Sponsors Link

3 Cara Menggunakan Rem Depan Motor yang Benar Agar Tidak Tergelincir

Sponsors Link

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, rem merupakan komponen penting yang juga memiliki fungsi penting serta tergolong vital pada semua kendaraan. Secara umum, rem merupakan suatu sistem yang bekerja untuk memperlambat atau menghentikan putarann kendaraan anda.

ads

Adapun prinsip kerja dari sistem rem ini adalah mengubha tenaga kinetic menjadi panas dengan cara menggesekkan dua buah logam pada benda yang berputar sehingga putarannya akan melambat, dengan demikian laju kendaraan anda akan melambat atau berhenti sama sekali karena sistem kinetik tersebut.

Sistem rem ini merupakan sistem yang sangat penting dalam keamanan anda pada saat berkendara, karena tidak berfungsnya rem kendaraan secara maksimal akan menimbulakn bahaya yang bisa mnegancam nyawa pengemudi serta orang lain disekitarnya. Berikut ini adalah beberapa tugas atau fungsi rem pada kendaraan anda, antara lain:

  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk memperlambat kecepatan atau menghentikan sama sekali roda kendaraan anda.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk mengatur kecepatan selama berkendara
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk  menahan bobot kendaraan anda saat parkir dan berhenti pada jalan yang menurun atau menanjak.

Nah sobat semua, alangkah pentingnya bukan komponen yang satu ini. Untuk itu anda harus melakukan pengecekan dan perawatan terhadap rem kendaraan tersebut. Nah sobat semua, seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwasanya rem terdapat dua jenis pada kendaraan anda, yakni rem depan motor dan rem belakang motor anda.

Namun yang akan menjadi pembahasan kita pada postingan kali ini adalah bagian rem depan saja ya sobat. Jika anda adalah seorang pengendara motor yang sejati, tentunya anda tau ya sobat apa kelemahan dan juga kelebihan dari rem depan ini pada saat anda gunakan.

Salah satu kelemahan dari rem depan adalah pengendaranya mudah tergelincir. Namun untuk mengatasinya silahkan simak ulsan berikut in sobat, karena penulis akan menjelaskan beberapa cara menggunakan rem depan motor yang benar agar tidak tergelincir. Berikut ulasannya untuk anda.

  • Jangan menekan tuas rem depan  terlalu kencang atau keras dalam kondisi yang mendadak dan pada saat laju kendaraan anda sedang tinggi. Hal ini nantinya akan membuat anda lepas kendai sehingga menyebabkan motor anda menjadi tergelincir.
  • Apabila ingin mengurangi laju kendaraan maka sebaiknya perhatikan jarak anda, karena semakin pendek jarak pengeraman maka akan semakin beresiko untuk membuat kendaraan anda menjadi tergelincir. Untuk itu sebaiknya perhatikan kembali jarak pengereman yang anda inginkan ya sobat.
  • Pada saat ingin melakukan pengereman, maka sebaiknya lepaskan gas secara perlahan, jangan langsung ya sobat. Setelah itu, lakukan pnegereman secara perlahan pula dengan cara meremas tuas rem tersebut secaraa perlahan, maka anda tidak akan tergelincir pada saat menggunakan rem depan tersebut.
Sponsors Link

Oke sobat semua yang terkasih, demikianlah ulasan mengenai cara menggunakan rem depan motor yang benar agar tidak tergelincir. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply