Sponsors Link

3 Dampak Lumasi Rantai dengan Oli Bekas

Sponsors Link

Rantai pada sepeda motor merupakan salah satu komponen atau piranti yang memiliki fungsi vital terhadap kendaraan roda dua atau motor anda. Rantai ini erat kaitannya dengan kelancaran dari berkendara anda, karena berhubungan langsung dengan roda motor anda yang seyogianya komponen yang mengarahkan motor anda akan mengarah kemana.

ads

Oleh karena fungsi atau perannya yang vital tersbeutlah, maka anda sebagai pemilik kendaraan roda dua atau motor tersebut diwajibkan untuk melakukan pengecekan dan perawatan secara berkala agar rantai pada motor anda tidak bermasalah sehingga tetap support akan fungsi dan peranannya tersebut. cara membersihkan rantai motor perlu anda ketahui untuk menjaga peformanya.

Untuk menjaga agar rantai motor tersebut tetap dalam kondisi baik, maka para pemilik kendaraan tersebut biasanya melumasi rantai motornya dengan menggunakan oli atau pelumas. Hal seperti ini sah –  sah saja untuk anda lakukan ya sobat, karena memang hal ini anda lalukan untuk merawat rantai motor anda.

Namun satu hal yang harus anda perahtikan, bahwasanya melumasi rantai tersebut dengan menggunakan oli tidak boleh asal –  asalan. Asal –  asalan misalnya anda menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai motor tersebut. Bukannya meningkatkan performa rantai motor anda, namun melumasi rantai dengan menggunakan oli, akan berdampak buruk bagi kendaraan anda. Mengapa demikain? Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

Adapun dampak lumasi rantai dengan oli bekas antara lain adalah sebagai berikut :

1. Pengikisan Pada Rantai

Dampak yang pertama adalah mengakibatkan pengikisan pada rantai motor anda. Pengkisan ini terjadi karena oli bekas yang anda gunakan pada rantai motor anda mengandung limbah sisa hasil pembakaran di dalam mesin kendaraan. Selain itu, oli bekas tersebut juga tentunya mengandung kotoran –  kotoran yang tidak baik pada rantai motor anda.

2. Rantai Akan Mudah Karatan

Dampak yang kedua adalah rantai motor anda akan mudah karatan. Karena oli bekas tersebut memiliki banyak kotoran yang terkandung di dalamnya dari penggunaan apa kendaraan yang sebelumnya, maka funsginya untuk melumasi rantai pada motor anda tidak akan  berfungsi secara maksimal.

Hal ini dikarenakan kondisi oli yang sudah tidak bagus bereta banyaknya kotoran seprti gram –  gram di dalamnya, yang nantinya akan turut serta membaut rantai motor anda akan lebih cepat karatan. Oleh karena itu, gunakanlah oli yang baru agar fungsi dari rantai motor anda bisa maksimal yang akan berpengaruh pada performa komponen mesin motor anda.

3. Rantai Menjadi Berisik

Dampak yang ketiga adalah rantai motor anda akan leih berisik. Oleh karena pelumasan yang anda gunakan dengan oli bekas tersebut tidak bisa memberikan hasol yanhg maksimal, maka sudah bisa dipastikan kondisi rantai motor anda juga akan lebih berisik dari kondiis yang normal. Hal ini disebabkan oleh pernanan dari oli beaks tersebut tidak memberikan efek yang maksimal  untuk melindungi rantai motor anda.

Sponsors Link

Bagi sobat semua yang selama ini sering menggunakan olei bekas untuk melumasi kendaraan anda, sebaiknya dipertimbangkan kembali ya sobat, karena aktulanaya akan berdampak buruk. Semoga bermanfaat bagi sobat semua. Kenali kerusakan yang terjadi pada motor anda terlebih dahulu sebelum mulai mencoba cara yang penulis berikan untuk anda. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply