Sponsors Link

3 Gejala yang Dirasakan Pengendara Saat Oli Sokbreker Motor Bocor

Sponsors Link

Salah satu komponen yang memiliki peranan penting terhadap kendaraan sepeda motor anda adalah shockbreaker. Komponen yang satu ini juga masih masuk kedalam komponen “ fast moving “ karena tergolong  komponen yang sering dilakukan penggantian. Oleh karena itulah sobat, anda sebagai pemiliki kendaraan tersebut harus melakukan pengecekan dan perawatan secara rutin terhadap komponen shockbreaker motor anda.

ads

Adapun shockbreaker tersebut merupakan sebuah tabung yang berisi oli yang didalam tabung tersebut terdapat sebuah katup yang berfungsi untuk mengatur aliran oli pada komponen shock belakang motor atau pun komponen shock depan motor tersebut. Apabila jumlah atau ukuran oli dalam tabung shockbreaker tersebut kurang atau tidak sesuai dengan standar yang seharusnya, maka performance atau kinerja dari shockbreaker tersebut tidak akan bisa untuk meredam kejutan yang ada.

Itulah sebabnya sobat, komponen yang satu ini harus anda perhatikan dan lakukan perbaikan agar tidak sampai terjadi kebocoran atau masalah yang lainnya, karena tentunya akan berpengaruh secara keseluruhan terhadap kinerja atau performa motor anda. Berikut ini adalah beberapa tugas utama dari shockbreaker tersebut, antara lain  :

  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk meredam kejutan pada saat motor anda melewati jalanan yang berlobang atau jalanan yang tidak rata.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk menahan beban berat dari keseluruhan motor anda
  • Sebagai komponen yang mendukung kenyamana berkendara anda karena tentunya anda akan terhindar dari kejutan

Itulah beberapa peranan vital dari shockbreaker tersebut pada motor anda.

Salah satu kerusakan atau masalah yang sering terjadi pada shockbreaker ini adalah seperti kebocoran oli atau pun filter oli motor. Jika hal seperti ini terjadi, maka sudah pasti membuat pengendara motor tersebut tidak akan nyaman. Berikut ini adalah beberapa gejala yang dirasakan pengendara saat oli shockbreaker motor bocor. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

1. Adanya Rembesan Oli

Gejala yang pertama adalah adanya rembesan oli. Pada umumnya, rembesan oli ini akan terlihat di permukaan luar tabung dari shockbreaker tersebut yang membuat kondisinya menjadi kotor oleh karena luapan oli tersebut.

2. Tekanan Oli Tidak Sama

Gejala yang kedua adalah  tekanan oli tidak sama. Tekanan oli yang tidak sama ini, pada umumnya disebabkan oleh kebocoran yang terjadi pada tabung shockbreaker motor anda. Tekanan yang tidak sama ini tentunya akan membuat kinerja dari shockbreaker tersebut menjadi lambat karena pengaruh oli yang tidak sama tersebut.

3. Suspensi Motor Kurang Empuk

Gejala yang ketiga adalah suspensi motor anda kurang empuk. Hal ini diakibatkan oleh kurangnya jumlah oli yang terdapat pada tabumng shockbreaker tersebut, sehingga tentunya akan berpengaruh terhadap kinerjanya. Hal seperti ini umumnya terjadi pada saat tabung shockbreaker mengalami kebocoran, sehingga lama kelamaan oli dalam shockbreaker anda akan berkurang, sehingga menyebabkan komponen suspensi menjadi keras.

Sponsors Link

Itulah sobat ulasan yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pada postingan kali ini mengenai gejala yang dirasakan pengendara saat oli sokbreker motor bocor. Terima kasih buat anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, salam hangat selalu.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply