Sponsors Link

Indikasi Cakram yang Minta Diganti yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Cakram merupakan elamen penting dalam sebuah sepeda motor. fungsinya sebagai media pengereman. Cakram dinilai lebih baik dalam hal pengereman dibandingkan tromol. Cakram motor merupakan media yang bergesekan langsung dengan kampas rem cakram motor ketika di lakukan pengereman. Maka tak heran jika lama kelamaan cakram dan kampas akan menjadi aus akan tetapi kampas rem lah yang memiliki tingkat keausan yang lebih besar.

ads

Tingkat keausan kampas rem lebih cepat daripada cakram rem, tetapi kondisi cakram rem harus selalu juga diperhatikan. Pergantian kampas rem yang telat akan menyebabkan cakram akan lebih cepat tipis karena cakram bukan lagi bergesakan dengan kampas akan tetapi dengan bagian besi kampas.

Kalau ini sudah terjadi maka permukaan cakram menjadi tidak rata sehingga akan mempengaruhi sistem pengereman dan kampas rem juga akan lebih cepat habis dari biasanya. Sebaiknya segera ganti cakram rem anda bila sudah terlihat tipis atau permukaan sudah tidak rata karena kondisi cakram sudah tidak ideal lagi sebagai perantara sistem pengereman.

Bahan cakram sendiri bermacam macam antara lain terbuat dari besi dan alumunium. lama keausan sebuah cakram tergantung dari tebal dan bahan cakram itu sendiri. Taukah kamu ciri-ciri atau beberapa indikasi cakram motor yang wajib di ganti? berikut ulasannya :

1. Pinggiran atau Sisi Cakram Bergelombang

sisi cakram yang bergelombang dapat disebabkan beberapa hal salah satunya kebiasaan pengguna motor itu sendiri yang suka mengerem dengan cara ditekan dan dilepaskan berulang ulang atau tidak statis. sehingga cakram atau kampas berkurang tetapi tidak rata. bisa juga di sebabkan karena kampas rem yang kurang pas ketika menghimpit cakram.

2. Sisi Cakram Menipis

sisi cakram semakin menipis disebabkan karena penggunaan pengereman itu sendiri, umur cakram yang sudah tua jadi memang saatnya di ganti. saran saya jangan paksakan kampas rem yang sudah aus untuk mengerem karena permukaan kampas rem yang sudah aus dapat menggores cakram sehingga cakram semakin menipis.

3. Lubang Baut Cakram Semakin Melebar

Ini juga biasanya disebabkan umur cakaram yang sudah lama dalam penggunaannya. Gejala ini ditandai dengan kurang pakemnya rem ketika dilakukan pengereman atau adanya gerakan atau bunyi seperti terpentok sesuatu ketika mengerem..

4. Cakram Tidak Rata atau Bengkok

hal ini biasanya disebabkan kurang pas atau kurang sejajarnya antara kaliper dan cakram. bisa juga karena motor terjatuh sehingga cakram bengkok. Ciri-cirinya cakram akan otomatis mengerem pada sisi cakram tertentu dan motor terasa berat ketika berjalan karena cakram mengerem secara otomatis.

5. Munculnya Suara Saat Melakukan Pengereman

Kampas rem yang sudah mulai habis, akan menimbulkan suara seperti gesekan logam saat Anda melakukan pengereman. Hal ini Karena, kampas rem yang habis itu hanya menyisakan bagian besinya dan ketika Anda melakukan pengereman, besi tersebut bergesekan dengan piringan cakrem rem dan hal inilah yang menyebabkan munculnya suara tersebut.

Jika tanda-tanda diats tersebut sudah dijumpai pada cakram rem motor anda, sangat disarankan untuk segera diganti, karena cakram merupakan salah satu piranti yang penting dalam pengereman motor. Memang harga cakram rem agak sedikit mahal, namun keselamatan dalam berkendara jauh lebih mahal. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply