Categories
Info Motor

Jenis Bensin yang Cocok untuk Motor yang Pakai Oli Sintetik

Jika kita berbicara mengenai kendaraan roda dua atau motor, tentunya kita juga akan berbicara mengenai komponen – komponen pendukung dari kendaraan tersebut. Selain itu, jika kita berbicara mengenai komponen sepeda motor seperti halnya komponen body motor, pastinya kita juga akan berbicara mengenai perawatan dari komponen terssebut. Salah satu langkah yang bisa kita lakukan untuk merawat komponen mesin tersebut adalah dengan rajin mengganti oli nya, agar meisn tersebut tidak mengalamo over heating.

Adapun jenis –  jenis oli yang bisa anda gunakan pada komponen mesin kendaraan anda adalah sebagai berikut :

1. Oli Mineral

Yakni jenis  oli yang tahan terhadap penguapan, namun viskositas atau kekentalannya mudah berubah karena tidak tahan terhadap suhu tinggi dan juga pada kondiis ekstrim

2. Oli Sintetik

Yakni jenis oli yang lebih mudah menguap, namun memiliki viskositas yang lebih stabil dan tahan terhadap kondisi ekstrim panas maupun kondisi dingin. Oli ini lebih cocok digunakan untuk motor keluaran tahun lama karena clearance atau celah –  celah mesinnya lebih renggang

3. Oli Semi Sinsetik

Yaini jenis oli yang cocok digunakann untuk motor – motor keluaran tahun baru. Itulah beberapa jenis oli berdasarakn bahannya yang bisa anda gunakan pada motor anda. Namun hal penting yang harus anda ketahu sobat, bahwasanya dalam pemilihan jenis oli tersebut, anda juga harus sesuaikan dengan jenis bensin yang anda gunakan pada kendaraan anda. Misalnya saja anda menggunakan oli sintetik, maka anda juga harus menyesuaikan jenis bensin yang harus anda gunakan.

Berikut ini adalah jenis bensin yang cocok untuk motor yang pakai oli sintetik, antara lain adalah sebagai berikut :

Pada umumnya sobat bikers, jenis oli yang cocok untuk motor yang menggunakan oli sintetik adlah oli yang memiliki oktan tinggi seperti oktan 92,  diantaranya :

  • Pertamax
  • Super
  • Atau performance 92 yang lainnya.

Apabila anda menggunakan bensin yang oktannya 90 atau dibawah 90 maka akan menggangu kinerja taua performa dari motor anda nantinya. Jika memang dalam keadaan darurat, anda juga bisa menggunakan jenis bensin yang oktannya di atas 90, seperti pada jenis pertalite, regular atau performance 90 yang lainnnya, agar mendukung kinerja dari motor anda tersebut.

Selain memperhatikan jenis bensin yang harus anda pakai jika anda menggunakan oli sintesik sobat, maka anda juga harus melakukan perawatan dan penggantian oli tersebut secara teratur hal ini untuk memastikan kondisi komponen pada motor anda tetap terjaga.

Adapun beberapa manfaat rutin mengganti oli antara lain adalah sebagai berikut :

  • Untuk menjaga performa kendaraan anda tetap terjaga, karena oli sangat berperan penting untuk menunjang performa kendaraan anda.
  • Untuk mengantisipasi terjadinya overheating pada komponen mesin motor kendaraan anda, sehingga performanya tetap bisa terjamin

Demikianlah ulasan yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pada postingan kali ini. Terima kasih buat anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi refrensi buat anda sobat bikers. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mengkuti cara – cara yang penulis berikan. Terima kasih dan salam hangat dari penulis.

Leave a Reply