Sponsors Link

Bisakah Pasang Ban Tubeless di Pelek Jari – Jari Motor

Sponsors Link

Bagi sobat bikers yang ingin memasang ban tubelesstetapi jenis pelek pada sepeda motor sobat adalah pelek jari-jari maka hal ini akan membuat sobat merasa dilema karena harus memilih antara ingin terus menggunakan pelek jari-jari yang dapat menambah kesan kinclong pada motor sobat, atau harus mengganti pelek agar dapat memasang ban tubeless yang dikenal lebih ‘aman’ karena tidak gampang bocor di bandingkan ban tubetype.

ads

Hal ini karena tidak mungkin memasang ban tubeless pada pelek jari-jari motor karena pada pelek tersebut terdapat rongga yang dapat membuat udara di dalam ban tubeless keluar. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan berusaha menjawab pertanyaan yang sering muncul di pikiran sobat bikers yaitu bisakah pasangbantubelessdipelek jari-jari motor?

Perlu sobat ketahui, bahwa sebenarnya pelek jari-jari dapat menggunakan ban tubeless. Tapi tunggu sebentar sob, jangan senang dulu. Karena untuk membuat ban tubeless dapat terpasang pada pelek jari-jari motor sobat dengan benar, ada beberapa syarat tertentu yang harus sobat lakukan terlebih dahulu.

Mungkin apakah sobat tahu apa saja syarat-syarat tersebut ? jika belum, maka saya anjurkan sobat untuk melanjutkan membaca artikel ini. Karena dalam artikel ini saya akan memberikan informasi agar ban tubeless dapat terpasang pada pelek jari-jari motor sobat.

Baiklah langsung saja agar sobat tidak perlu menunggu lama dan semakin bingung dengan artikel ini, saya akan memberikan informasi mengenai cara agar ban tubeless dapat terpasang pada pelek jari-jari motor sobat.Berikut adalah syarat agar ban tubeless terpasang pada pelek jari-jari motor, antara lain :

1. Harus Memakai Sealant

Syarat agar ban tubeless terpasang pada pelek jari-jari motor yang pertama yaitu dengan memakai sealant. Yaitu menutup semua rongga pada permukaan pelek jari-jari kecuali lubang pentil dengan menggunakan lem. Caranya yaitu dengan melapisi permukaan pelek jari-jari yang berongga dengan menggunakan lem silikon/gasket.

Kemudian ratakan dengan aplikator dan keringkan dengan hairdryer. Jika sudah kering maka pelek sobat sudah siap untuk menggunakan ban tubeless. Saya sarankan sobat tetap menggunakan cairan anti bocor agar jika ada lem yang terkelupas dapat ditutup oleh cairan ini. Sebagai tambahan kebiasaan buruk yang bikin velg motor cepat jebol juga perlu anda ketahui.

2. Harus Memakai Ban Dalam

Syarat agar ban tubeless terpasang pada pelek jari-jari motor yang kedua yaitu dengan melapisi bagian dalam pelek dengan menggunakan ban dalam yang dipotong setengah agar tidak ada ruang yang bisa membuat ban tubeless kehilangan udara (dalam hal ini ban dalam yang digunakan harus memiliki lingkaran yang lebih kecil dari ukuran pelek). Meski demikian, hal ini tidak berlaku untuk semua jenis pelek jari-jari. Syaratnya pelek harus terbuat dari bahan aluminiumdan bukan besi serta punya lebar minimal 2,5 inchi.

3. Harus Memakai Manset

Syarat agar ban tubeless terpasang pada pelek jari-jari motor yang ketiga yaitu dengan menggunakan manset dapat menutupi permukaan pelek. Tujuannya sama, yaitu agar udara yang berada di dalam ban tubeless tidak keluar dan akhirnya ban tubeless menjadi kempis. Harga manset ini pun relatif murah yaitu sekitar Rp 20 ribu saja.

Nah, demikianlah beberapasyarat agar ban tubeless terpasang pada pelek jari-jari motor yang berhasil saya rangkum dalam artikel ini. Terima kasih sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel ini. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan sobat. Sampai jumpa pada artikel-artikel selanjutnya. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Sekian dan terima kasih. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply