Sponsors Link

6 Cara Membuat Motor Kencang Dengan Mesin Standar Yang Aman

Sponsors Link

Sepeda motor yang merupakan salah satu jenis kendaraan paling diminati di Indonesia karena kelebihan serta keunggulan motor honda dan merk lainnya tersebut kerapkali menjadi ruang modifikasi bagi mereka yang memang memiliki minat terhadap dunia otomotif khususnya sepeda motor. Sebagai jenis kendaraan yang paling banyak beredar di Indonesia tersebut, sepeda motor termasuk yang paling mudah dimodifikasi dengan nilai modal untuk mengubah beberapa settingan sesuai dengan bentuk dan kondisi yang tentunya diharapkan dan diinginkan pada sebuah sepeda motor.

Bentuk modifikasi pada sepeda motor dapat terjadi pada bagian bagian luar atau bodi yang menjadiikan sepeda motor memiliki tampilan unik dan berbeda dari lainnya serta modifikasi pada bagian dalam dapur pacunya atau mesin sepeda motor tertentu demi menjadikan sepeda motor memiliki performa yang lebih baik dari kondisi standartnya. Menjadikan motor memiliki kecepatan yang lebih baik dan kencang merupakan harapan pada beberapa proses dan cara modifikasi motor yang aman maupun yang sangat ekstrim.

Untuk dapat menjadikan modifikasi terhadap kecepatan yang dihasilkan oleh sepeda motor tersebut, perubahan mesin baik yang sederhana maupun yang sangat ekstrim terkadang dilakukan namun tentunya dapat menjadikan mesin akan mengalami perombakan yang besar dan beresiko tinggi. Agar motor tetap dalam kondisi yang baik dan tidak memiliki resiko tinggi kerusakan akibat modifikasi mesin, berikut beberapa cara membuat motor kencang dengan mesin standar yang perlu diperhatikan dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Lakukan perawatan yang konsisten pada motor

Meskipun tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap kecepatan dari sepeda motor, perawatan yang konsisten dan benar pada mesin dari sepeda motor akan menjadikanya selalu memiliki performa yang baik terutama untuk perawatan motor tua. Dengan performa yang baik dan dapur pacu yang sehat tersebut maka sepeda motor dapat ditekan terus kecepatannya agar lebih kencang dari keadaan sebelumnya. Perawatan yang baik dan konsisten pada sepeda motor juga akan membantu menghindarkan kendaraan tersebut dari berbagai macam macam kerusakan pada sepeda motor. Beberapa bentuk perawatan rutin pada sepeda motor tersebut diantaranya seperti membersihkan komponen dalam mesin motor, melakukan pemeriksaan dan servis ringan, serta mengganti oli mesin ketikam memang dibutuhkan dan sudah waktunya.

  1. Gunakan settingan yang pas

Untuk dapat menjadikan sepeda motor memiliki performa mesin yang baik ditunjukan dengan kecepatannya yang dapat kencang maka hal yang harus dilakukan oleh pemilik motor secara sederhana tanpa harus memodifikasi seluruh atau sebagian dari mesin adalah dengan menyeting beberapa hal terkait kecepatan mesin secara benar. Settingan yang kerap kali penting untuk dapat menjadikan sepeda motor memiliki kecepatan yang kecang diantaranya seperti settingan gas pada motor, settingan tekanan udara pada roda, hingga setinggan seberapa tegangnya rantai dari sepeda motor tersebut.

  1. Menjadikan motor lebih ringan

Untuk dapat menjadikan motor kencang namun dengan mesin yang sandar maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan mengurangi beban dari motor tersebut. Dengan beban yang lebih ringan maka sepeda motor tentu akan melaju lebih kencang. Untuk mendapatkan motor yang lebih ringan maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan seperti menggunakan velg yang lebih ringan dan roda yang lebih kecil, menghilangkan beberapa bagian dari bodi motor yang tidak terlalu berguna, hingga mengganti jok motor lebih tipis demi beban ringan yang diinginkan dan sebagai salah satu tips dan cara membuat motor lebih cepat.

  1. Perhatikan suspensi sepeda motor

Suspensi menurut wikipedia adalah kumpulan beberapa komponen tertentu yang memiliki fungsi untuk meredam kejutan, getaran yang terjadi pada sepeda motor akibat permukaan jalan yang tidak rata sehingga dapat meningkatkan kenyamanan berkendara dan pengendalian kendaraan yang lebih baik. Suspensi ternyata menjadi hal yang juga dapat membantu motor dengan mesin standar lebih cepat. Pengaturan suspensi yang baik harus dilakukan untuk menjadi salah satu cara membuat motor kencang dengan mesin standar.

  1. Modifikasi pada karburator

Motor dengan sistem yang masih menggunakan karburator tentu akan lebih mudah diatur dan dimodifikasi demi mendapatkan kondisi kecepatan yang lebih baik. Modifikasi komponen karburator motor dilakukan dengan cara mengganti sprayer di dalam karburator dengan yang lebih besar. Kondisi tersebut akan dapat menjadikan performa dari ruang bakar sepeda motor menjadi lebih optimal. Dengan ruang pembakaran yang optimal maka tenaga yang dihasilkan oleh sepeda motor tentu juga akan lebih besar lagi. Dalam pengantian sprayer menjadi lebih besar tersebut juga harus diperharikan kesesuaiannya dengan sepeda motor karena adanya resiko motor yang malah akan menjadi tersendat sendat bukan kencang.

  1. Gunakan bahan bakar yang lebih baik

Setiap sepeda motor tentu memiliki saran penggunaan bahan bakar yang baik untuk spesifikasi yang dimiliki oleh sepeda motor tersebut. Salah satu cara yang dapat diperhatikan untuk dapat  menjadikan sepeda motor memiliki kondisi kecepatan yang lebih kencang meskipun tidak mengubah pengaturan pada mesin. Bahan bakar yang lebih baik tentu akan menjadikan pembakaran berlangung lebih sempurna sehingga tenaga yang dihasilkan oleh sepeda motor tersebut tentu akan menjadi lebih besar.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara membuat motor kencang dengan mesin standar yang perlu diperhatikan dengan baik dan benar sebagai salah satu upaya modifikasi sederhana pada sepeda motor. Cara cara yang disebutkan diatas dapat digunakan untuk memodifikasi kecepatan sepeda motor menjadi lebih kencang dari kondisi standarnya tanpa harus melakukan perubahan terhadap mesin. Secara kesimpulan, beberapa kondisi yang dapat dilakukan untuk menjadikan sepeda motor standar lebih kencang diantaranya seperti membuat motor lebih ringan, modifikasi karburator, mengganti ban, meyetting motor, hingga melakukan perawatan rutin pada sepeda motor.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply