Sponsors Link

4 Cara Paling Tepat Untuk Membuat Jok Motor Tidak Licin Paling Lengkap

Sponsors Link

Cara paling tepat untuk membuat jok motor tidak licin sangatlah mudah sobat. Jok motor seolah seperti singgasana bagi setiap biker yang menungganginya. Oleh karena itu, kewajiban biker untuk menjaga kenyamanan dan kebersihan jok, agar tetap enak dilihat dan diduduki. Jok motor yang licin akan mengakibatkan biker tidak merasa nyaman jika menungganginya dan akan merasa terganggu dengan keadaan tersebut.

ads

Melakukan perawatan kulit jok motor sebenarnya tidak sulit. Cukup dengan melakukan sedikit perlakuan khusus ketika beraktivitas dan melakukan perawatan tambahan jika ada waktu luang. Perawatan memang perlu, karena semakin lama digunakan akan ada bagian yang terkikis, belum lagi karena faktor lingkungan dan cuaca.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada solusi mudah yang bisa dicoba yaitu dengan melakukan langkah – langkah dibawah ini :

  • Cukup dengan mengandalkan sedikit tetesan minyak goreng pada lap.
  • Lalu gosokan ke permukaan kulit jok.
  • Setelah itu diamkan beberapa saat.
  • Kemudian dikeringkan lagi dengan lap bersih.

Langkah tersebut akan menghasilkan kulit jok menjadi lebih lembab. Jika langkah tersebut sering dilakukan maka bisa membuat lapisan kembali hitam. Tidak perlu pakai pelembab atau cairan khusus, karena banyak mengandung bahan kimia yang lama – lama bisa membuat lapisan justru habis, selain itu pasti tidak nyaman karena licin.

Selain mengandalkan minyak goreng, juga disarankan agar tidak memarkirkan motor di tempat terbuka yang terkena sinar matahari. Hal tersebut juga akan mengakibatkan kualitas jok motor menurun. Adapun cara lain yang bisa dilakukan agar jok motor tidak licin antara lain sebagai berikut :

1. Ganti Sarung Jok

Gantilah sarung jok motor dengan bahan yang lebih “keset” dan pada saat memilih sarung jok motor tersebut usahakan memilih sarung jok yang mempunyai ulir, hal ini bertujuan pada saat turun hujan maka aliran air pada sarung jok tersebut bisa kebawa dari aliran ulir sarung jok tersebut.

2. Tambah Busa

Tambahkan busa yang secukupnya pada jok motor agar jok tersebut tidak akan licin lagi pada saat digunakan. Karena pada banyak kasus yang terjadi, jok yang licin tersebut disebabkan oleh sedikitnya busa yang ada pada jok motor, sehingga pengendaranya mudah terperosot apalagi pada saat melakukan pengereman.

3. Cuci Sarung Jok Secara Rutin

Yang perlu diperhatikan pada saat mencuci jok motor adalah jangan menggunakan sabun pencuci dengan sembarangan. Gunakanlah jenis sabun yang bisa membuat “keset” setelah itu lap sampai kering. Selain itu ada hal yang perlu diperhatikan kembali, yakni jangan asal mengoles “lotion” pada sarung jok motor karena hal ini bisa berpotensi membuat sarung jok motor tersebut menjadi licin. Namun gunakanlah “lotion” yang pas dengan sarung jok motor agar tidak membuat sarung tersebut menjadi licin.

Sponsors Link

Jok motor yang licin akan membuat pengendara merasa tidak nyaman ketika menggunakannya. Maka dari itu, pengendara harus memperhatikan langkah – langkah diatas agar nyaman pada saat berkendara. Itulah beberapa cara paling tepat untuk membuat jok motor tidak licin. Sampai jumpa di lain kesempatan dan terima kasih. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply