Sponsors Link

2 Dampak Ganti Oli Shockbreaker Depan dengan Oli Transmisi Mobil

Sponsors Link

Setiap kendaraan bermotor tentunya mempunyai beberapa komponen penting di dalamnya yang berfungsi untuk mendukung kinerja dari  kendaraan tersebut. Begitu pula halnya dengan sepeda motor ya sobat biker,  sepda motor ini juga tentunya memiliki beberapa komponen yang sangat penting yang menunjang kelancaran  performa dari sepeda motor tersebut. Salah satu komponen yang dimaksud adalah shockbreaker. Sobat bikers semua tentunya sudah tidak asing lagi akan komponen yang satu ini ya sobat.

ads

Adapun shockbreaker ini merupakan komponen penting dalam motor anda yang berfungsi untuk meredam kejutan pada saat anda melewati jalanan yang tidak rata, seperti jalanan yang berlobang atau juga jalanan yang ada polisi tidurnya. Dengan adanya shockbreaker yang satu ini maka anda akan terbebas dari kemungkinan terjungkal oleh karena kejutan yang anda rasakan pada saat melewati jalanan yang tidak rata tersebut.

Pada umumnya, shockbreaker ini terdiri dari tabung, yang mana di dalam tabung tersebut terdapat sebuah katup yang berfungsi untuk mengatur aliran oli, yang tentunya sangat berpengaruh terhadap perlambatan gerak ayun sepeda motor anda, oleh karena aliran oli pada tabung katup tersebut mengalami kendala. Oleh karena itulah peranan oli dari tabung shockbreaker tersebut sangat berpengaruh penting terhadap kelancaran atau peranan serta fungsi shockbreaker tersebut terhadap motor anda.

Sebagai seorngg bikers yang sejati, tentuya sobat akan melakukan perawatan yang terbaik dan secara teratur terhadap kendaraan anda, agar performanya bisa maksimal untuk menunjang aktivitas anda setiap harinya. Namun meski demikian, tidak sedikit diantara pengguna sepeda motor tersebut yang sering melakukan kesalahan akan perawatan sepeda motornya.

Sebut saja pada saat menghanti oli shockbreaker motornya, sering ada yang menggunakan oli transmisi mobil sebagai gantinya. Padahal seyogianya hal ini berdampak buruk terhadap kendaraan anda loh soabt bikes.

Berikut ini adalah dampak ganti oli shockbreaker dengan oli transmisi mobil. Yuk sobat, langsung saja kita simak bersama.

1. Membuat Sil Shockbreaker Cepat Jebol

Dampak yang pertama adalah bisa membuat sil komponen shock depan motor atau komponen shock belakang motor anda cepat jebol. Hal ini dikarenakan oleh penggunaan oli transmisi mobil tersebut digunakan tidak pada tempatnya atau bukan untuk peruntukannya.

Sil tersebut lebih cepat jebol karena memang seyogianya oli transmisi mobil tersebut lebih kental dan memiliki kandungan yang lebih keras dari pada oli shockbreaker yang seharusnya, sehingga akan membut sil shockbreaker tersebut akan lebih cepat rusak alias jebol.

2. Membuat Komponen Shockbreaker Berubah Warna

Dampak yang kedua adalah  bisa membuat komponen shockbreaker berubah warna. Perubahan warna ini pada umumnya terjadi pada kompoonen bagian dalam dari shockbreaker tersebut. Komponen ini bisa berubah warna menjadi kehitaman atau kekuningan yang diakibatkan oleh kandungan oli trasnmisi mobil tersebut tidak cocok apabila digunakan untuk oli shockbreaker pada kendaraan anda.

Sponsors Link

Jadi sobat bikers semua, jika selama ini anda sering menggunakan oli transmiis tersebut tidak untuk peruntukannya, sebaiknya anda perhatikan dan pertimbangkan kembali dampak buruknya terhadap kendaaan kesayangan anda. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat. Kenali kerusakan yang terjadi pada motor anda terlebih dahulu sebelum mulai mencoba cara yang penulis berikan untuk anda. Salam hangat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply