Sponsors Link

3 Dampak Kebiasaan Biarkan Tangki Motor Kosong

Sponsors Link

Seperti yang sudah sobar bikers ketahui bersama, bahwasanya setiap motor yang kita kendarai tentunya dilengkapi dengan tangki bahan bakar yang seyogianya berperan penting untuk menampung bahan bakar pada motor anda sebelum nantinya akan disalurkan ke ruang pembakaran pada mesin kendaraan anda.

ads

Pada umumnya, tangki bahan bakar pada motor ini  terbuat dari bahan plat, aluminium, serta ada juga yang terbuat dari plastik. Tangki bahan bakar pada sepeda motor terletak di bawah jok duduk anda, atau di depan berdeakatan dengan handle motor anda. Tangki bahan bakar ini sendiri seirng kali dibuat dengan design yang menarik karena akan menambah keindahan dari bodi motor anda, karena sering kali tangki BBM ini dijadikan sebagai aksesoris motor tersebut.

Berbicara mengenai tangki bahan bakar tersebut sobat, tentunya kita juga akan berbicara mengenai bahan bakar yang diperuntukkan bagi tangki tersebut. Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, setiap motor pastinya memerlukan bahan bakar agar motor tersebut bisa difungsikan dengan baik.

Namun kesalahan atau kelalaian yang sering dilakukan oelh pemilik motor itu sendiri adalah sering mengabaikan tangki bahan bakarnya, alias membiarkannya kosong, padahal hal seperti ini sesungguhnya tidaklah baik bagi kendaraan anda loh sobat bikers.

Untuk ulasan selengkapnya mengenai jal tersebut, berikut ini penulis akan memberikan ulasan mengenai dampak kebiasaan biarkan tangki motor kosong. Bagi anda yang sering melakukan hal tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini, agar anda mengerti akan dampaknya terhadap motor anda. Cekidot

1. Tangki Motor Akan Rawan Karatan

Dampak yang pertama, tangki motor anda akan rawan karatan. Pada dasarnya, komponen –  komponen motor memang terbuat dari besi, termasuk bagian tangki bahan bakr tersebut. Nah sobat semua, pada saat tangki tersebut anda biarkan kosong, maka akan membuat sisa bensin yang terdapat didalamnya menjadi menguap ketika tangki tersebut terkena sinar matahari. Akibatnya, tangki BBM anda pun akan lebih mudah karatan. Jika sudah karatan, maka akan berpotensi membuat korosi sehingga rawan akan kebocoran.

2. Gampang Mengalami Endapan Kotoran

Dampak yang kedua adalah tangki BBM anda akan gampang mengalai endapan kotoran. Uap –  uap yang ada pada motor anda yang diakibatkan oleh tangki kosong tersebut, pada saat kondisi dingin, maka akan membuat kotoran –  kotoran di dalam tangki akan mengumpul yang disebabkan oleh endapan dari kotoran tersebut.

Pada saat seperti ini, maka akan berpotensi mengurangi performa motor anda, karena akan sering membuat pembakaran pada komponen mesin motor anda menjadi macet oleh karena endapan kotoran tersebut. Perhatikan juga bagaimana cara merawat tangki motor agar bisa awet.

3. Boros Bensin

Dampak yang ketiga adalah motor anda akan lebih boros bensin. Karena sistem pembakaran pada motor anda mengalami masalh oleh karena endapan kotoran tersebut, maka motor anda akan membutuhkan tenaga ekstra untuk melakukan pembakaran tersebut, yang akan berpengaruh pada pemborosan bensin anda. penyebab motor boros seperti ini wajib anda waspadai agar kantong anda tidak jebol sobat.

Sponsors Link

Jika anda selama ini sering membiarkan tangki bensin anda kosong, mulai sekarang berhentilah ya sobat. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Kenali kerusakan yang terjadi pada motor anda terlebih dahulu sebelum mulai mencoba cara yang penulis berikan untuk anda. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply