Sponsors Link

6 Fungsi Ignition Coil Pada Sepeda Motor yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Sobat semua tentunya memiliki kendaraan roda dua atau motor ya sobat, karena memang kendaraan yang satu ini sangat praktis untuk kita bawa kemana – mana, apalagi pada saat kondisi jalanan macet seperti yang sering terjadi dan sering kita alami sendiri ya sobat. Tentunya degan adanya kendaraan yang satu ini kita akan mempermudah kita untuk melaui jalur macet tersebut, karena memang bisa nyalip – nyalip dari sela – sela jalanan yang kosong diantara kendaraan yang lainnya ya sobat.

ads

Dalam sebuah kendaraan , misalnya saja motor diperlukan sistem penyalaan atau pembakaran diruang bakar yang bertujuan untuk menopang jalannya mesin dengan cara membakar bahan bakar dan udara untuk melakukan proses kerja mesin tersebut. Nah sobat, untuk melangsungkan pembakaran tentunya dibutuhkan api ataupun suhu panas.

Fungsi Ignation Coil Pada Sepeda Motor

Nah sobat yang terkasih, apabila anda memiliki kendaraan roda dua sepeti motor ini, ada baiknya bukan hanya mengendarainya saja anda bisa ya sobat, tetapi ada baiknya anda juga mengenal dan mengerti beberapa komponen yang terdapat pada motor anda, begitupun dengan fungsi komponen itu sendiri seperti halnya tau mengenai bagaimana cara merawat mesin motor matic agar tetap dalam kondisi prima.

Salah satu komponen yang harus anda ketahui fungsinya adalah komponen yanag berhubungan dengan sistem pengapian. Kenapa harus mengerti sistem pengapian pada kendaraan anda, karena hal ini akan membantu anda nantinya pada saat mengalami ganguan pada motor anda khusunya pada bagian mesin atau pengapian, terlebih lagi untuk anda yang kaum adam ya sobat, ada baiknya anda mengerti akan hal ini.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas mengenai fungsi salah satu komponen pada pengapian yang terdapat pada motor anda, yaitu fungsi ignation coil pada sepeda motor. Nah sobat apabila anda sebelumnya belum mengetahui paa itu ignation cil dan fungsinya bagi kendaraan anda, yuk sobat kita simak ulasan berikut ini.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ignation coil merupakan salah satu komponen yang terdapat pada sistem pengapian atau mesin pada kendaraan anda. Ignation cil ini sendiri berfungsi untuk menaikkan tegangan dari 12 Volt menjadi 10. 000 Volt atau bahkan bisa saja lebih.

Tegangan tinggi yang dihasilkan oleh ignation coil ini nantinya kana digunakan untuk menghasilkan loncatan bunga api yang kuat pada busi yang terdapat pada bagian ruang pembakaran. Selanjutnya pahami cara membersihkan busi motor setelah bekerja keras. Ignation coil ini sendiri terdiri dari kumparan primer dan kumparan sekunder.

Sementara itu sobat, kumparan primer dan juga kumparan sekunder akan menaikkan tegangan dari baterai melalui induksi elektromagnetik  atau disebut juga dengan induksi magnet listrik. Nah sobat begitu penting ya fungsi dari ignation coil ini terhadap jalannya mesin kendaraan anda tentunya sehingga masalah seperti tenaga motor seperti tertahan tidak akan terjadi pada anda.

Sponsors Link

Untuk lebih jelas dan detail, mari kita simak ulasan berikut ini agar pengetahuan dan wawasan anda bertambah mengenai fungsi ignation coil pada motor anda secara detail.

