Sponsors Link

Fungsi Jalu Pada Stang Motor Paling Lengkap

Sponsors Link

Pada setiap stang motor pasti selalu terpasang jalu atau bar-end di ujung stang motor tersebut. Bar-end atau jalu stang merupakan besi yang terdapat di ujung setang motor. Apakah anda tahu fungsi dari bar-end tersebut? Apakah hanya sebuah hiasan agar terlihat menarik?

ads

Tentunya pemasangan bar-end tersebut tidak sembarang dan bukan merupakan hiasan semata. Seringkali anak-anak muda sekarang yang suka memodifikasi motornya akan melepas bar-end tersebut karena dianggap cukup mengganggu handling. Hal tersebut tentunya akan berbahaya jika anda mengetahui kegunaan benda tersebut.

Nah tahukah anda fungsi jalu stang atau bar-end tersebut? Handlebar balancer alias bar end atau yang biasa orang awam sebut dengan istilah jalu atau bandul stang yang terpasang pada bagian ujung handgrip motor bukan hanya sekedar hiasan ataupun sebagai balancer saja, karena ada beberapa fungsi lain yang mungkin saja kalian belum ketahui.

Jalu stang motor ini umumnya dalam kondisi standar terbuat dari bahan material yang kuat agar nantinya mampu untuk menahan benturan. Didesain dengan bentuk memanjang yang terpasang di bagian ujung – ujung handgrip sepeda motor, fungsi utama dari handlebar balancer ini adalah sebagai penyeimbang / balancer agar setir motor stabil dan tidak mudah goyang saat sepeda motor digunakan untuk berkendara.

Pada umumnya motor dengan jumlah silinder sedikit, getaran yang dihasilkan oleh komponen mesin motor semakin besar yang nantinya akan merambat ke seluruh chassis motor, melalui garpu depan dan selanjutnya akan merambat ke bagian stang motor. Dengan adanya bar end atau jalu stang ini, getaran tadi bisa diredam dengan baik.

Fungsi lain dari handlebar balancer ini selain sebagai penyeimbang dan peredam getaran, ternyata juga berfungsi sebagai pengaman bukaan gas ketika motor terjatuh. Jadi saat sepeda motor terjatuh ke arah kanan, secara otomatis jalu komponen stang motor inilah yang pertama kali menyentuh permukaan aspal. Dengan demikian handgrip throttle gas atau stang ini gas akan langsung menutup.

Selain itu dengan adanya bandul stang motor, ketika motor mengalami crash dan terjatuh kearah samping, jalu stang dapat menahan body motor dan meminimalisir rusaknya bagian komponen body motor samping motor maupun tangki. Setidaknya meminimalkan kerusakan meskipun kenyataannya nanti body tetap mengalami lecet.

Lalu apa akibatnya jika motor tidak menggunakan balancer atau jalu setang? “Efek jika tidak memakai jalu setang, setang motor pasti bergetar, apalagi motor berkapasitas mesin besar seperti moge, pengendalian pasti akan liar jika tidak memakai jalu setang,” terang Eddy Yulianto, Service Advisor Kawasaki Super Sukses Motor Fatmawati, kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Eddy pun menambahkan, penggunaan jalu setang aksesoris terkadang juga kurang bagus peredamannya. “Iya, pakai jalu aksesoris kan terkadang benar-benar cuma buat pemanis aja, karena berat jalunya tidak sesuai dengan jalu setang standar motor,” tutup Eddy.

Nah itulah fungsi jalu pada stang motor. Kecil-kecil namun sangat berguna sekali bukan? Oleh karena itu bijak-bijaklah jika anda memodifikasi motor dan ingin melepas bar-end tersebut karena dapat membahayakan anda sendiri sebagai pengendara. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply