Sponsors Link

Istilah Istilah Pada Mesin Motor yang Wajib Diketahui Pemula

Sponsors Link

Bagi mereka pemiliki kendaraan roda dua atau sepeda motor, meski menggunakan atau mengendarai motor tersebut namun bukan berarti mereka mengetahui semua jenis istilah yang ada pada motor tersebut.

ads

Sebut saja seperti istilah yang berhubungan denga mesin kendaraan itu sendiri, tentunya ada begitu banyak jenis istilah yang  belum tentu kita ketahui apalagi bagi mereka yang masih pemula.

Tentunya setiap komponen yang ada pada kendaraan kita memiliki fungsi dan peranan yang berbeda beda satu dengan yang lainnya, sehingga bagi kita semua pengguna kendarana tersebut harus mengerti dan memahami setiap istilah yang ada pada kendaraan tersebut.

Nah sobat semua, bagi anda yang merasa masih pemula dan belum tentu mengerti semua istilah pada mesin motor anda, ada baiknya sobat semua membaca postingan berikut ini karena penulis akan menyajikan untuk anda ulasan mengenai istilah istilah pada mesin motor yang wajib diketahui pemula. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

Istilah Istilah Pada Mesin Motor Yang Wajib Diketahui Pemula

  • Bore Up

Yang pertama adalah bore up. Adapun bore up tersebut berarti memperbesar ukuran piston motor pada mesin. Pada umumnya, bore up ini digunakan untuk meningkatkan kapasitas mesin yang berujung pada peningkatan performa kendaraan.

  • Stroke Up

Yang kedua adalah stroke up. Adapun stroke up tersebut berguna untuk memperpanjang langkah piston untuk meningkatkan kapasitas mesin agar performa mesin tersebut meningkat.  Stroke up ini sendiri dilakukan dengan mengganti selang piston, menggeser big end atau bisa juga mengganti pen stroke.

  • Overheat

Yang ketiga adalah  overheat. Kondisi mesin yang terlalu panas dan memunculkan masalah ketika anda menggunakan kendaraan tersebut, maka inilah yang disebut dengan overheating. 

Adapun overheating ini sendiri bisa muncul akibat sistem pendinginan mesin yang bermasalah atau bisa juga disebabkan oleh modifikasi ekstrim yang dilakukan oleh pemiliki kendaraan tersebut. kebiasaan paksa motor injeksi minum bbm oktan rendah bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Piston Nyeket

Yang keempat adalah piston nyeket. Piston nyeket ini adalah keadaan saat piston mengunci atau mengancing dengan dinding liner sampai tidak bergerak.

Piston nyeket ini sendiri terjadi akibat sistem pelumasan yang kurang baik atau bisa juga dikarenakan oleh settingan mesin yang salah.  Dan apabila hal ini terus dibiarkan akan berakibat pada kerusakan mesin terutama pada saat starter.

  • Tune Up

Yang kelima adalah tune up. Tune up ini identic dengan perbaikan kinerja mesin ketahap yang paling normal. Tune up ini dilakukan dengan cara membersihkan setiap komponen, menyetel ulang hingga mengganti komponen yan sudah aus dan rusak.

  • Bleeding Rem

Yang keenam adalah bleeding rem. Bleeding ini merupakan proses mengeluarkan angin palsu dalam sistem rem hidrolik. Bleeding rem ini sendiri dilakukan dengan cara memompa master rem dan juga membuka nepel untuk membuang angin palsu di bawah caliper.

Sponsors Link

Itulah sobat istilah istilah pada mesin motor yang wajib diketahui pemula sebagai refrensi dan penambah wawasan untuk anda.  Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membacanya.

Kenali masalah yang terjadi pada motor anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Sampai jumpa, salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply