Sponsors Link

Efek Samping Motor Tanpa Aki yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Sepeda motor merupakan sebuah kendaraan yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat sebagai sarana transportasi pendukung aktivitas harian. Berbagai kelebihan sepeda motor diantaranya seperti kemampuan bermanuver yang baik di jalanan sempit serta jalanan yang penuh dengan kemacetan, kebutuhan garasi yang sangat minim, kemudahan penggunaan, serta harganya yang relatif lebih terjangkau menjadikan alasan banyaknya masyarakt yang memiliki dan mengendarai sepeda motor. Berkembangnya kebutuhan sepeda motor tersebut menjadikan berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia hadir untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan yang berbeda pada tiap individu.

ads

Perawatan pada sepeda motor merupakan keharusan yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik sepeda motor dan disesuaikan dengan jenis mesinnya karena cara merawat motor matic akan berbeda dengan cara merawat motor manual. Meskipun perawatan merupakan hal yang penting namun setiap pemilik kendaraan sepeda motor memiliki perlakuan yang berbeda pada tiap sepeda motornya karena beberapa alasan.

Beberapa orang abai terhadap proses perawatan karena malas dan tidak punya biaya, namun ada juga beberapa orang yang memodifikasi motornya karena kebutuhan dan gaya hidup maupun hobi. Salah sau hal yang terkadang juga dilakukan oleh para pemilik kendaraan adalah membiarkan aki pada sepeda motor mati dengan berbagai alasan sehingga motor bergerak dan beroprasi tanpa aki. Dengan kondisi tersebut ada beberapa efek samping motor tanpa aki yang dijelaskan pada beberapa ulasan dibawah ini.

  1. Kinerja seluruh komponen kelistrikan akan menurun

Aki merupakan salah satu komponen sepeda motor yang sangat penting dalam hal bagian kelistrikan di motor. Pentingnya peran tersebu menyebabkan jika motor yang tidak menggunakan aki akan menjadikan berbagai macam komponen kelistrikan akan menurun kinerjanya. Beberapa kinerja yang dapat terjadi seperti lampu menjadi redup, bel motor yang tidak nyaring.

  1. Sistem kelistrikan menjadi tidak stabil

Ketika aki dicopot maka sistem kelistrikan tetap akan menyala karena hampir pada semua pabrikan sepeda motor sudah melakukan setting otomatis agar spull mengirimkan arus ke kompoenn kiprok dan kemudian kiprok akan langunsg meneruskannya ke CDI dan lampu. Namun meskipun sistem kelistrikan motor tetap dapat berfungsi, kondisinya tidak akan stabil dan sangat bergantung kualitasnya dari putaran motor. Pada rpm rendah maka arus listrik akan sangat rendah sedangkan pada rpm tinggi arus listrik juga akan meningkat.

  1. Komponen kiprok menjadi rusak

Kiprok merupakan slah satu komponen dalam mesin motor yang juga sangat penting fungsinya pada sistem kelistrikan motor. Salah satu efek samping motor tanpa aki yang dapat muncul adalah kondisi dimana kiprok lama kelamaan dapat beresiko untuk rusak. Kondisi tersebut terjadi karena ketika aki dicabut dari motor maka peran sistem kelistrikan akan dipegang oleh kiprok. Tingginya beban yang seharusnya tidak diterima terus menerus tersebut dapat menyebabkan komponen kiprok menjadi over kinerja sehingga meningkatkan resiko kerusakannya.

  1. Spul dan CDI bermasalah

CDI merupakan komponen mesin yang berfungsi dalam proses pengapian pada sistem pembakaran mesin. Sedangkan Spul merupakan  komponen yang berperan dalam proses pengapian pada pembakaran bahan bakar untuk sumber energi mesin. Kondisi ovel yang terjadi pada komponen kiprok yang dijelaskan sebelumya juga dapat menyebabkan spul maupun CDI bermasalah karena sangat berkaitan satu sama lain. Untuk mengetahui adanya efek samping motor tanpa AKI ini membutuhkan cara mengecek mesin yang benar dan tepat serta harus dilakukan oleh tenaga ahli yang berpengalaman.

Sponsors Link

  1. Motor Kurang tenaga

Kondisi bermasalah pada komponen spul dan CDI merupakan salah satu penyebab motor mengalami kurang tenaga. Adanya masalah pada komponen spul dan CDI dapat menyebabkan proses pembakaran yang terjadi pada mesin sepeda motor tidak akan berlangsung dengan baik dan menghasilkan energi dengan maksimal sehingga motor kurang tenaga meskipun gas sudah ditarik secara maksimal.

  1. Bohlam lampu menjadi putus

Efek samping selanjutnya dari kondisi motor tanpa aki berkaitan dengan ulasan efek samping sebelumnya yang menjadikan arus listrik tidak stabil. Kondisi tidak stabilnya arus listrik akibat tidak memiliki aki sebagai pengatur arus menyebabkan arus listrik yang diterima oleh lampu bohlam sering naik turun sehingga dapat mempengaruhi kondisi bohlam dan jika keadaan ini berlangsung terus menerus maka bohlam akan mati atau putus bahkan bisa pecah.

Sponsors Link

Mesikpun bohlam merupakan salah satu sparepart sepeda motor yang sring rusak namun dengan tidak adanya aki, kerusakan bohlam akan lebih cepat dan terlalu sering. Selain beberapa efek yang dijelaskan diatas ada beberapa kondisi lain yang juga disebabkan oleh kondisi motor yang tidak menggunakan aki diantaranya seperti :

  • Panel motor pada bagian depan akan cepat mati.
  • Seluruh komponen lampu dan komponen yang berkaitan dengan listrik sepeda motor akan bermasalah.
  • Motor mengalami kondisi tersendat sendat.

Itulah beberapa kondisi yang dapat terjadi sebagai efek samping ketika motor digunakan tanpa adanya aki. Untuk menghindari kondisi yang dapat menganggu tersebut maka sebaiknya selalu rawat kondisi aki motor agar tetap berfungsi sebagai mana mestinya karena perannya terhadap sistem kelistrikan pada sepeda motor yang sangat besar dan mempengaruhi performa dari sepeda motor itu sendiri.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply