Sponsors Link

Bisakah Pasang ECU Motor Non ABS ke Motor ABS, Jangan Asal Coba

Sponsors Link

Bagi sobat bikers yang menggunakan sepeda motor dengan fitur rem (rem cakram motor) ABS yang ingin memodifikasi atau mengoprek sektor pengapian, pasti bertanya-tanya apakah bisa memasang ECU motor non ABS ke motor ABS?

Maklum saja, karena fitur rem ABS itu sendiri memang berhubungan dengan ECU (Electronic Control Unit) yang mengatur seluruh fungsi motor. Jadi, sobat harus benar-benar tahu mengenai hal ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan terhadap motor sobat. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai bisakah pasang ECU motor non ABS ke motor ABS.

Perlu sobat ketahui, bahwa sebelum sobat melakukan pergantian dengan memasang ECU motor non ABS ke motor sobat yang bertipe ABS, mungkin pemasangan ini akan menimbulkan risiko terhadap kinerja motor sobat. Jadi, sobat harus benar-benar teliti apabila ingin membeli ECU after market.

Baiklah kita kembali ke permasalahan awal mengenai pemasangan ECU motor non ABS ke motor ABS. Apakah pemasangan tersebut bisa dilakukan? Baiklah langsung saja, agar sobat segera mengetahui jawaban dari pertanyaan ini. Berikut adalah ulasan mengenai bisakah pasang ECU motor non ABS ke motor ABS, yaitu:

Bisakah pasang ECU motor non ABS ke motor ABS, jawabannya adalah bisa jika dilihat dari segi fisik karena memang tidak memiliki perbedaan. Namun, menurut saya lebih baik sobat tidak melakukannya. Mengapa demikian?

Karena, jika sobat tetap memaksakan untuk memasang ECU motor non ABS ke motor ABS dapat menimbulkan risiko pada kinerja sistem rem ABS pada motor sobat. Hal ini karena ada perbedaan yang terdapat pada pemrograman ECU, sehingga apabila ECU motor non ABS di pasang pada motor ABS, maka dapat mengganggu kinerja modul ABS-nya. sebab slang rem motor non abs dan abs tidak saling tukar bisa menjadi informasi tambahan.

Meskipun ada kemungkinan motor sobat yang bertipe ABS dapat berfungsi saat sobat memasang ECU non ABS pada motor sobat, disisi lain juga dapat menimbulkan atau mengakibatkan kegagalan sistem ABS.

Sehingga, tentu berisiko sistem ABS menjadi error atau bahkan rusak. Hal ini dapat sobat ketahui dengan menyalanya lampu indikator ABS namun rem ABS tidak berfungsi.

Karena alasan tersebut, ECU non ABS dan ABS tidak bisa saling tukar pasang dan pengguna perlu lebih teliti sebelum membeli ECU aftermarket. Dan sebaiknya sobat harus memilih ECU aftermarket yang sesuai dengan spesifikasi motor sobat.

Nah, demikianlah beberapa informasi mengenai bisakah pasang ECU motor non ABS ke motor ABS yang telah berhasil saya rangkum dalam artikel yang saya buat pada kesempatan kali ini. Terima kasih, karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel saya ini.

Semoga melalui artikel ini, saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi sobat. Dan juga tentunya melalui artikel ini, semoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan sobat.

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dihati sobat dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi pada kesempatan lain di artikel-artikel selanjutnya. Kenali terlebih dahulu komponen pada motor anda sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Sekian dan terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply