Sponsors Link

4 Fungsi Oli Secara Umum Beserta Penjelasannya

Sponsors Link

Jika berbicara mengenai fungsi dan peranan oli terhadap kendaraan, tentunya sobat semua sudah paham dan mengerti akan fungsi vital oli tersebut pada kendaraan anda khususnya terhadap performa mesin kendaraan anda. Adapun fungsi oli ini terhadap kendaraan anda mungki bisa disetarakan dengan fungsi air dalam tubuh manusia.

ads

Wah ternyata oli ini memang memiliki fungsi yang cukup vital dan cukup berperan penting dalam kendaraan anda. Karena fungsinya yang cukup vital tersebut, untuk itu anda harus melakukan perawatan dan penggantian oli tersebut secara teratur, agar tidak terjadi masalah terhadap performa kendaraan nantinya. Selain mengetahui fungsi oli, anda juga wajib mengetahui cara ganti oli motor yang benar agar bisa lebih maksimal penanganannya.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan tips atau informasi kepada sobat semua mengenai fungsi oli secara umum. Nah jika sobat semua sebelumnya belum mengetahui hal ini, yuk sobat mari kita simak ulasan berikut ini.

1. Mencegah Keausan Pada Permukaan Mesin

Yang pertama dari fungsi oli secara umum berfungsi sebagai pencegah keausan pada permukaan bagian – bagian mesin kendaraan anda. Gesekan yang terjadi diantara bagian mesin ketika mesin tersebut beroperasi sangatlah membutuhkan oli sebagai pelumas agar anda dapat meminimalisir terjadinya gesekan keras pada bagian – bagian mesin kendaraan anda tersebut.

Gesekan – gesekan yang terjadi diantara komponen mesin tanpa adanya pelumas akan menyebabkan bertambah besarnya tenaga yang dibutuhkan untuk menggerakkan operasional mesin tersebut, dan apabila tidak menggunakan oli sudah dapat dipastikan akan merusak komponen mesin kendaraan anda dalam waktu yang singkat dan mesin motor berisik saat panas atau pun saat berkendara jarak jauh.

2. Sebagai Penghantar Panas

Yang kedua dari fungsi penggunaan oli yang baik secara umum adalah sebagai penghantar panas itu sendiri. Gesekan antar bagian mesin akan menimbulkan panas tersendiri, bahkan ruang pembakaran pada mesin otomotif bisa mencapai suhu hingga 1000 derajat Celsius.

Adapun peran oli pelumas dalam hal penghantar panas tersebut adalah membuat panas yang terjadi akibat gesekan antar bagian mesin dapat ter distribusi dan terserap dengan baik, sehingga proses pendinginan dengan oli ( cooling ) dapat membantu memperpanjang usia mesin kendaraan anda. Untuk tetap menjaga usia mesin agar bisa bertahan lama, anda harus tau bagaimana cara membersihkan mesin motor yang benar ya sobat.

3. Mencegah Timbulnya Karat Atau Korosif Pada Mesin

Yang ketiga dari fungsi penggunaan oli yang baik secara umum adalah sebagai pencegah timbulnya karat atau korosif pada bagian mesin kendaraan anda. Tanpa adanya pelumasan yang baik, bagian mesin akan menimbun cadangan karat yang pada permukaan bagian mesin dan menimbulkan kemacaetan pada operasionalnya, dan tentu saja akan menghambat kinerja mesin itu secara keseluruhan ya sobat.

Pelumasan yang tepat secara berkala dan tentunya sesuai dengan spesifikasi mesin tentunya akan mencegah timbulnya karat atau korosif pada bagian mesin kendaraan anda. Namun jika terlanjurtimbu karat, maka anda bisa mencoba cara menghilangkan karat pada mesin motor dengan teknik yang benar, agar tidak merusak komponen mesin tersebut.

Sponsors Link

4. Sebagai Pembersih Mesin

Yang keempat dari fungsi penggunaan oli yang baik secara umum adalah sebagai pembersih mesin kendaraan anda. Dengan adanya oli pelumas pada mesin anda akan berperan untuk membersihkan partikel kotor yang menempel pada mesin anda. Dengan begitu pekerjaan anda menjadi lebih ringan kan sobat.

Sekian informasi mengenai fungsi oli secara umum ya sobat. Semoga bisa membawa manfaat bagi sobat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply