Sponsors Link

4 Cara Atasi Sulitnya Oper Gigi di Motor Transmisi Manual

Sponsors Link

Salah satu komponen yang sangat penting yang ada dalam kendaraan baik itu roda dua maupun lebih adalah sistem transmisi. komponen gigi transmisi pada mesin motor dan sistem transmisi ini merupakan bagian dari kendaraan anda yang berhubungan dengan  sistem pemindah tenaga.

ads

Oleh karena itulah komponen yang satu ini sangat memiliki fungsi yang vital terhadap kemanaan dan keselamatan pegendaraan anda, sehingga sobat bikers semua wajib melakukan pengecekan dan perawatan secara berkala, agar tidak ditemukan masalah yang bisa menyusahkan anda nantinya.

Tentunya sobat semua pernah merasakan ya sobat, pada saat anda melewati jalanan yang padat merayap dan anda sedang berusaha menyelip diantara banyaknya kendaraan tersebut, namun tiba –  tiba saja anda mengalami kesusahan pada saat oper gigi, tentunya hal ini akan membut anda merasa kesal dan jengkel, dan yang pastinya “ gerah hati “ .

Namun hal tersebut tidak boleh berlangsung lama ya sobat, dan anda harus segera melakukan tindakan perbaikan agar hal tersebut tidak terjadi lagi. Berikut ini adalah cara atasi sulitnya oper gigi di motor transmisi manual yang bisa anda pelajari dan jadikan refrensi. Yuk bikers, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

1. Perhatikan Setelan Mur dan Baut Perseneling

Cara yang pertama adalah dengan memperhatikan setelan mur dan baut persnelling motor anda. Salah satu penyebab sulitnya anda oper gigi adalah karena setingan mur dan baut anda tidak pas, pada saat setingan mur dan baut tersebut terlalu sempit maka pada saat anda melakukan perpindahan gigi, maka anda akan merasa kesulitan saat perpindahan gigi tersebut. Untuk itu, aturlah sesuai dengan standarnya.

2. Cek Arm Pendorong Kopling

Cara yang kedua adalah anda harus memperhatikan cek arm pendorong kopling motor anda. Pada saat komponen arm pendorong kopling motor anda rusak, maka gigi perseneling motor andapun akan ikutan susah anda pindahkan. Oleh karena itu, cek secara rutin arm pendorong kopling motor anda dan pastikan kondisinya baik – baik saja.

3. Perhatikan Plat Kopling Motor Anda

Cara yang ketiga adalah dengan memperhatikan plat komponen motor kopling motor anda. Pada saat komponen yang satu ini rusak, maka akan terlihat seperti melengkung yang akan membuta kerenggangan antara kampas kopling menjadi kurang maksimal. Sehingga jika pada posisi seperti ini, maka gear box yang kondisinya masih berputar, maka akan justru menggeser drum pada pemindah gigi pada motor anda. Oleh karena itu sobat, penting bagi anda untuk memastikan plat kopling anda dalam keadaaan berfungsi.

5. Tidak Berfungsinya Cluth Cover

Cara yang keempat adalah dengan memperhatikan komponen cluth cover motor anda. Pada saat anda akan berpindah transmisi, maka akan terdengar suara yang berisik dari kopling motor anda. Oleh karena itulah sobat, pastikan komponen yang satu ini berfungsi dengan baik.

Sponsors Link

Demikian informasi yang bisa penulis sajikan buat sobat semua mengenai cara atasi sulitnya oper gigi di motor transmisi manual. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan bisa menjadi refrensi buat sobat semua. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Sampai jumpa, salam hangat selalu.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply