Sponsors Link

Frame Slider Pada Motor : Penjelasan dan Fungsinya

Sponsors Link

Halo sobat.. Tentu sudah tidak asing di telinga kata frame slider bagi sobat sekalian bukan? Sobat juga pasti sudah tahu seperti apa bentuk dari frame slider, atau mungkin bisa jadi juga sebagian besar sobat pembaca sudah mengaplikasikan frame slider pada motor kesayangan sobat?

ads

Ya, frame slider kini sudah sangat jamak di gunakan dan tersedia di berbagai toko aksesoris motor dengan berbagai pilihan merk, model bentuk dan warna yang menarik, juga di jual dengan harga yang beragam pula sesuai kualitas, ukuran, dan jenis motor mulai dari motor bebek, matic, hingga sport.

Nah, bagi para sobat yang sudah menggunakan frame slider ataupun berniat memasang frame slider pada motor kesayangan sudah tahu belum apa itu frame slider pada motor? Atau jangan-jangan sobat memasang frame slider hanya sebatas ikut-ikutan teman komunitas sobat dan mengikuti tren modifikasi saja?

Duh tentu sangat di sayangkan jika itu alasan sobat membeli, dan kemudian sobat pasang pada motor sobat, karena akan terasa lebih afdol jika pada suatu saat ada teman sobat yang bertanya “ini untuk apa ya?” kemudian sobat dapat dengan lancar menjabarkan tentang frame slider yang telah terpasang pada motor sobat karena sobat sudah benar-benar paham apa itu frame slider pada motor.

Nah, dari pada berpanjang lebar mari  kita mulai saja obrolan kita tentang frame slider pada motorFrame slider, tidak begitu jelas bagaimana sejarah awal mula di ciptakan dan kapan penggunaan frame slider untuk pertama kali. Namun frame slider sebenarnya sudah lama di gunakan oleh para biker di luar negeri sana, yang mayoritas memilih motor ber kubikasi besar dan memiliki bobot yang berat sebagai kendaraan andalan mereka.

Di Indonesia sendiri, penggunaan frame slider mulai marak sejak Kawasaki mengenalkan dan memasarkan Ninja 250 di tanah air. Seiring jumlah pengguna Ninja 250 yang terus bertambah frame slider pun mulai akrab di mata kita, kemudian mulai di aplikasi kan pula oleh rider pada motor sport lainnya.

Jika kita tilik dari bahasa, bisa kita artikan frame slider adalah suatu part aksesoris yang di tempatkan pada frame (rangka motor) agar kendaraan tetap menggelincir ketika motor terjatuh. Terdengar menjadi menyeramkan ya bila kita bayangkan motor kita terus menggelincir saat kita terjatuh saat berkendara (semoga saja jangan sampai kita terjatuh).

Namun pada kenyataannya akan menjadi lebih berbahaya lho sobat jika pada saat kita terjatuh saat berkendara namun motor kita beserta kita sebagai rider tetap berada pada tempat kita terjatuh, karena bisa saja ada kendaraan lain dari arah belakang yang secara tidak sengaja ikut menabrak kita. Sudah jatuh tertabrak pula.

Nah dengan penggunaan frame slider ini di harapkan motor akan menggelincir ke arah bahu jalan sehingga mengurangi kemungkinan tertabrak dari arah belakang setelah terjatuh. Selain dari pada fungsi diatas, frame slider juga dapat berguna :

  • Membantu motor sobat segera meluncur ke arah bahu jalan saat sobat terjatuh pada saat berkendara sehingga mengurangi peluang terjadinnya tabrakan beruntun.
  • melindungi bagian fairing samping maupun bodi motor bagian samping dari lecet maupun pecah ketika motor terjatuh. Ingat, terjatuh tidak selalu terjadi pada saat kita berkendara di kecepatan tinggi. Bisa saja motor terjatuh pada saat kita memarkirkan motor kesayangan karena permukaan tempat kita memarkirkan motor yang tidak rata ataupun sobat terpeleset saat berusaha untuk memarkirkan motor.
  • Mengurangi kemungkinan kaki sobat tertimpa bodi motor saat terjatuh kearah samping sehingga dapat meminimaliskan kemungkinan sobat mengalami cedera pada bagian kaki.
  • Pada penggunaan sehari-hari banyak biker yang memanfaatkan frame slider ini sebagai pijakan kaki saat mulai terasa pegal selama berkendara jauh. Lumayan untuk sekedar meluruskan kaki sejenak tanpa harus berhenti dan dapat terus melanjutkan perjalanan.
  • Sebagai aksesoris pendongkrak tampilan pada kesayangan sobat agar terlihat lebih padat berisi.
Sponsors Link

Itulah penjelasan singkat tentang frame slider pada motor yang dapat penulis sampaikan pada sobat. Walaupun ada beberapa biker yang memanfaatkan frame slider ini sebagai tempat gantungan kantong kresek belanjaan, terutama mereka yang menggunakan motor sport baik full fairing maupun sport naked, namun penulis sangat tidak menyarankan sobat melakukan hal yang tersebut, mengapa? Karena hal tersebut dapat mempengaruhi keseimbangan sobat dalam berkendara.

Namun perlu di ingat sobat, frame slider hanya suatu aksesoris pada motor yang berfungsi meminimalisirkan damage pada saat terjatuh. Berkendara secara aman tetap merupakan kunci keselamatan untuk kita semua. Demikian sekelumit yang dapat penulis sampaikan tentang frame slider pada motor pada sobat. Semoga berguna.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply