Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Getaran yang Muncul Pada Stang

Sponsors Link

Stang atau kemudi motor memiliki peranan penting pada sebuah kendaraan roda dua. Untuk menjaga agar stang selalu stabil tentunya harus dirawat dengan baik namun jika sobat pernah mengalami jatuh dari motor pastinya stang menjadi tidak lagi stabil. Namun yang sering pengguna kendaraan roda dua keluhkan adalah stang terasa goyang atau bergetar ketika di kendarai padahal tidak mengalami jatuh atau tabrakan.

ads

Berikut beberapa tips atau cara mengatasi getaran yang muncul pada stang.

1. Memperbaiki Laher

Yang pertama adalah dengan melihat kondisi laher pada motor anda. Perlu anda tahu bahwa salah satu penyebab dari stang motor anda yang bergoyang adalah karena laher yang sudah oblak atau sudah mulai goyang. Adapun untuk cara mengatasinya tentunya tidak terlalu sulit karena anda hanya perlu untuk memperbaiki laher dan kemudian memberikan gemuk.

Atau untuk cara yang lebih praktis dan juga jika kondisi laher motor anda sudah parah, maka anda hanya perlu menggantinya dengan laher yang baru yang nantinya anda juga harus memberikan gemuk agar supaya hasilnya juga bisa lebih maksimal.

2. Memperbaiki Piringan Cakram

Adapun cara yang harus anda lakukan untuk mengetahui apakah piringan cakram motor matic anda bengkok atau tidak adalah dengan melepaskannya kemudian anda cukup meletakkan piringan tersebut di atas kaca, jika anda menemukan bahwa piringan cakram tersebut bergoyang, maka tentunya cakram motor anda mengalami masalah.

Maka pada kasus ini yang harus anda lakukan adalah dengan mengganti piringan cakram tersebut dengan yang baru. Kami sarankan agar anda membeli piringan cakram yang memiliki merk terkenal karena hal ini berguna untuk menjaga kualitasnya meskipun mungkin anda harus merogoh kocek yang sedikit lebih mahal.

3. Memperbaiki Velg

Kondisi ini tidak bisa anda remehkan begitu saja karena bisa membahayakan anda ketika anda berkendara dalam perjalanan jauh karena bisa beresiko membuat anda jatuh dari motor. Maka dari itu, anda bisa melakukan pengecekan terhadap kendaraan  anda dengan memutar bannya.

Jika misalnya anda melihat bahwa ban tersebut bergoyang atau tidak seimbang maka besar kemungkinan bahwa velg tersebut kondisinya kurang bagus. Maka anda bisa menyetel velg tersebut sehingga nantinya tidak membuat stang bergoyang lagi.

4. Memperbaiki Komstir

Kondisi komstir yang sudah mulai bermasalah adalah ketika misalnya komponen stang motor anda bergoyang dan juga terasa berat ketika anda berbelok. Kondisi ini jika dibiarkan maka akan menyebabkan stang anda semakin bergetar yang tentunya membuat anda merasa tidak nyaman ketika mengendarai motor matic anda. Maka dari itu, anda bisa melakukan perbaikan komstir dengan cara mengencangkan komstir tersebut.

5. Memperbaki Shockbreaker Depan

Tips yang terakhir adalah dengan memperbaiki kondisi komponen shock depan motor. Mungkin anda sudah tahu bahwa salah satu penyebab shockbreaker mengalami masalah adalah karena kondisi jalan yang tidak bagus. Anda bisa melakukan pengecekan dengan mengamati jika misalnya shockbreaker anda mengeluarkan oli, maka hal ini bisa menjadi indikasi bahwa shockbreaker anda sudah dalam kondisi yang tidak bagus.

Yang harus anda lakukan adalah dengan mengganti sealnya. Untuk kondisi yang lebih parah, maka langkah yang harus anda lakukan adalah dengan mengganti shockbreaker tersebut dan jangan lupa anda harus mengganti olinya juga dengan takaran yang sama antara bagian kiri dan kanan. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply