Sponsors Link

Cara Melepaskan Ban Motor yang Benar Paling Lengkap

Sponsors Link

Salah satu komponen yang penting dan tergolong memiliki peranan yang vital dalam sebuah kendaraan bermotor baik itu mobil maupun motor anda ban. Setuju ya sobat. Oleh karena tergolong komponen yang penting, maka kita sebagai pengguna kendaraan tersebut sudah seyogianya mengerti akan perawatan dari ban yang satu ini, karena jika komponen yang satu ini bermasalah, tentunya akan bermasalah secara keseluruhan terhadap kendaraan anda nantinya.

ads

Untuk itu sobat, sebaiknya lakukan perawatan dan pengecekan secara rutin terhadap ban motor anda ya sobat. Adapun beberapa fungsi dari ban motor tersebut, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk menahan beban kendaraan anda.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk peredam.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk penerus tenaga dari komponen mesin motor.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk menentukan kontrol kemudi.

Nah sobat, karena tergolong kedalam suatu perangkat yang penting, ada baiknya sobat semua mengerti bagimana cara melepaskan ban motor yang benar, untuk mengantisipasi kemungkian beberapa masalah nantinya pada ban kendaraan tersebut.
Berikut ini adalah cara melepaskan ban motor yang benar yang bisa anda jadikan refrensi. Cekidot!

1. Peralatan Yang Dibutuhkan

Adapun peralatan yang dibutuhkan untuk melepas ban motor yang benar antara lain adalah sebagai berikut :

  • Kunci ring ukuran 12, 14, 17, 29 dan 22
  • Sendok ban untuk melepaskan ban dari roda
  • Kunci pentil untuk membuka pentil ban
  • Tang

2. Cara Melepas

Adapun cara melepas ban tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Posisikan sepeda motor anda bertumpu pada standar tengah supaya proses pengerjaan pelepasan ban akan lebih mudah dilakukan.
  • Gunakan kunci ring yang sesuai untuk membuka mur dan baut as pada roda bagian depan. Kemudian tarik roda serong kearah bawah untuk melepaskannya.
  • Buka pentil ba untuk mengeluarkan tekanan angin di dalam ban sampai kempes. Dengan demikain proses pencongkelan ban tersebut, bisa lebih gampang dikerjakan.
  • Lepaskan ban luar dengan cara mencungkilnya dengan menggunakan sendok ban. Kemudian tarik ban luar tersebut secara perlahan sehingga terlepas semuanya.
  • Setelah ban tersebut sudah terlepas, kini saatnya anda melepaskan ban tersebut dari vleg nya. Pada saat proses ini juga anda harus berhati – hati ya sobat, agar vleg motor anda tidak rusak atau terluka. Berikan alas pada vleg tersebut berupa kain atau karet ban agar komponen vleg motor tersebut tidak lecet.

Nah sobat semua, itulah cara untuk melepaskan ban motor yang benar, semoga bisa menajdi refrensi untuk anda ya sobat.
Penggantian ban ini harus anda perhatikan dengan baik ya sobat, terlebih pada ban motor anda yang sudha gundul, anda harus was – was akan hal ini karena rentan akan kebocoran, jadi harus diperhatikan dengan seksama.

Sponsors Link

Demikianlah ulasan yang bisa penulis sajikan buat anda pada postingan kali ini mengenai cara melepas ban yang benar. Semoga ulasan di atas bisa menjadi refrensi buat anda pada saat melepaskan ban motor kesayangan anda. Semoga bisa membawa banyak manfaat bagi anda semua. Sampai jumpa di lain kesempatan. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply