Sponsors Link

Fungsi Pulley Depan pada Motor Matic

Sponsors Link

Masih membahas seputar otomotif ya sobat, dan materi atau pembahasan yang akan kita kaji pada postingan kali ini yakni mengenai salah satu komponen otomotif tersebut, yakni komponen yang terdapat pada sepeda motor yakni pulley depan pada motor matic. Dimana terdapat perbedaan utama motor matic dan manual dari sisi komponen dan seluruh fungsinya.

Nah pembahasan kali ini tentunya sobat semua yang mempunyai kendaraan roda dua atau motor matic, ada baiknya sobat menyimak ulasan berikut ini sobat, agar anda bisa mengerti dan mempunyai wawasan yang luas akan fungsi atau peranan pulley depan pada motor matic tersebut yang merupakan komponen motor matic. Untuk ulasan selengkapnya, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Adapun yang disebut dengan pulley pada sepeda motor matic merupakan salah satu komponen yang penting pada sepeda motor sebagaimana cara kerja CVT pada matic yang berfungsi sebagai pemindah kecepatan sesuai rpm mesin secara otomatis dan tidak memakai gigi transmisi namun menggunakan sabuk v –  belt sebagai penerus atau penghubung putaran antara kedua  pulley.

Pulley itu sendiri terbagia atas menjadi dua bagian, yakni pulley primary ( pulley depan ) dan juga pulley secondary ( pulley belakang ) yang masing –  masing mempunyai fungsi dan peranan yang berbeda –  beda satu dengan yang lainnya. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah pulley depan ( primary pulley ). Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

Adapun fungsi dari pulley depan pada motor matic tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk menyalurkan putaran dari mesin ke bagian V –  belt
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk mengatur berar ekcilnya diameter pulley yang berhubunagn dengan perbandingan reduksi putaran mesin.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk mengatur akselerasi apda sepeda motor anda.

Itulah beberapa fungsi dari pulley depan pada motor matic yang bisa penulis sajikan buat sobat semua. Semoga bermanfaat ya sobat.

Selain itu sobat, ada pulley pada motor matic ini terdiri atas beberapa bagian, yakni sebagai berikut :

1. Pulley Bag

Yakni bagian dari pulle yang berfungsi sebagai tempat roller itu sendiri. Cara perawatannya cukup hanya membersihkan saja dari dabu dan kotoran.

2. Pulley Bagian Luar

Yakni bagian dari pulley sekligus menjadi kipas pendingin dalam runag CVT. Cara perawatannya cukup dengan dibersihkan menggunakan cairan pembersih agar terhindar dari noda.

3. Starter Clucth

Yakni bagian dari pulley yang berfungsi untuk starter atau awal penggerak untuk menghidupkan mesin. cara perawatannya juga cukup dbersihjan saja dan menegcek pelor –  pelor yanb ada di dalamnya beeserta pegas atau per nya

4. Roller

Yakni bagian dari pulley yang berfungsi sebagai penekan ( pendorong ) yakni dengan memanfaatkan putara pulley sehingga roler akan terlempar dan menekan pulley. Cara perawatannya juga tinggal dibersihkan dari debu.

Demikianlah ulasan yang bisa penulis sajikan buat sobat semua apda postingan kali ini. Terima kasih buat sobat yang sudah meluangakn waktunya untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat buat anda. Salam otomotif

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply