Sponsors Link

6 Fungsi Besi Pelindung Pada Mesin Motor Paling Lengkap

Sponsors Link

Apa kabar sobat semua, semoga selalu dalam nikmat sehat, serta di lancarkan dalam semua urusan oleh Tuhan Yang Maha Esa, Amiin. Kemarin kita telah sedikit mengulik tentang modifikasi dan berbagai macam aksesoris pada motor seperti jenis fairing yang biasa digunakan untuk modifikasi motor serta fungsi besi di bagian swim arm motor, kini penulis mengajak Sobat semua untuk membahas satu aksesoris yang tak kalah menarik dan telah banyak di aplikasikan oleh para biker. Yaitu adalah besi pelindung mesin motor atau telah lazim disebut dengan engine guard.

ads

Sebelum kita mulai membahas fungsi besi pelindung pada mesin motor, seperti biasa mari kita pahami terlebih dahulu apa sih sebenarnya besi pelindung mesin motor itu? Dari namanya saja tentu sobat sudah dapat menebak dimana aksesoris satu ini di tempatkan.

Ya, engine guard secara umum di pasang di sekitar area mesin dari motor seperti pada bagian depan, bawah, maupun pada area samping mesin, yang ditempatkan pada rangka motor bisa dengan cara mengikatkan besi pelindung ini menggunakan braket, atau bisa juga di sambungkan langsung pada motor dengan cara di las.

Tahu kah Sobat bahwa pabrikan motor pun sebenarnya sudah memberikan besi pelindung mesin motor ini pada sobat semua secara cuma-cuma lho, yaitu subframe berupa downtube atau rangka fertikal di depan mesin. Downtube ini juga di fungsikan sebagai tempat dudukan mesin motor. Namun juga bukan sesuatu hal yang salah bila sobat ingin memasang aksesoris tambahan sebagai pelindung dari mesin motor sobat bukan?.

Bentuk dari besi pelindung mesin ini pun beragam, ada yang berupa plat besi pada bagian bawah rangka motor seperti yang lazim di gunakan pada motor – motor cross dan trail, ada pula yang di pasang pada bagian depan dan samping mesin seperti pada aksesoris yang di peruntukan pada motor cruiser dan adventure.

Kemudian apa sebenarnya fungsi besi pelindung pada mesin motor itu? Pada dasarnya fungsi dan manfaat dari besi pelindung ini tidak jauh berbeda dengan frame slider ataupun juga aksesoris tubular pada motor, karena ada beberapa jenis besi pelindung yang di desain menjadi satu sekaligus yaitu sebagai tubular, frame slider, dan juga engine guard. Namun untuk engine guard fungsi spesifik sebagai pelindung mesin motor Sobat.

fungsi besi pelindung pada mesin motor antara lain adalah;

  • Memberikan perlindungan tambahan pada mesin motor jika suatu saat motor terjatuh atau mengalami kecelakaan sehingga menghindarkan kemungkinan mesin motor rusak akibat benturan atau setidaknya menggurangi efek dari benturan tersebut baik dari arah depan, bawah, maupun samping.
  • Besi pelindung mesin motor pada beberapa jenis motor juga di desain untuk menambah kekuatan dari rangka motor itu sendiri.
  • Kusus untuk motor jenis cross dan trail, besi pelindung mesin pada bagian bawah rangka ini juga di jadikan sebagai dudukan jackstand (standar tengah menyerupai bangku kecil).
  • Dapat di jadikan sebagai tempat dudukan aksesoris lain seperti lampu kabut ataupun lampu strobo dan sirine seperti yang terdapat pada motor-motor milik kepolisian.
  • Pada saat-saat tertentu engine guard juga di manfatkan sebagai sandaran kaki saat pegal karena perjalanan jauh.
  • Dalam penggunaan sehari-hari sebenarnya engine guard tidak hanya melindungi mesin kita saja, namun juga dapat melindungi kaki kita dari panas mesin.

Penulis sendiri memiliki pengalaman terhindar dari luka bakar karena panas mesin pada saat berusaha menggeser motor di tempat parkir yang pada saat itu penuh sesak berkat penggunaan besi pelindung mesin yang terpasang pada bagian samping. Itulah tadi fungsi besi pelindung pada mesin motor.

Sponsors Link

Sebenarnya pelindung mesin pada motor tidak hanya terbuat dari besi, namun ada pula yang terbuat dari plastik ataupun fiberglass yang biasanya di sebut airscoop. Namun tentu fungsi dan kekuatannya sedikit berbeda dengan pelindung mesin yang terbuat dari besi. Semoga artikel tentang Fungsi Besi Pelindung Pada Mesin Motor ini bermanfaat bagi Sobat semua. Salam.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply