Sponsors Link

3 Dampak Buruk Kampas Rem Depan Aus dan Tidak Kunjung Diganti

Sponsors Link

Rem beserta komponen rem adaah sebuah piranti yang memiliki peran penting penting dan tergolong cukup vital dalam kendaraan anda. Setuju ya sobat. Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, rem ini berfungsi untuk memperkecil laju kendaraan pada saat berjalan, bahkan yang lebih penting dari itu rem ini juga berfungsi pada saat kendaraan akan berhenti pada saat yang diinginkan. Kompone satu ini memang tidak kalah penting seperti halnya komponen mesin motor atau pun komponen body motor.

ads

Dan pada prinsipnya sistem rem ini mengubah energi gerak menjadi energi panas melalui gaya gesek yang diperoleh dari dari komponen rem itu sendiri yakni kampas rem dan piringan rem. Oleh karena hal tersebutlah komponen ini sangatlah penting peranannya selain untuk menjaga perfoma kendaraan juga untuk menjaga keselamatan penumpang atau pengemudinya.

Karena fugsinya yang cukup penting tersebut sobat, kita sebagai pemilik kendaraan harus peka dan harus terus melakukan perawatan secara rutin terhadap komponen – komponen rem tersebut secara khusus. Salah satu komponen yang sering luput dari perhatian kita adalah kampas rem cakram motor tersebut.

Kampas rem ada dua ya sobat, yakni kampas rem depan dan kampas rem belakang. Yang akan kita bahas dalam artikel kali ini adalah mengenai kampas rem depan. Sering kali perawatan kampas rem depan ini kita abaikan yang seyogianya memberikan dampak buruk bagi anda.

Adapun dampak buruk kampas depan aus dan tak kunjung diganti antara lain adalah sebagai berikut :

1. Akan Berakibat Pada Teromol Menjadi Aus

Dampak buruk kampas depan aus yang pertama adalah berakibat pada teromol kendaraan anda yang akan menjadi aus. Pada mekanisme rem teromol, apabila kampas depanya sudah aus namun tidak kunjung diganti namun terus dipaksakan dengan cara menyetel bautnya terlalu dalam, maka yang terjadi adalah per yang ada di dalam bisa patah yang nantinya akan mengakibatkan teromol akan aus. Jika teromol sudah aus, nah sobat berarti anda harus melakukan perbaikan secara keseluruhan terhadap rem kendaraan anda karena sebelumnya anda terlalu memaksakan kampas rem depan tersebut hingga aus.

2. Merusak Pinggiran Cakram

Dampak buruk kampas depan aus yang kedua adalah akan merusak pinggiran cakram apda kendaraan anda. Hal ini sudah pasti terjadi ya sobat, karena segala sesuatu yang dipaksakan hasilnya tidaklah akan baik. Begitupun dengan kampas rem depan yang sudah aus bial anda terus paksakan akan berdampak buruk yang mengakibatkan rusaknya piringan cakram karena terkikis habis. Kampas rem yang habis apabila terus dipaksakan akan merusak  cakramnya karena bes ketemu besi sehingga lama kelamaan akan membuat rem tersebut aus.

3. Membahayakan Keselamatan Pengendara

Dampak buruk kampas depan aus yang ketiga adalah dapat membahayakan pengendara dan orang yang ada disekitar pengendara tersebut. Seperti yang sudah penulis utarakan di atas, bahwasanya rem dan komponen rem hidrolik adalah salah satu piranti yang sangat penting bagi keselamatan pengendara, nah apabila kampas depan motor anda sudah aus dan tak kunjung diganti itu artinya anda mempertaruhkan nyawa anda ya sobat.

Sponsors Link

Sekian informasi yang bisa penulis sajikan buat anda pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply