Categories
Info Motor

4 Efek Buruk Sepeda Motor yang Jarang Dicuci

Bagi anda pemilik dan pecinta kendaraan roda dua atau motor, menjaga kebersihan motor anda merupakan salah satu hak yang wajib untuk anda lakukan karena dengan melihat motor anda bersh dan kinclong tentunya ada kebanggan tersendiri bagi anda, apalagi pada saat membersihakn sepeda motor tersebut anda tidak menggunakan jasa steam motor, melainkan anda mencucinya dengan menggunakan tenaga sendiri.

Karena dengan mencuci motor tersebut menggunakan tenaga sendiri, tentunya ada hal – hal yang bisa anda lakukan pada motor anda, yakni sekalin mencuci atau membersihkannya anda juga bisa melakukan pengecekan pada motor anda pada semua bagian, karena tentunya pada saat membersihakn motor tersebut, anda membersihkan semua bagian pada motor anda.

Namun meski demikain sobat, tetap saja ada beberapa mereka pemiliki kendaraan yang enggan untuk melakukan pembersihan secara rutin terhadap motornya. Mereka membersihkannya pada saat –  saat tertentu saja meskipun sebenarnya kondisi motornya sudah kotor. Hal seperti ini tentunya akan berdampak buruk terhadap motor anda ya sobat, karena idelanya motor harus selalu dibersihkan pada saat sudah kotor.

Adapun efek buruk sepeda motor yang jarang dicuci antara lain adalah sebagai berikut :

1. Akan Merusak Rem Tromol Bagian Belakang

Efek buruk yang pertama adalah bisa merusak rem tromol atau (rem cakram motor) bagian belakang pada motor anda. Hal tersebut bisa saja terjadi karena apabila terdapat kotoran di dalam rem teromol bagian belakang tersebut, maka akan membaut suara rem tersebut berdecit karena adanya gesekan yang terjadi antara kotoran denan kampas pada rem motor anda. Jika hal seperti ini dibiarkan dalam waktu yang lama, maka akan membuat rem teromol anda akan rusak.

2. Akan mengurangi Kinerja Shockbreaker Motor Anda

Efek buruk yang kedua adalah bisa mengurangi kinerja shockbreaker pada motor anda. Seperti yang sudah soabt bikers ketahui bersama, bahwasanya komponen shock belakang motor atau pun depan yang satu ini merupakan komponen yang rentan akan kerusakan. Apalagi apabila anda terlalu sering membiarkan komponen ini dalam keadaan kotor, maka akan berpotensi membuat shockbreaker tersebut menjadi lebih cepat rusak yang dikarekan oleh kotoran –  kotoran yang terdapat di dalamnya, sehingga membuat shockbreaker anda tidak awet.

3. Membuat Kompoen Motor Anda Cepat Karatan

Efek buruk yang ketiga adalah bisa berpotensi membuat komponen motor anda rentan akan karatan. Hal ini tentu saja bisa terjadi ya sobat , karena apabila anda melewatui jalanan yang becek serta berlumpur, sering kali beceka tau lumpur tersebut akan menempel pada beberapa komponen di motor anda sehingga menyebebkan komponen tersebut menjadi karatan yang nantinya berujung pada korosif.

4. Memperburuk Tampilan Motor Anda

Efek buruk yang keempat adalah bisa memperburuk tampilan motor anda. Banyaknya kotoran dan debu yang menempel pada motor anda tentunya akan membuat tampilan motor anda menjadi lebih buruk dan membuat orang enggan untuk menumpang kepada anda.

Oleh karena itu sobat, lakukanlah pembersihan pada motor anda apabila memang sudah terdapat banyak kotoran agat motor anda lebih awet. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mengkuti cara – cara yang penulis berikan. Terima kasih dan salam hangat dari penulis.

Leave a Reply