Sponsors Link

Jenis Jenis Spion Motor dan Fungsinya

Sponsors Link

Hallo pecinta sepeda motor, yang namanya kaca spion pasti sangat penting bagi anda yang suka berkendara menggunakan motor, bukan hanya sebagai piranti biar nggak ditilang polisi. Harus ada kesadaran kalau yang namanya kaca spion adalah bagian penting dari motor. Tanpa spion, sulit rasanya berkendara dengan tenang dimana fungsi kaca spion untuk kendaraan bermotor memang utnuk melancarkan berkendara.

ads

Terlebih, saat ini karakter penguna jalan semakin bermacam macam. Ada yang teliti, ada yang sembrono, dan ada juga yang emosional. Maka jangan heran jika angka kecelakaan lalu lintas saat ini cukup tinggi dan hal ini sangat memprihatinkan. Banyak orang menganggap bahwa kaa spion dari pabrikan terkesan mengganggu.

Posisinya yang lebar dianggap bikin susah kalau mau nyelip saat keadaan jalan lagi macet. Alhasil, para pengendara motor mala mengganti spion motornya dengan kaca spion yang ukurannya lebih kecil, atau memiliki batang lebih pendek. Yang lebih parah lagi apabila pengendara motor melepas spionnya.

Wah, nggak bagus banget tuh brosis. Justru unsur keamanan yang harus kita nomor satukan. Soalnya naik motor itu resikonya jauh lebih besar ketimbang mobil. Salah satu caranya adalah dengan tetap memantau kondisi lalu lintas di belakang anda lewat kaca spion motor yang termasuk tips aman mudik menggunakan motor atau ketika melakukan hal lainnya.

Tapi seiring perkembangannya, kaca spion kini semakin banyak variasinya. Maka sering kali kaca spion saat ini sering kali hanya menjadi sebatas penghias atau hanya sebagai aksesoris untuk mempercantik tampilan motor. Kalau anda ingin melakukan modifikasi, pastikan anda masih mampu mendapatkan daya pandang ke belakang yang cukup baik. Namun sebelum itu anda tentukan pilihan, ada baiknya cari tau dulu kelebihan dan kekurangannya spion tersebut. Berikut adalah jenis-jenis spion variasi yang beredar di pasaran.

1. Spion cermin cembung

Cermin ini adalah cermin yang biasanay digunakan di spion karena memberikan tampilan belakang yang lebih luas. Namun, perlu anda ingat objek yang ada di belakang akan tampak lebih kecil sehingga sepertinya lebih jauh darri pada yang sebenarnya. Spion cermin datar.

2. Spion pig spotter

Pengguna spion ini cukup populer di motor-motor sport yang sudah dimodifikasi. Dilengkapi dengan lampu LED, spion pig spotter bisa memberikan sinyal tambahan saat mau berbelok. Spion ini juga bisa tampak lebih menarik dengan desain airbrushed warna-warni. Meski menggunakan cermun cembung, ukuran spion yang cenderung kecil ini memberikan tampilan belakang yang kurang luas.

Sponsors Link

3. Spion polarized mirror

Spion jenis ini menggunakan kaca cermin polarized yang bisa mengurangi efek pantulan sinar matahari yang dapat menyilaukan mata.

4. Spion di helm

Inovasi kaca spion di helm ini bukanlah hal baru, namun kemunculan spion jenis ini sudah ada sejak 2010 tapi penggunanya memanglah masih sangat sedikit atau belum populer. Helm ini dilengkapi dengan kaca prisma yang memantulkan refleksi situasi di belakang pengendara motor. Jadi, fungsinya mirip seperti spion tengah pada mobil.

Demikian artikel yang dapat saya sampaikan mengenai jenis-jenis kaca spion dan fungsinya semoga dapat membantu dan menambah wawasan anda. Bagi pengendara motor jangan remehkan barang yang satu ini karena keberadaanya sangat penting bagi perjalanan anda.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply