Bobber ini adalah stang rendah, menggunakan jenis ban donut untuk depan-belakang, melepas fender depan sehingga motor ini terlihat lebih minimalis.

4. Tracker

Bagi Anda yang baru pertama kali melihat jenis motor custom ini, mungkin mengenalnya karena mirip dengan motor trail jadul. Jenis motor custom Tracker ini adalah motor kombinasi dimana menggabungkan antara gaya motor trail endure dengan motor jalanan. Ini akan memudahkan anda untuk dipakai dual-purpose. Anda bisa memilih jenis motor Street Tracker atau Flat Tracker. Flat Tracker ini memiliki perbedaan karena tangkinya yang lebih kecil.

5. Bratstyle

Jenis motor custom Bratstyle ini memang sekilas terlihat dengan jenis motor Bobber karena terlihat sederhana tetapi motor jenis ini memiliki karakternya sendiri. Nama Bratstyle sebenarnya adalah nama sebuah bengkel modifikasi yang terletak di Tokyo, Jepang. Motor ini juga menggunakan ban gendut dengan motif klasik, tangka chopper, jok yang lebih panjang sehingga memungkinkan untuk dibuat boncengan, stang semi hanger dan juga rangka yang sudah tidak lagi rigid.

6. Scrambler

Bagi Anda yang senang melakukan riding di alam bebas, motor custom jenis Scrambler ini memang cocok untuk Anda. Motor ini memang pas jika digunakan untuk berpetualang di alam bebas dimana kondisi jalanannya yang off-road. Ciri khas dari motor ini adalah memiliki ban motif kota (tahu), ground clearence yang tinggi sehingga memudahkan Anda untuk manuver di segala medan jalanan, dan juga knalpot di samping body.

7. Jap Style

Jika Anda ingin mencari jenis motor custom yang juga nyaman untuk digunakan sehari-hari, Anda bisa memilih jenis Jap Style. Jenis motor ini tak memerlukan banyak modifikasi. Anda hanya perlu memotong rangka bagian belakang untuk dudukan spakbor dan stoplamp yang kecil. Lalu Anda juga perlu mengganti ban motor yang lebih besar dan lebar. Jenis motor ini terlihat lebih simple sehingga nyaman digunakan sehari-hari.

Mungkin Anda juga mencari jenis-jenis motor selain yang bisa di custom. Anda bisa melihat artikel mengenai jenis motor sport dan cara pewatannya, atau mungkin jika Anda suka touring, anda bisa melihat jenis motor yang cocok untuk touring dan paling aman. Nah, yang terpenting adalah bagaimana kesiapan dan kelengkapan kita dalam berkendara.

Semoga informasi ini berguna bagi Anda.

Leave a Reply