Sponsors Link

Block Silinder Motor : Penjelasan dan Fungsinya

Sponsors Link

Jika kita berbicara mengenai otomotif, tentunya hal tersebut tidak akan lepas dari yang namanya sepeda motor, karena sepeda motor ini juga termasuk salah satu benda otomotif. Setuju ya sobat. Selain itu, jika kita berbicara mengenai motor tentunya hal tersebut juga tidak terlepas dari komponen yang menyusun motor itu sendiri, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, ada begitu banyak komponen yang ada di dalam motor anda yang tentunya memiliki peran atau fungsi yang berbeda –  beda satu dengan yang lainnya. Namun meski demikian, semua komponen tersebut memiliki tujuan yang sama yakni untuk membantu kendaraan tersebut untuk menjalankan performanya.

ads

Oke sobat semua, tidak jauh berbeda dari artikel yang sebelumnya apda kesempatan kali ini kita masih akan membahas mengenai salah satu komponen motor yaitu block silinder motor. Tentunya sobat semua sudah mengerti ya sobat dengan komponen yang satu ini. Namun untuk lebih jelasnya, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Check It Out!

Adapun block silinder motor ( culonder block ) merupakan bentuk dasar dari suatu mesin. Selain itu sobat, pada blok silinder ini juga terdapat beberapa buah silinder. Adapun blok silinder tersebut biasanya terbuat dari cast iron, namun belakangan ini banyak juga yang terbuat dari paduan aluminium dengan maksud mengurangi berat sera menambah panas dari radiasi.

Fungsi Block Silinder Motor

Blok silinder ini juga merupakan rumah dari mekanisme engkol, pada blok silinder juga terdapat slinder yang digunakan piston untuk naik dan juga turun ketika mesin bekerja. Secara garis besar, block silinder motor tersebut merupakan salah satu piranti yang cukup penting keberadaannya dalam kendaraan anda.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari block silinder motor tersebut, yuk kita simak dengan seksama.

  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk dudukan silinder dan kepala silinder
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk rumah mekaniskme engkol ( poros engkol, con rod , piston dan yang lain sebagainya )
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk tempat terjadinya proses langkah –  langkah pembakaran
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk tempat dudukan silinder yang mana silinder ini nantinya akan berfungsi sebagai piston naik turun untuk menghasilkan performa yang bagus pada kendaraan anda.

Nah sobat semua itulah beberapa fungsi dari block silider motor yang harus anda ketahui ya sobat. Karena tergolong komponen yang sangat penting, maka oleh karena itu anda harus memperhatikan agar komponen pada block silinder ini tidak sampai mengalami keausan. Adapun beberapa hal yang harus anda cek secara berkala pada blok silinder tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Kelurusan blok silinder
  • Diameter blok silinder
  • Kondisi silinder secara visual
  • Dan yang lain sebagainya.
Sponsors Link

Pastikan pada saat over haul, komponen hal di atas menjadi point penting untuk anda perhatikan ya sobat. Jika anda tidak anda perhatikan, bisa saja kerusakan fatal akan menimpa motor anda, sehingga bisa berlanjut membahayakan pengendara motor tersebut.

Demikianlah informasi mengenai block silinder motor yang bisa penulis utarakan buat sobat semua dalam postingan kali ini. Semoga artikel ini bisa membantu dan membawa banyak manfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk terus update perkembangan artikel – artikel baru berikutnya. Jangan Salam hangat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply