Sponsors Link

4 Fungsi Aksesoris Proguard Pada Motor Paling Lengkap

Sponsors Link

Begitu banyak jenis aksesoris tambahan yang di jual kini di berbagai speedshop dan toko aksesoris motor. Mulai dari aksesoris yang bersifat sebatas sebagai penunjang penampilan motor, aksesoris yang ditujukan untuk savety bagi biker dan motornya, atau juga aksesoris yang di tujukan meningkatkan performa pada motor.

ads

Dari beberapa fungsi aksesoris diatas ada salah satu jenis aksesoris tambahan yang memberi beberapa fungsi sekaligus, yaitu sebagai alat pendukung yang memberi efek aman bagi biker namun tetap terlihat stylist saat terpasang pada motor. Ya, proguard. Aksesoris tambahan yang tidak hanya sebagai gaya-gayaan saja namun sejatinya memang di fungsikan sebagai kelengkapan keamanan bagi biker saat berkendara. Fungsi aksesoris proguard pada motor sebenarnya tidak bisa dianggap remeh lho sobat.

Bicara soal proguard, tidak ada salahnya kita mengetahui lebih dulu asal usul dari aksesoris satu ini. Proguard diciptakan oleh pabrikan asal Italia, yaitu Rizoma. Perusahaan dengan lambang huruf “r” kecil ini di minta oleh bos motogp yaitu Dorna untuk menciptakan suatu part yang di fungsi kan untuk melindungi brake lever (tuas rem) dari benturan oleh suatu material asing saat pembalap menikung di kecepatan tinggi ataupun pada saat terjadi benturan pada tuas rem depan yang dapat menyebabkan tuas rem tertekan dengan tiba-tiba, yang dapat membuat roda depan terkunci.

Tentu hal itu bisa menyebabkan pembalap kehilangan kontrol terhadap motornya sehingga pembalap terjatuh, tentu sobat dapat membayangkan betapa berbahaya jika pembalap sampai terjatuh saat berlangsungnya balapan mengingat kecepatan dari motogp itu sendiri sangatlah kencang. Bisa sangat fatal.

Rizoma akhirnya menciptakan lever brake guard (sekarang lebih kita kenal dengan nama proguard) dengan serangkaian pengetesan yang tidak main-main lho sobat, diantara pengetesannya di lakukan di sirkuit balap Silverstone di Inggris. Dari pengetesan tersebut pula Rizoma mendapatkan data baru, yaitu penggunaan proguard mampu memangkas waktu tempuh pembalap-nya di setiap lap sebesar 0,008 detik.

Tentu merupakan hal yang menarik bagi tiap tim balap dimana di tiap lap detik begitu mempengaruhi hasil balapan. Akhirnya proguard resmi digunakan pada ajang balap motogp di tahun 2012 hingga sekarang. Nah mulai dari sana proguard mulai banyak di kenal oleh masyarakat di seluruh dunia dan penggunaanya di wajib kan pada ajang balap motor diatas aspal seperti halnya roadrace.

Rizoma pun mulai memasarkan hasil temuannya tersebut ke seluruh belahan dunia hingga ke negara kita tercinta ini. Dengan berjalannya waktu pabrikan aksesoris pun mulai tertarik dan ikut memproduksi proguard secara masal karena mereka dan masyarakat sendiri sadar akan fungsi aksesoris proguard pada motor dengan beberapa pengembangan dari sisi desain dan material yang digunakan.

Proguard pun kini di pasarkan tidak hanya satu buah yang di tempatkan pada ujung setang bagian kanan saja, namun kini juga dipasarkan satu set dengan bagian kiri yang di fungsikan untuk melindungi clucth lever (tuas kopling) ataupun tuas rem belakang pada motor matic.

Dari penjelasan singkat di atas secara umum fungsi aksesoris proguard pada motor dapat kita simpulkan :

  • Pelindung tuas rem dan kopling dari benturan agar tuas rem tidak tertekan secara tidak sengaja.
  • Mengurangi kemungkinan rusaknya handle rem seperti patah jika terjadi benturan pada setang. Sehingga handle rem tetap dapat di gunakan dengan baik.
  • Sedikit berpengaruh pada kemampuan motor yaitu guna mengurangi hambatan angin pada motor motor balap.
  • Dengan desain dan material produksi yang terus di kembangkan sesuai keinginan konsumen di dunia, proguard mampu mendongkrak tampilan pada motor sehingga terlihat lebih racy.
Sponsors Link

Dari fungsi aksesoris proguard pada motor di atas ada satu lagi fungsi aksesoris proguard pada motor yang sering sobat gunakan namun jarang sobat sadari. Yaitu sebagai cantolan kresek belanjaan. Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai fungsi aksesoris proguard pada motor. Sampai jumpa dan terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply