Sponsors Link

Hal yang Bisa Dilakukan Saat Naik Motor Sendiri dan Terjatuh

Sponsors Link

Bagi sobat bikers yang baru belajar naik motor, pastinya pernah mengalami kejadian yang satu ini. Ya kejadian yang saya maksud adalah jatuh dari motor. Jatuh dari motor adalah hal yang sering kali dialami oleh bikers yang baru belajar naik motor. Memang tidak semua orang pernah mengalami hal ini sih.

ads

Namun, ketika hal ini terjadi pada sobat, apakah sobat tahu apa yang harus sobat lakukan? pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sebuah informasi mengenai hal yang bisa dilakukan saat naik motor sendiri dan terjatuh.

Sebagai pengguna sepeda motor, tentunya sobat berharap agar tidak mengalami masalah atau kendala dalam mengendarai sepeda motor sobat apalagi sampai jatuh dari motor ketika sobat sedang melaju di jalan raya. Memang hal ini sangatlah berbahaya karena dapat mengancam keselamatan diri sobat.

Oleh karena itu, sobat harus ekstra hati-hati jika sedang berkendara. Jangan sampai hilang fokus pada obyek yang tak penting di sekitar sobat. Memang benar, bahwa yang namanya musibah tidak dapat di hindari.

Oleh karena itu, jika sobat terlanjur mengalami hal ini, maka berikut adalah hal yang bisa dilakukan saat naik motor sendiri dan terjatuh, antara lain :

1. Cek Diri Sendiri Terpenting

Hal yang bisa dilakukan saat naik motor sendiri dan terjatuh yang pertama yaitu mengecek kondisi diri sobat. Cek badan sobat apakah ada bagian yang terasa sakit, luka, atau bahkan ada yang hilang. Hal ini perlu dikakukankarena pada saat jatuh, korban sering tak sadar ketika tubuh merasakan sakit.

Indikasinya, begitu sobat terbangun lalumerasa ada yang ngilu dan tidak bisa bergerak apalagi ada bagian tubuh yang mati rasa, maka jangan dipaksa. Sebagai tambahan tips berkendara di jalan yang banyak truk muatan berat juga perlu diperhatikan karena jika tidak hati – hati sangat rawan terjatuh.

2. Menjauh dari TKP

Hal yang bisa dilakukan saat naik motor sendiri dan terjatuh yang kedua yaitu menjauh dari TKP. Jika tubuh baik-baik saja maka hal selanjutnya yang harus sobat lakukan adalah menjauh dari TKP. Hal ini karena motor bisa dibilang mempunyai daya listrik dan dikhawatirkan bisa meledak.Lebih baik lagi bila sobat mematikan mesin terlebih dahulu dan mencabut kunci agar mengurangi risiko motor meledak.

3. Jika Kuat Bangunkan Motor

Hal yang bisa dilakukan saat naik motor sendiri dan terjatuh yang ketiga yaitu membangunkan motor dan membawa motor ke pinggir jalan jika sobat masih kuat dan baik-baik saja. Cek apakah motor sobat masih bisa menyala atau tidak, apakah kemudinya masih berfungsi, dan seberapa parah kerusakannya.

4. Telepon Teman atau Kerabat

Hal yang bisa dilakukan saat naik motor sendiri dan terjatuh yang keempat yaitumengontak seseorang yang dekat dengan sobat untuk membantu. Ketika dalam kondisi seperti ini, alangkah baiknya jika tidak langsung menghubungi orang tua sobat. Karena yang namanya orang tua pasti sangat khawatir pada anaknya.Hubungilah sahabat terlebih dahulu, baru setelah kondisi lebih baik, hubungi keluarga.

Nah, demikianlah ulasan mengenai hal yang bisa dilakukan saat naik motor sendiri dan terjatuh. Jadi, jika memang harus mengalami hal tersebut, maka janganlah panik, dan lakukan tips-tips di atas. Terima kasih karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel ini.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan sobat dan tentunya dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel-artikel selanjutnya. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Sekian dan terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply