Sponsors Link

Fungsi Lilit Knalpot Motor dengan Perban

Sponsors Link

Salah satu komponen yang sangat penting keberadaanya dalam kendaraan motor anda adalah knalpot. Setuju ya sobat bikers. Knalpot ini secara teknis merupakan saluran pembuangan dari sisa hasil pembakaran yang sudah terjadi di dalam komponen mesin motor.

ads

Maka dari itu, kebanyakan knalpot diletakkan pada bagian belakang kendaraan, karena seyegianya berisi sisa –  sisa pembakaran dari mtoor tersebut. Penggunaan knalpot pada teknologi mesin motor ini sudah tergolong cukup lama karena memang fungsinya tersebut sangtalah penting untuk menunjang performa kendaraan sepeda motor anda. Ketahui juga penyebab knalpot motor keropos agar bisa diantisipasi sejak dini.

Untuk ulasan selengkapnya, berikut ini adalah beberapa fungsi atau peranan knalot motor tersebut bagi kendaraan anda, yuk sobat langsung saja kita simak dengan seksama.

1. Header

Yakni bagian dari knalpot yang berfungsi untuk menghubungkan keseluruhan dari sistem knalpot terseut ( full system ) dengan sistem buang atau ex yang dimiliki oleh seuatu kendaraan bermotor.

2. Resonator

Yakni bagian dari knalpot yang berfungsi untuk mengolah bunyi bising yang dihasilkan oleh hasil pembakaran pada mesin motor anda.

3. Silencer

Yakni bagian dari knalpot yang berfungsi untuk meminimalisir suara bising yang terjadi pada motor tersebut, serta meningkatkan tenaga dari kendaraan tersebut.

Itulah sobat bikers beberapa fungsi dari knalpot motor tersebut. Oleh karena fungsinya yang sanat vital tersebut, maka tidak jarang pemiliki motor melakukan modifikasi terhadap knalpot motornya. Salah satu modifikasi yang dimaksud adalah seperti pemasangan perban atau exhaust wrap pada knalpot  tersebut. Lantas apa fungsi lilit knalpot motor dengan perabn atau exhaust wrap tersebut? Berikut ulasannya untuk anda.

  • Menurunkan Suhu Di sekitar Knalpot

Pemasangan perban atau exhaust wrap tersebut pada kanlpot bisa mengurangi suhu disekitar knal[pot motor anda yang sering mengalami panas berlebih seperti, fairing, kelistrikan, serta komponen mesi yang lainnya, serta melindungi kaki user dari sengatan knalpot yang sangat panas tersebut.

  • Meningkatkan Efisiensi Mesin

Dengan dililitkannya perban atau exhaust wrap tersebut pada knalpot motor anda, maka akan mengurangi transfer panaske intake manifold. Jika udara intake lebih dingin, maka udara yang masuk ke mesin akan semakin padat, sehingga VE akan naik dan powerpun tentunya akan meningkat pula.

  • Meningkatkan Kecepatan Aliran Knalpot

Oleh karena lilitan perban atau exhaust wrap tersebut pada knalpot motor anda, maka panas yang seharusnya diradiasikan ke udara maka akan teta tertahan dalam knalpot. Meningkatnya suhu tersebut, maka akan meningkatkan pula tekanan gas  buang, sehingga dengan demikian maka aliran gas akan semakin lancar atau kencang.

  • Meningkatkan Penampilan ( Gaya )

Hal seperti ini biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki knalpot lama yang sudah kelaihatan kusam atau jelek. Dengan melakukan modifikasi dengan lilitan perban atau exhaust wrap tersebut, maka bukan hanya tampilan yang kusam tersebut tertutupi, namun juga bisa meningkatkan penampilan atau gaya knalpot motor anda.

Sponsors Link

Ternyata bukan hanya sekedar gaya ya sobat bikers, namun pemasangan lilitan perban atau exhaust wrap tersebut sangat bermanfaat bagi knalpot motor anda. Semoga bermanfaat. Kenali kerusakan yang terjadi pada motor anda terlebih dahulu sebelum mulai mencoba cara yang penulis berikan untuk anda. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply