Sponsors Link

Cara Kerja Teknologi VVA di Motor Yamaha

Sponsors Link

Bagi sobat yang gemar atau menyukai sepeda motor dengan jenis Yamaha, pastinya sudah tahu mengenai adanya teknologi terbaru yang dikeluarkan Yamaha. Teknologi tersebut adalahVVA atau dalam bahasa inggris adalah VariableValveActuation. Namun, perlu sobat ketahui bahwa dalam kenyataannya banyak pengguna motor Yamaha yang telah dilengkapi dengan teknologi VVA ini masih bingung mengenai cara kerja dari teknologi ini. Padahal hal ini sangat penting sekali bagi sobat bikers agar dapat berkendara dengan aman dan nyaman. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai cara kerja teknologi VVA di motor Yamaha.

ads

Saat ini teknologi VVA (variablevalveactuation) sering kita jumpai pada motor-motor yamaha.Sebut saja pada motor Yamaha Nmax dan Yamaha Aerox 155 yang telah dilengkapi teknologi terbaru ini. Sebenarnya VVA dan SMG(smart motor generator) adalah teknologi andalan motor terbaru yamaha.

Teknologi ini memiliki prinsip kerja seperti VTEC di mobil honda dan VVT-i (variablevalvetimingwithintelligence) di mobil toyota.Jadi, apakah sobat sudah sedikit paham mengenai cara kerja teknologi VVA pada motor Yamaha ? jika masih belum, saya akan menjelaskansecara lebih rinci dan detail lagi dalam artikel ini.

Sebelumya, perlu sobat ketahui bahwa teknologi VVA ini sangatlah cerdas dan cocok untuk meningkatkan performa mesin namun tetap efisien dan ramah lingkungan. Selain itu, VVA adalah sistem yang mengatur kerja klep (valve). Fungsinya yaitu untuk mengatur bukaan valveyang bertujuan untuk menyesuaikan suplai BBM ke dalam ruang bakar. Baiklah langsung saja berikut adalah informasi mengenai cara kerja teknologi VVA di motor yamaha, yaitu :

1. Saat Pelan, Valve Akan Terbuka Kecil

Cara kerja teknologi VVA di motor yamahayang pertama adalah bahwa di saat sobat mengendarai motor yamaha sobat dalam kecepatan yang sedang atau pelan maka valve (klep) hisap akan terbuka sedikit. Hal ini bertujuan agar suplai BBM yang masuk ke ruang bakar sedikit, sehingga terjadi pembakaran secara sempurna pada motor yamaha sobat.

Selain itu, performa atau tenaga yang dihasilkan pun akan lebih maksimal. Karena pembakaran yang sempurna akan terjadi bila campuran bahan bakar dan udara dalam takaran yang ideal. Setelah proses pembakaran maka klep buang akan otomatis terbuka untuk membuang sisa-sisa pembakaran.

2. Saat Kecepatan Tinggi Valve Akan Terbuka Besar

Cara kerja teknologi VVA di motor yamahayang kedua adalah bahwa di saat sobat mengendarai motor yamaha sobat dalam kecepatan yang tinggi maka valve (klep) hisap akan terbuka lebar sehingga bahan bakar yang masuk keruang bakar lebih banyak. trik aman atasi ban motor pecah pada kecepatan tinggi juga bisa diperhatikan.

Hal ini karena fungsi utama VVA adalah untuk menyesuaikan suplai BBM ke ruang bakar agar terjadi pembakaran yang sempurna untuk meningkatkan performa mesin motor sobat. Setelah melewati proses pembakaran, maka sisa hasil pembakaran akan dibuang melalui klep buang yang juga terbuka cukup lebar agar sisa pembakaran dapat terbuang semuanya.

Demikianlah beberapa informasi mengenai cara kerja teknologi VVA di motor yamaha yang berhasil saya rangkum dalam artikel ini.Dengan mengetahui cara kerja teknologi VVA pada motor yamaha sobat akan membuat sobat merasa lebih yakin mengenai tingkat performa motor sobat.

Terima kasih sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel ini. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan serta wawasan sobat dan tentunya juga dapat memberikan manfaat bagi sobat. Sampai jumpa pada artikel-artikel selanjutnya. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Sekian dan terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply