Sponsors Link

3 Dampak Buruk Penggunaan Oli Motor Berlebih Paling Lengkap

Sponsors Link

Hallo apa kabar sobat? pada kesempatan kali ini penulis akan membagikan sebuah informasi mengenai dampak buruk penggunaan oli motor berlebih. Baiklah langsung saja,kita simak artikel ini bersama-sama!

ads

Bagi sebagian besar pemilik kendaraan bermotor, pergantian oli adalah hal yang sangat wajib untuk dilakukan. Pergantian ini dapat sobat lakukan sendiri atau dengan memakai jasa pergantian oli di bengkel. Dalam hal ini yang wajib sobat perhatikan adalah jumlah / volume pengisian oli.

Apabila volume pengisian kurang, maka akan mengakibatkan dampak yang buruk bagi mesin. Dan begitu pula sebaliknya apabila volume pengisian berlebih, maka juga akan mengakibatkan dampak yang buruk pula bagi mesin.

Perlu sobat ketahui bahwa setiap mesin memiliki kapasitas oli yang  berbeda-beda. Bahkan mesin yang memiliki kapasitas sama namun berbeda produksi juga dapat memiliki perbedaan kapasitas oli.

Jadi, apabila sobat akan melakukan pengisian oli mesin pada kendaraan sobat maka jangan menuruti kapasitas mesin dari kendaraan manapun yang berbeda dengan kendaraan sobat. Tetapi sobat lihat stik yang telah disediakan pada komponen mesin motor kendaraan sobat.

Namun apakah sobat mengetahuidampak buruk jika sobat melakukan pengisisanatau penggunaan oli berlebihan? Segala sesuatu yang berlebihan tentunya akan menimbulkan dampak yang negatif, termasuk pengisian oli motor berlebih. Berikut penulis telah merangkum informasi mengenai dampak buruk penggunaan oli motor berlebih antara lain sebagai berikut :

1.Terjadi Penurunan Kualitas Oli

Dampak buruk penggunaan oli motor berlebih yang pertama adalah penurunan kualitas oli hal ini dikarenakan oli akan menggenangi poros engkol. Dalam keadaan normal harusnya oli hanya akan menggenangi pompa oli dan tidak sampai menggenangi poros engkol.

Namun karena pengisian oli berlebihan maka menggenangi hampir setengah dari diameter poros engkol. Kita tahu bahwa saat mesin bekerja, poros engkol ini akan bergerak berputar. Dan pada poros engkol ada komponen yang bernama weight balance yang berbentuk seperti bandul yang dipakai untuk menyeimbangkanputaran poros engkol.

Sehingga weight balance tersebut akan berputar mengenai genangan oli. Imbasnya hal ini seperti sendok yang mengocok cairan. Akibatnya ada gelembung udara (busa) yang terbentuk dari proses ini. Udara yang ada pada oli inilah yang membuat daya lumasnya menurun.

Akibatnya oli tidak bisa melumasi komponen mesin dengan baik  dan terjadi gesekan kasar antara komponen mesin. Hal ini tentu dapat menyebabkan keausan komponen lebih cepat.

2. Langkah Piston Menjadi Terhambat

Dampak buruk penggunaan oli motor berlebih yang kedua adalah langkah piston menjadi terhambat hal ini karena poros engkol terendam oleh oli maka itu dapat berperan sebagai hambatan.

Dapat kita bayangkan apabila kita berjalan pada genangan air maka langkah kita akan menjadi berat hal ini juga berlaku pada poros engkol akibatnya piston motor harus bekerja ekstra dari biasanya. Jika hal ini terjadi maka akan ada 2 kemungkinan yaitu RPM mesin menjadi tidak maksimal/mesin menjadi lebih boros.

3. Mengganggu Kopling Basah ( motor )

Dampak buruk penggunaan oli motor berlebihan yang ketiga yaitu dapat mengganggu kinerja kopling basah hal ini karena kopling terendam secara berlebihan maka kopling akan berpotensi slip.

Oli di dalam kopling basah hanya sebagai pembasah permukaan kampas kopling agar tidak mudah tergores namun jika sampai benar-benar tergenang  maka gesekan akan terjadi lebih besar dan imbasnya tenaga mesin kurang dan bensin menjadi lebih boros.

Sponsors Link

Demikianlah beberapa dampak buruk penggunaan oli motor berlebihan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat. Sampaijumpa pada artikel selanjutnya. Kenali kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Sekian dan terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply