Categories
Info Motor

Jenis Besi yang Digunakan untuk Pembuatan Rangka Motor

 Rangka tidak hanya melayani penyaluran tenaga dari mesin e komponen lain dari kendaraan tetapi juga sebagai tempat duduk pengemudi pengendara dan penumpang dan bagasi.rangka juga memiliki fungsi utama dari sepeda motor dimana menghubungkan roda depan dan roda belakang melalui kemudi dan mekanisme suspensi.

Rangka mempunyai peranan khsu yaitu menghubungkan garpu depan dengan melalui bagian dudukan bearing (depan kemudi) dari rangka dan menerima gaya reaksi dari roda depan. Rangka menghubungkan lengan kemudi melalui poros lengan ayun dibagian tegah rangka dan menhan gaya reaksi dari roda belakang, bersama dengan absorber belakang.

Klasifikasi berdasarkan jenis bahan atau material

  • Rangka pipa baja (steel tube frames) komponen utama dari rangka dibuat dari pipa baja dengan pipa baja ini dapat dibuat sebuah konstruksi rangka yang besar walaupun diameternya relatif kecil sehigga mempunyai kelebihan dalam dinamika strukturnya.
  • Rangka lembaran baja (steel metal frames) rangka ini dirancang dengan lembaran baja yang ditekan untuk membuat komponen bagian kiri dan kanan dan di las bersama membentuk bagian yang menyilang biasanya beberapa pelat penguat ditambahkan pada bagian dimana terjadi pemusatan tekanan atau ditempay tempat tertentu dimana terjadi perubahan ketebalan pelat fungsinya adalah untuk memperkuat konstroksi secara keseluruhan.
  • Angka alumunium, rangka ini terbuat dari bahan alumunium tuang (casting), tempa (forging), gulung (rolling) atau gulungan baja (steel rolling) yang di las membentuk rangka. Beberapa diantaranya dibuat melalui proses cetakan yang karena dibuat berbagai macam bentuk atau sudut bisa juga terbuat dari butir butir pasir tuangan yang dibentuk menjadi sebuah rangka.
  • Rangka yang terbuat dari aluunium lebih ringan dan kaku alumunium dapat diproses untuk menmbah daya tahan dan bentuknya dapat dibuat semenarik mungkin karena kelebihannya inilah maka alumunium sekarang banyak dipakai untuk sepeda motor.

Klasifikasi berdasarkan bentuk rangka

  • Rangka berbentuk cradle, dengan rangka seperti ini, mesin disangga di dalam rangka. Rangka ini sendiri mempunyai kekuatan tarik dan kekuatan yang relatif tinggi sehingga banyak motor balap yang mempunyai bahan yang berat menggunakan tipe ini. Rangka double cradle mempunyai dua buah pipa yang sejajar yang bermuara di dipusat kemudi sementara pada semi double cradle terdapat sepotong ppa dari arah kemudi yang ujungnya bercabang dua.
  • Rangka berbentuk berlian, pada rangka ini penyangga mesin sebelah bawah dihilangkan untuk mendapatkan kekuatan dan kekakuannya, rangka ini menggunakan mesin sebagai bagian dari rangka komponen dibagian bawah dihilangkan agar rangka menjadi lebih ringan dan banyak sepeda motor mesin diletakkan pada posisi utama pipa dibawah tangki bensin dan tidak mempunyai pipa bawah. Model ini juga disebut rangka berlian bagian dari pipa utama mempunyai bentuk bervariasi tetapi secara umum berbentuk kotak dan kadang kadang disebut rangka kotak.

Demkianlah pembahasan mengenai jenis besi yang digunaan untuk pembuatan rangka motor, semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas perhatiannya.

Leave a Reply