1. Untuk Menaikkan Tegangan

Fungsi ignation coil pada sepeda motor yang pertama adalah seperti yang sudah disebutkan di atas, yaitu untuk menaikkan tegangan dari 12 Volt menjadi 10. 000 Volt atau bahkan bisa saja lebih untuk menghindari tarikan motor ngeden . Sobat sendiri tentu bisa membanyagkan ya sobat, apabila ada masalah pada ignation coil ini, maka kemungkinan besar sisitem pengapian dalam kendaraan anda tentunya juga akan bermasalah, setelah itu sudah pasti bermasalah juga pada performa mesin kendaraan anda.

2. Primary Winding

Fungsi ignation coil pada sepeda motor yang kedua ialah sebagai primary winding. Primary winding ini merupakan salah satu bagian dari ignation coil yang berfunsi untuk menghasilkan inti kemagnetan yang nantinya akan digunakan oleh secondary coil untuk menghasilkan tegangan induksi pada saat kontak point terbuka. 

ads

3. Secondary Coil

Fungsi ignation coil pada sepeda motor selanjutnya ialah sebagai secondary coil. Secondary coil adalah bagian yang terdapat pada ignation coil yang berbentuk seperti kawat tembaga dengan ketebalan kira – kira 0.1 mm yang meliliti lebih dari 10. 000 lilitan, dan lilitan tersebut mengelilingi inti besi seta ujung lilitannya menuju terminal high voltage, dan ujung yang satunya menuju kearah primary coil dan tiap layer lapisan coil  terbungkus oleh lapisan film.

Nah sobat komponen secondary coil inilah yang berfunsi untuk menghasilkan tegangan induksi yang  membantu tugas primary coil dalam menjalankan tugasnya sebagai penaik atau peninggi tegangan pada ignation cil yang terdapat pada sistem pengapian kendaraan anda.

4. Icon Care

Icon care ini merupakan bagian dari ignation coil yang berfungsi sebagi penyekat yang terbuat dari besi supaya tegangan induksi tinggi  yang nantinya  dihasilkan oleh secondary coil tidak mengalami kebocoran.

5. Primary Coil

Primary coil juga meruakan bagian dari secondary coil dan lebih tepatnya merupakan bagian dari ignation coil pada sistem pengapian kendaraan anda. Kawat tembaga yang ketebalannya sekitar 0.5 sampai dengan 1 mm, dan mengelilingi inti besi dengan ratusan lilitan yang diatas lapisan penyekat menutupi lilitan secondary coil yang dijelaskan diatas.

Adapun cara kerja dari primary coil ini adalah ketika perubahan drastik terjadi pada arus yang terjadi pada primary coil, akibat aksi dari contac breaker yang nonstop, maka sinyal listrik sekitar 200 sampai 200 akan terinduksi didalam primary coil ini. Secara umum fungsi dari primary coil ini adalah sebagi tempat pengaliran tegangan sumber ( sumber arus ) yang terjadi pada sistem pengapian pada kendaraan anda.

6. Lamination

Fungsi ignation coil pada sepeda motor yang terakhir ialah sebagai lamination. Lamination juga merupakan bagian dari igantion coil ya sobat, yang mana komponen yang satu ini terbuat dari bahan plastik yang fungsinya untuk mencegah masuknya oli atau air kedalam coil atau kumparan.

Jika berbicara mengenai ignation coil sobat, masih banyak lagi komponen – komponen yang lainnya yang juga sangat berperan penting dalam menjalankan tugas dari ignaton coil tersebut. Tetapi yang menjadi point atau bagian utama adalah bagian atau point yang sudah penulis jelaskan diatas. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat bagi anda semua ya sobat.

Oke sobat semua, sampai disini dulu pembahasan artikel kali ini ya mengenai fungsi ignation coil pada sepeda motor, semoga bisa bertemu di artikel selanjutnya tentunya dnegan topik yang tidak kalah menarik dan tidak kalah penting yang akan penulis paparkan untuk anda sobat terkasih semua untuk mengisi waktu luang anda tentunya. Terima kasih buat sobat yang sudah membaca artikel ini. Sampai ketemu dan salam hangat selalu dari penulis sobat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply