Sponsors Link

Efek Samping Bore Up Motor yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Sepeda motor saat ini bukan hanya dimiliki sebagai kendaraan yang dapat mendukung kebutuhan sarana transportasi di masyarakat. Berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia telah hadir dengan bantuan para pabrikan otomotif besar di Indonesia demi memenuhi minat serta kebutuhan akan sepeda motor masyarakat. Seperti yang disebutkan pada kalimat pembuka, motor saat ini sudah berubah menjadi sebuah kebutuhan gaya hidup guna mendukung pergaulan, hobi, dan kepuasan pribadi.

ads

Dengan berubahnya kebutuhan sepeda motor tersebut, tak heran sekarang ini mudah sekali ditemui sepeda motor yang mengalami modifikasi baik bentuk maupu mesin bukan hanya sekedar sebagai bentuk kepuasan pribadi namun juga sudah masuk kedalam ranah gengsi. Bentuk modifikasi berbeda satu sama lain dan sudah sering dilombakan dan dipamerkan dalam acara acara besar di seluruh Indonesia terutama kota kota besar.

Kebutuhan modifikasi saat ini terbagi menjadi tiga yakni berkaitan dengan tampilan fisik motor, kebutuhan power dan kecepatan, serta campuran keduanya. Berkaitan dengan kebutuhan tampilan fisik, sepeda motor akan mengalami perubahan pada fisik atau body dan exterior lainnya. Sedangkan pada modifikasi berkaitan dengan kebutuhan power atau tenaga dan kecepatan, jauh lebih komplek karena berkaitan dengan perubahan pada mesin. Kebutuhan berkaitan dengan power ini sering kali dilakukan pada motor yang bagus buat drag.

Salah satu proses untuk meningkatkan performa mesin adalah melakukan sebuah cara yang disebut sebagai bore up. Bore up adalah proses peningkatan kapasitas mesin melalui penaikan ukuran diameter standar piston atau diameter bawaan menjadi piston dengan ukuran diameter yang lebih besar. Dengan perubahan ukuran diameter piston tersebut dapat merubah tenaga dan torsi menjadi meningkat serta lebih irit bensin pada motor matic. Meskipun ada keuntungan pada proses bore up tersebut, tetap saja efek samping bore up motor tetap menghantui yang diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Garansi mesin hilang

Efek samping yang sederhana adalah hilangnya garansi mesin yang diberikan oleh distributor merek sepeda motor tersebut. Kondisi efek samping bore up motor ini muncul karena dengan membore up motor maka akan merubah komponen bawaan pabrik yang dapat menggugurkan garansi dari motor tersebut. Untuk menghindari munculnya efek samping ini maka sebaiknya jika ingin membore up sepeda motor, pastikan kendaraan tersebut sudah memiliki usia yang cukup dan tidak lagi tercover oleh garansi.

  • Getaran yang dihasilkan dapat menimbulkan gangguna kesehatan

Efek samping selanjutnya bukan berkaitan pada sepeda motor yang dibore up melainkan pada pengendara yang mengendarai sepeda motor hasil bore up tersebut. Menurut salah satu pengalaman dan hasil penelitian seorang dokter bernama dr. Aviandy Sukarto, Msc. SpKP, menjelaskan bahwa getaran dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan. Ternyata, getaran yang dihasilkan oleh motor hasil bore up merupakan salah satu yang termasuk didalam getaran berbahaya untuk kesehatan. Hal ini terbukti dengan pengalaman dari teman dr. Aviandy tersebut yang mengalami gangguan pada tulang leher akibat sering mengendarai sepeda motor hasil bore up.

Sponsors Link

  • Resiko mengalami kerusakan yang lebih tinggi

Proses bore up akan menyebabkan bentuk komponen mesin menjadi berubah dari yang seharusnya. Kondisi berubahnya komponen piston tertutama bila terus dipaksakan untuk menghasilkan tenaga dan kecepatan yang besar lama kelamaan dapat mengalami kerusakan bahkan bukan hanya masalah teknis biasa namun bisa jadi dapat beresiko munculnya kerusakan mesin yang lebih besar dan keinginan menjadikan motor memiliki power besar malah menjadikan mesin kurang tenaga.

  • Motor cepat panas

Dengan proses bore up maka kinerja dari seluruh komponen mesin sepeda motor akan dipaksa lebih keras lagi berkerja agar dapat menhasilkan tenaga yang dibutuhkan. Kondisi kinerja sepeda motor yang dipakas tersebut dapat menyebabkan motor cepat panas. Cepat panasnya motor dapat berpengaruh pada berbagai hal mulai dari meninkatkan resiko terjadinya kerusakan teknis yang lebih besar sampai hal yang sederhana yakni kebutuhan oli sebagai salah satu spare part yang sering diganti menjadi lebih besar.

Beberapa efek samping yang dapat dihasilkan dari proses bore up mesin tersebut harus diperhitungkan oleh pemilik kendaraan terutama mereka yang akan melakuk bore up demi mendapatkan kondisi motor dengan tenaga yang lebih besar tersebut. Jika memang bore up ingin dilakukan maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan sehingga dapat memperkecil resiko terjadinya beberapa efek samping diatas. 

Sponsors Link

Langkah agar efek samping dari proses bore up sepeda motor dapat dicegah tersebut diantaranya seperti, kenali dulu kendaraan yang dimiliki apakah kuat untuk dimodifikasi mesinnya melalui proses bore up, jika peningkatan kapasitas mesin cukup tinggi maka lakukan pengantian blok mesin dengan liner yang lebih besar untuk mengimbangi bore up, jangan terlalu paksakan bore up sampai liner sangat tipis, gunakan piston dengan lapisan keramik untuk dapat menahan panas yang lebih tinggi.

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa proses pemasangan ulang semua komponen berlansung dengan rapi dan benar. Selanjutnya untuk menjaga agar kondisi mesin dalam keadaan yan baik maka lakukan cara mengecek mesin motor yang benar setiap saat agar jika terjadi kondisi yang tidak normal dapat dengan segera terdeteksi dan diatasi lebih cepat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply