Sponsors Link

Dampak Gunakan Box Motor Berlebihan

Sponsors Link

Bagi sobat bikers yang ingin mudik ke kampung halaman, mungkin box motor menjadi solusi terbaik untuk menyimpan dan membawa barang-barang sobat. Namun, sobat juga harus tetap memperhatikan kapasitas dari box motor yang sobat gunakan.

ads

Jangan sampai sobat memasukkan semua barang sobat hingga melebihi kapasitas box motor. Apakah sobat tahu hal ini dapat menimbulkan bahaya? Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai dampak gunakan box motor berlebihan.

Perlu sobat ketahui bahwa saat ini banyak sekali pengguna sepeda motor yang memasang box motor pada sepeda motornya terutama bagi mereka yang suka bepergian jauh dengan membawa banyak barang. Dengan adanya box motor maka akan membuat pengendara lebih memiliki tempat atau ruang sebagai tempat menyimpan barang.

Jadi, apabila kapasitas jok telah penuh oleh barang-barang sobat namun, ternyata masih ada barang-barang lain yang belum mendapatkan tempat, maka box motor akan sangat membantu untuk hal ini.

Namun, jika ternyata dengan adanya box motor masih belum cukup, maka sebaiknya sobat mengurangi jumlah barang yang akan di bawa. Jangan sampai sobat menggunakan box motor secara berlebihan sehingga melampaui kapasitas dari box motor. Mengapa demikian? Karena, hal ini sangatlah berbahaya. Berikut adalah dampak gunakan box motor berlebihan, antara lain:

1.Jika melebihi batas muatan, box motor bisa terlepas

Dampak gunakan box motor berlebihan yang pertama, yaitu bahwa dengan memaksakan membawa barang dalam box motor hingga melebihi batas muatan dapat mengakibatkan box motor terlepas dari bracketnya.

Hal ini karena dudukan box terhadap bracket memiliki batas maksimal. Jadi, sobat harus tahu bahwa box motor ini memiliki batas muatan. Sebaiknya sobat hanya membawa barang yang beratnya kira-kira antara 3 kg sampai 5 kg, jika diatas berat maksimal tersebut maka akan berisiko box dapat terlepas. fungsi gearbox pada motor bisa anda pelajari lebih lanjut.

2. Beban berat dapat mengganggu keseimbangan motor

Dampak gunakan box motor berlebihan yang kedua, yaitu bahwa dengan membawa beban yang berat pada box motor dapat mengganggu keseimbangan motor. Hal ini karena letak titik beban yang ada di motor terlalu berada di bagian belakang sehingga mengganggu kestabilan saat sobat melakukan manuver atau tikungan.

Apalagi bila sobat berkendara di jalan yang ramai, hilang kestabilan sedikit saja mungkin bisa menimbulkan malapetaka bagi sobat sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, bawalah barang-barang yang sekiranya bermanfaat bagi sobat. cara atasi sulitnya oper gigi bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Nah, demikianlah beberapa ulasan mengenai dampak gunakan box motor berlebihan yang berhasil saya rangkum dalam artikel yang saya buat pada kesempatan kali ini. Terima kasih, karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel saya ini.

Sponsors Link

Semoga melalui artikel ini saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi sobat dan juga semoga melalui artikel ini juga dapat menambah pengetahuan serta wawasan sobat. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa di kesempatan lain di artikel-artikel selanjutnya. Sekian dan terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply