Sponsors Link

Fungsi Behel Pada Sepeda Motor Paling Lengkap

Sponsors Link

Bagi sobat otomotif pastinya tidak asing lagi dengan salah satu bagian yang ada pada kebanyakan sepeda motor. Bagian atau komponen yang saya maksud adalah behel. Apakah sobat tahu fungsi behel pada sepeda motor? Apakah komponen itu hanya sebuah aksesoris saja yang tidak memiliki fungsi?

ads

Akan tetapi tidak mungkin apabila pabrik membuat sebuah komponen pada sepeda motor tanpa memperhatikan fungsi dari komponen tersebut. Bagi sobat yang penasaran mengenai fungsi sebenarnya dari behel, tenang karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah ulasan mengenai fungsi behel pada sepeda motor. benda di motor yang sering dilupakan tapi perannya sangat signifikan wajib anda perhatikan.

Sobat pasti penasaran mengenai adanya behel jika tidak mengetahui fungsi sebenarnya dari salah satu bagian motor tersebut. Saat ini, memang mayoritas motor yang beredar di Indonesia pada umumnya dilengkapi dengan behel, yaitu sebuah handle yang terbuat dari besi maupun dari alumunium yang biasanya terletak pada bagian belakang sepeda motor.

Keberadaan behel biasanya di manfaatkan oleh pembonceng sebagai pegangan saat berkendara. Tapi tidak semua pembonceng sepeda motor melakukannya. Mengapa demikian? Bukankah memang fungsi behel pada sepeda motor digunakan untuk pegangan?

Perlu sobat ketahui, bahwa fungsi sebenarnya dari behel yang ada di bagian belakang sepeda motor ini bukan untuk pegangan saat sedang membonceng.

Nah, sekarang sobat sudah tahu kan mengapa tidak semua pembonceng harus memegang behel karena mereka tahu, jika itu bukanlah fungsi sebenarnya dari behel. Lantas apa fungsi sebenarnya dari behel? Baiklah langsung saja, agar sobat segera mengetahui jawabannya. Berikut adalah fungsi behel pada sepeda motor, yaitu:

Untuk mempermudah menggeser motor terutama saat parkir

Fungsi behel pada sepeda motor yaitu untuk mempermudah sobat menggeser sepeda motor sobat terutama saat parkir. Jadi, memang itulah fungsi sebenarnya dari behel pada sepeda motor. Sebenarnya tidak salah juga jika sobat memanfaatkan behel sebagai pegangan saat membonceng motor.

Namun, perlu sobat ketahui bahwa hal ini dapat mengganggu kestabilan motor saat dikendarai terutama saat melakukan manuver atau tikungan dijalan raya. Sehingga membuat posisi pembonceng kurang menyatu dengan pengendara dan tunggangan.

Oleh karena itu, sekarang banyak sepeda motor yang diproduksi yang tidak menggunakan behel, misalnya saja Yamaha Vixion dan Aerox. Namun tugas behel digantikan dengan adanya sebuah coakan yang ada di komponen body motor. Sehingga dapat berguna untuk mempermudah sobat menggeser-geser motor sobat, terutama saat berada di parkiran.

Nah, demikianlah beberapa ulasan mengenai fungsi behel pada sepeda motor yang berhasil saya rangkum dalam artikel yang saya buat pada kesempatan kali ini. Terima kasih, karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel saya ini.

Semoga melalui artikel ini saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi sobat dan juga semoga melalui artikel ini dapat menambah pengetahuan serta wawasan bagi sobat.

Sponsors Link

Mohon maaf  apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa pada kesempatan berikutnya, yaitu pada artikel-artikel saya selanjutnya. Kenali kerusakan yang terjadi pada motor anda terlebih dahulu sebelum mencoba cara yang penulis berikan. Sekian dan terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply