Sponsors Link

4 Cara Servis Speedometer Motor yang Wajib Anda Coba

Sponsors Link

Speedometer, benda yang satu ini merupakan salah satu komponen penting yang harus ada dalam setiap kendaraan. Baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Speedometer merupakan salah satu alat yang memiliki fungsi utama yaitu untuk mengukur kecepatan atau laju kendaraan.

ads

Selain itu pada speeedometer juga memiliki indikator lain seperti level bahan bakar, juga posisi gigi dan juga jumlah kilometer jarak tempuh. Namun pada dasarnya fungsi utamanya adalah untuk menunjukkan kecepatan sepeda motor saat melaju di jalan. Lalu bagaimana bila speedometer mati ?

Sama halnya dengan komponen yang ada pada setiap motor yang lainnya seperti penyebab tarikan  motor, speedometer juga tak jarang luput dari kerusakan. Beberapa orang biasanya menyepelekan hal tersebut. Bila speedometer mati maka akan dibiarkan saja. Tetapi bila anda mengetahui cara memperbaikinya yang cukup mudah, mungkin anda ingin memperbaikinya sendiri tanpa harus datang ke bengkel.

Kerusakan biasanya terjadi karena faktor pemakaian yang tidak dirawat dan tidak dilakukan pengecekan berkala atau faktor “life time” atau faktor usia ataupun faktor yang lainnya. Berikut ini ada beberapa langkah untuk memperbaiki speedometer dan juga menganalisa penyebab speedometer mati.

Speedometer motor yang mati biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya seperti kabel speedometer yang lepas, putus, atau gear penghubung kabel sudah macet. Beberapa kemungkinan speedometer mati dan cara memperbaikinya :

1. Gigi Adaptor Pada Speedometer Aus

Bila masalah speedometer mati akibat hal ini, maka perlu mengganti gigi adaptor. Tetapi perlu diperhatikan juga, bisa jadi gigi tidak aus atau hanya kotor akibat kerak oli sehingga coba bersihkan dahulu jika memang gigi – gigi nya masih bagus, coba pasang kembali. Gigi adaptor harus sering dibersihkan agar tidak ada sisa – sisa dari oli.

2. Landasan Velg Rusak

Salah satu penyebab gigi macet adalah landasan tromol atau velg sudah rusak sehingga membuat perputaran gigi terhambat atau malah macet. Untuk mengatasi masalah ini harus mengganti velg dengan yang baru. Penggantian perlu ketelitian dan perhatian khusus ya sobat agar awet.

3. Kabel Speedometer Putus

Jika speedometer dibuka ternyata kabel ditarik dan putus di bagian tengahnya, berarti memang ini penyebab speedometer mati sehingga perlu kabel speedometer yang baru. Gunakan kabel speedometer yang berkualitas baik dan terstandarisasi agar anda tidak perlu berkali – kali memikirkan budget untuk perbaikan kembali.

4. Soket Speedometer Putus

Menyebabkan putaran dari kabel speedometer tidak terbaca oleh speedometer dan menyebabkan jarum speedometer tidak mau bergerak. Hal ini biasanya terjadi pada motor matic dan beberapa motor yang menggunakan digital. Ada baiknya coba tes menggunakan multitester untuk memastikan kabel masih terhubung dengan baik. Jika tidak, perlu ganti kabel dan soket untuk eletikal speedometer.

Untuk mengatasi kerusakan pada speedometer kendaraan anda, sebaiknya anda memperhatikan hal – hal berikut ini agar speedometer lebih awet, antara lain :

  • Gunakanlah selalu part original, bukan KW ataupun bonus yang sering diberikan kepada pelanggan yang sering membeli part tertentu dalam jumlah banyak di toko otomotif.
  • Pada saat memasang kabel speedometer, pastikan memberikan pemulas bersih pada bagian dalam kawatnya, dan gunakan pelumas khusus untuk kawat, bukan pelumas yang berasal dari oli mesin.
  • Jangan gunakan part kompetible (part speedometer untuk jenis motor yang berbeda, walaupun part tersebut cocok dengan part speedometer motor anda) karena lama kelamaan hal ini akan berpengaruh pada kinerja speedometer tersebut.
  • Apabila banyak gigi – gigi atau gear speedometer yang patah atau aus maka segeralah diganti dengan yang baru, hal ini bertujuan agar kabel speedometer dapat diputar dengan sempurna, sehingga putaran tersebut bisa disalurkan kebagian jarum speedometer.
  • Berikan pelumas pada bagian gear atau gir speedometer yang berada pada bagian tromol roda depan.
Sponsors Link

Demikian mengenai cara servis speedometer motor, semoga bagi anda yang mengalami kerusakan pada speedometer, bisa kembali menunjukkan kecepatan sesuai dengan sistem kerja speedometer. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply