Sponsors Link

3 Cara Menggunakan Rem Belakang Motor yang Benar Agar Ban Tidak Cepat Gundul

Sponsors Link

Hello sobat bikers semua, semoga sobat semua selalu dalam keadaan baik – baik saja ya sobat dan tentunya tetap semangat selalu  untuk melaksanakan berbagai aktivitas anda. Nah sobat semua, tidak jauh berbeda dari artikel yang sebelumnya kita bahas tentang otomotif, nah pada postingan kali ini pun kita masih akan membahas mengenai otomotif dan juga komponen otomotif itu sendiri, khususnya mengenai sepeda motor atau kendaraan roda dua yang memiliki jam terbang cukup tinggi dalam menunjang aktivitas kita sehari –  hari ya sobat.

ads

Seperti yang sudah penulis jelaskan pada artikel yang sebelumnya, bahwasanya motor memiliki dua jenis rem, yakni rem depan dan rem belakang. Kedua jenis rem ini tentunya memiliki fungsi yang cukup vital untuk menjaga keamanan berkendara anda, baik untuk anda maupun orang yang berada disekitar anda.

Oleh karena itulah komponen yang satu ini mutlak untuk anda lakukan perawatan dan pengecekan secara rutin ya sobat agat tidak terjadi kendala yang bisa mengganggu performa kendaraan anda. Berbicara mengenani rem, tentunya anda sebagai pemilik kendaraan tidak boleh asal atau sembarangan dalam penggunaanya.

Karena penggunaan rem ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap komponen motor anda yang lainnya, sebut saja ban. Nah sobat, bagi anda pecinta otomotif berikut ini penulis akan menjelaskan buat anda tentang cara menggunakan rem belakang motor yang benar agar ban tidak cepat gundul. Yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

  • Pada saat anda ingin melakukan pengereman, maka sebainya sesuaikan dengan keseimbangan pengereman tersebut. Maksudnya keseimbangan pengereman adalah dengan cara menekan tuas rem secara perlahan, apalagi pada saat kondisi laju motor anda sedang pada ketinggian. Nah pada kondisi seperti ini usahakan menekan rem secara perlahan agar ban motor anda tidak cepat gundul.
  • Pada saat ingin melakukan pengereman, maka usahakan mengerem hingga roda terkunci. Maksudnya roda terkunci adalah mengerem sembari memidahlan persnelling dan pengerekam tersebut dilakukan hanya menggunakan satu atau dua jari saja. Hal ini bertujuan agar rem lebih pakem dan juga tentunya agar ban belakang motor anda tidak cepat gundul.
  • Pada saat ingin melakukan pengereman, pastikan anda tidak melakukannya berkali-  kali atau bahasa lainnya “  ndut –  ndut an” . Nah sobat pengereman tipe seperti ini kan membuat ban belakang motor anda akan cepat gundul, karena pengereman yang seperti ini akan menekan ban anda berkali –  kali ke jalanan sehingga membuat ban anda akan cepat gundul juga tentunya.

Pada umumnya terdapat dua jenis sistem pengereman sobat, antara lain :

  • Pengereman drum, yakni pengereman yang bekerja atas dasar gesekan antara sepatu rem dengan drum yang ikut berputar dengan putaran roda kendaraan.
  • Pengereman cakram, yakni pengereman dengan menjepit cakram yang dipasangkan pada roda kendaraan.
Sponsors Link

Demikian ulasan yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pada postingan kali ini. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply