Sponsors Link

Bolehkah Aki Motor Dipasang Miring

Sponsors Link

Sobat bikers semua pastinya sudah tidak asing lagi dengan komponen yang satu ini ya sobat, yakni aki motor. Adapun komponen yang satu ini merupakan salah satu komponen yang tergolong penting pada kendaraan roda dua anda, terlebih untuk untuk menghidupkan berbagai fungsi dari motor anda yang berhubungan dengan sistem kelistrikan motor.

ads

Sebut saja pada saat anda akan menstarter motor anda. Karena pada saat komponen mesin motor anda mati dan akan dihidupkan, maka motor anda membutuhkan tenaga penggerak awal untuk memutar crankshaft atau poros engkol, sehingga piston motor anda bisa bergerak naik turun, dan akan terjadilah pembakaran di ruang pembakaran dan dengan demikian mesin kendaraan anda pun akan hidup.

Untuk  menjalankan sistem starter khususnya dynamo starter, maka akan dibutuhkan suplai listrik, dan supali listirk inilah yang disalurkan oleh aki tersebut. Berbicara mengenai aki tersebut sobat, sekarang ini mereka yang sering melakukan modif pada motornya, sering sekali merombak total sebagian rangka atau bodinya, apalagi yang beraliran ekstrim.

Mereka beranggapan bahwasamya dengan merombak komponen body motor tersbeut , maka tampilan motor mereka  akan terlihat lebih keren dan “ laki “. Namun meski demikian sobat, yang sering terjadi adalah mereka merombak bagian –  bagian yang seharunsnya tidak dirombak, seburt saja seperti aki, oleh karena bodi motor mereka sudah dimodif atau di rombak abis, seting kali mereka memasang aki tersebut dalam kondisi miring.

Lantas bolehkah aki motor dipasang miring? Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Cekidot.

Apabila sobat semua ingin memasang komponen aki motor dalam kondisi miring, hal itu sah –  sah saja ya sobat, asalkan anda menggunakan aki kering. Karena pembatas cairan dari aki kering tersebut terbuat dari bahan yang mirip kaca, sehingga aman apabila anda memasangnya secara miring.

Namun tidak dengan aki basah ya sobat, anda tidak bisa memasang aki basah ini dengan posisi miring, karena pastinya airnya akan tumpah. Selain itu, palt lempengan sel dalam aki tersebut tidak akan terendam semua, sehingga akan menimbulkan jamur dan membuat aki jadi cepat soak. Oleh karena itum sobat semua tidak disarankan untuk memasnag aki basah tersebut dalam posisi miring.

Berikut ini cara pemasangan aki yang baik dan benar yang bisa anda terapkan pada saat memasang aki apda motor anda.

1. Lepas Aki Lama

Lepaskan aki lama secara perlahan dari body motor anda, lepaskan kabel motor anda dari aki tersebtu secara perlahan agar tidak terjadi kerusakan.

2. Bersihkan Bagian yang Kotor

Sebelum memasang aki yang baru, maka sebaiknya anda membersihakn terlebih dahulu bagian yang kotor yang menempel pada klep seperti karat atau kotoran yang lainnya.

3. Pasang Aki Yang Baru

Letakkan aki pada dudukan ayau posisinya di motor anda, kemudia pasang kembali kabelan pada aki tersebtu dengan baik dan benar agar tidak terjadi korsleting.

Sponsors Link

Itulah sobat ulasan yang bisa penulis sajikan buat sobat semua mengenai bolehkan aki motor dipasang miring. Kenali kerusakan yang terjadi pada motor anda terlebih dahulu sebelum mulai mencoba cara yang penulis berikan untuk anda. Sampai jumpa dilain kesempatan dan salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply