Sponsors Link

3 Dampak Buruk Kebiasaan Cuci Motor Saat Mesin Masih Panas yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Masih membahas mengenai otomotif nih sobat, penulis masih setia menemani waktu luang sobat semua tentunya dengan pembahasan mengenai otomotif yang bisa memperluas wawasan serta menamabah informasi anda ya sobat. Adapun materi atau topik pembahaan dalam artikel kali ini adalah mengenai dampak buruk kebiasan mencuci motor saat mesin masih panas. Berikut ini ulasannya untuk anda sobat, Check It Out !

ads

Tidak jarang diantara sobat pengguna motor yang oleh karena alasan buru – buru maka anda melakukan steam atau mencuci motor pada saat kondisi mesinnya masih panas. Padahal nih sobat, kebiasan tersebut tentunya juga akan berdampak buruk bagi komponen mesin motor anda dan tentunya akan mengakibatkan dampak yang fatal nantinya. Berikut ini adalah dampak buruk kebiasaan cuci motor saat mesin masih panas.

1. Merusak Komponen Mesin Motor Anda

Salah satu dampak buruk dan yang paling fatal akibat dampak buruk kebiasaan cuci motor saat mesin masih panas adalah kerusakan pada komponen mesin motor anda. Hal tersebut terjadi karena pipa besi atau logam pada komponen mesIn motor anda adalah sesuatu yang berlawanan apabila dipertemukan dengan air.

Ketika komponen yang terbuat dari besi tersebut langsung kena air pada saat masih kondisi panas, bisa mengakibatkan komponen mesin tersebut menjadi retak meskipun terbuat dari besi sekalipun. Untuk itu sebaiknya pastikan mesIn motor anda dingin terlebih dahulu sebelum melakukan steam atau sebelum mencucinya ya sobat. cara mencuci motor seperti ini tidak dianjurkan karena akan mempercepat kerusakan pada beberapa komponennya.

2. Akan Merusak Pipa Knalpot

Selain merusak komponen besi mesin motor anda, salah satu komponen lainnya yang terjadi akibat dampak kebiasan cuci motor saat meisn panas adalah akan merusak pipa knalpot motor anda. Salah satu kerusakan yang diakibatkan dalam hal ini yang paling gampang kita lihat adalah perubahan warna menjadi kekuningan pada knalpot motor anda. dampak buruk knalpot yang sering terendam air saat masih panas seperti ini memang tidak dihiraukan. Yang menjadi tujuan hanyalah kebersihan semata.

Hal ini disebabkan oleh air dengan komponen besi tersebut adalah dua benda yang berlawanan, setelah menguning biasanya lama – kelamaan akan mengakibatkan knalpot anda terkelupas dan juga berkarat. Setelah terkelupas dan berkarat masalah yang akan timbul berikutnya adalah knlapot anda akan mengalami korosif yang mengakibatkan knalpot anda akan rusak secara permanen. Sebelum hal itu terjadi, maka anda wajib mencoba cara menghilangkan karat pada rangka motor yang baik dan benar sebagai penanganan lebih lanjut.

3. Komponen Area Sekitar Mesin Akan Timbul Noda 

Hal lainnya yang ditimbulkan oleh dampak buruk kebiasan cuci motor saat mesin masih panas adalah munculnya noda pada sekitar komponen mesin anda. Adapun penyebab terjadinya noda tersebut adalah disebabkan oleh kandungan deterjen pada sabun yang digunakan ketika mencuci atau melakukan steam motor anda pada saat mengering akan melekat ke bidang komponen yang panas dalam motor anda, salah satunya adalah pada bagian komponen mesin anda.

Dalam jangka panjang, noda karatpun tidak bisa dihindari. Nah untuk mencegahnya, maka anda bisa menggunakan cara menghilangkan karat pada motor dengan bahan – bahan yang cenderung alami tanpa adanya efek samping yang mungkin akan merusak komponen motor anda.

Sponsors Link

Apabila hal ini terus menrus berlangsung tidak akan menutup kemungkinan komponen mesin anda akan karatan dan bahkan bisa menjadi korosif. Nah untuk itu hentikan kebiasaan mencuci motor pada saat mesin masih panas ya sobat.

ke sobat semua, sekian informasi mengenai dampak buruk kebiasaan cuci motor saat mesin masih panas. Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat semua yang sudah membacanya. Sampai jumpa di lain kesempatan dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca. Salam otomotif.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply