Sponsors Link

5 Fungsi Besi di Bagian Swim Arm Motor yang Belum Banyak Diketahui

Sponsors Link

Halo sobat, masih membahas tentang aksesoris pada motor sebagai penunjang modifikasi nih, karena jika kita membicarakan yang berkaitan tentang modifikasi sangat luas dan tidak ada habis – habisnya. Hal ini di karenakan inovasi pada dunia modifikasi yang terus berkembang tiap tahun nya sesuai dengan minat dan penggemar modifikasi yang terus bertambah pula.

ads

Salah satu aksesoris yang juga terus berkembang pada dunia modifikasi adalah swingarm. Swingarm merupakan part yang dapat dikatakan wajib dan fital yang tentu selalu ada pada motor. Bahkan kini swingarm tidak hanya terbatas penggunaannya pada motor sport dan bebek saja, kini penggunaan ataupun penambahan swingarm pada motor matic sudah sangat umum.

Tujuan dari penggunaan maupun penambahan swingarm pada motor matic pun tidak berbeda dengan penggunaan swingarm pada motor sport dan bebek yaitu di fungsikan sebagai part tambahan guna menunjang kekuatan pada kaki – kaki motor. Swingarm untuk motor matic pun kini sudah tersematkan sejak awal motor diproduksi oleh pabrikan sebagai penunjang kekuatan dan kestabilan motor saat dipergunakan berkendara.

Beberapa motor matic yang sudah menggunakan swingarm sebagai part bawaan pabrik antara lain Suzuki Skywave, Yamaha Nmax, dan yang terbaru kini Honda PCX150. Karena kini telah banyak motor yang menyematkan swingarm sebagai part standar bawaan motor tentu banyak rider yang gemar modifikasi melirik part satu ini sebagai sasaran untuk di modifikasi.

Modifikasi pada bagian swingarm dapat berupa pewarnaan yang menarik ataupun penambahan aksesoris sebagai pengubah bentuk maupun sebatas pemanis dari tampilan swingarm. Salah satu penambahan itu dapat berupa pipa besi yang ditempatkan pada bagian bawah swingarm.

Nah apa sebenarnya fungsi besi di bagian bawah swingarm motor ini? Mari kita ulik bersama. fungsi besi di bagian bawah swingarm motor ini adalah tidak lain dan tidak bukan sebagai penambah kekuatan dan kestabilan dari swingarm, atau biasanya di sebut dengan swingarm ber stabilizer.

Nah sekarang tentu sobat mulai bertanya, mengapa swingarm memerlukan stabilizer tambahan?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut tentu sobat perlu mengetahui fungsi dari swingarm itu sendiri. Swingarm adalah part yang di gunakan sebagai :

  • Penghubung dan pengikat roda belakang dengan poros chassis bagian bawah motor.
  • Swingarm juga merupakan tempat dudukan dari shock belakang motor sehingga secara tidak langsung swingarm pun merupakan part yang membantu menyerap getaran dan tekanan dari permukaan jalan yang dilalui oleh motor sehingga motor tetap stabil saat melalui jalanan yang tidak rata maupun pada saat menikung.
  • Pada beberapa jenis motor swingarm juga berperan sebagai penerus tenaga dari mesin ke roda belakang seperti swingarm yang di gunakan pada sepeda motor berpenggerak shaft (gardan).
  • Swingarm juga turut menopang bobot dari motor beserta rider lho sobat.

Nah, melihat dari fungsi swingarm yang sangat penting dan komplek ini tentu bukan hal yang berlebihan jika swingarm memerlukan kekuatan bahan yang ulet dan keras, namun juga mampu menyerap beban dan getaran.

Fungsi besi di bagian bawah swingarm motor di maksudkan membantu kinerja dari swingarm itu sendiri. Sekarang tentu sobat bertanya lagi, mengapa besi tambahan ini biasanya hanya berupa besi yang tidak sebesar dari pipa utama dari swingarm? seperti stabilizer yang terdapat pada swingarm original Kawasaki Ninja 150RR.

Sponsors Link

Bukankah akan lebih kuat lagi jika stabilizer memiliki besar yang sama dengan besi swingarm? Hal ini di karenakan stabilizer hanya sebatas membantu dari peranan swingarm, meski memang stabilizer di buat dari material yang sama dengan swingarm namun jika stabilizer memiliki dimensi besar yang sama dengan swingarm arm tentu akan menambah bobot dari swingarm dan motor secara keseluruhan. Bertambahnya bobot pada motor tentu akan mengurangi kemampuan (performa) dari mesin motor.

Jadi dapat kita simpulkan fungsi besi di bagian bawah swingarm motor juga di maksudkan sebagai berikut;

  • Penguat tambahan dari struktur swingarm.
  • Meningkatkan kestabilan saat motor melewati jalan yang tidak rata ataupun pada saat menikung di kecepatan tinggi.
  • Pelindung jika terjadi benturan pada swingarm dari batu ataupun material apapun dari jalan yang di lewati motor sehingga meminimalisir terjadinya penyok, bengkok, bahkan patah pada swingarm.
  • Besi bagian bawah dari swingarm (stabilzer) juga melindungi bagian bawah dari rantai motor sehingga mengurangi kemungkinan terjadi gesekan antara rantai dengan material asing yang dapat mengurangi kinerja dan daya tahan dari rantai.
  • Meningkatkan tampilan dari swingarm menjadi terlihat lebih kokoh dan makin padat.

Itulah tadi fungsi besi di bagian bawah swingarm motor. Jika sobat tertarik untuk mengganti swingarm original motor sobat dengan swingarm yang dilengkapi dengan stabilizer, penulis menyarankan sobat memilih swingarm yang terbuat dari material berkualitas dan telah teruji dipasaran.

Sponsors Link

Namun bagi sobat yang memiliki sepeda motor tanpa adanya besi tambahan (stabilizer) pada swingarm tak perlu terlalu  akan hal tersebut. Karena pada dasarnya swingarm tanpa stabilizer pun sudah di rancang sedemikian dengan terlebih dahulu melewati berbagai macam pengujian dan kelayakan sehingga tetap aman dan nyaman. Semoga berguna.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply