Sponsors Link

Bisakah Ganti Rantai Motor Saja Tanpa Ganti Gear?

Sponsors Link

Pada setiap kendaraan baik itu roda dua maupun kendaraan roda empat, tentunya memilik beberapa komponen didalamnya. Komponen tersebut memiliki beberapa fungsi atau pernan yang berbeda –  beda satu dengan yang lainnya. Dan tanpa adanya dukungan dari komponen tersebut tentunya kendaraan anda tidak akan bisa berfungsi atau anda gunakan. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk melakukan pengecekan dan perawatan secara rutin.

ads

Adapun contoh komponen yang harus anda lakukan pengecekan dan perawatan secara rutin agar performance motor anda tetap “ ON “ adalah seperti rantai dan gear motor tersebut. Karena seperti sobat bikers ketahui bersama, kedua komponen ini merupakan contoh komponen yang sangat penting pada kendaraan anda.

Adapun rantai pada motor  anda  merupakan komponen yang sangat vital, karena tanpa adanya rantai ini maka motor anda tidak akan berfungsi sama sekali. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari rantai tersebut terhadap kendaraan roda dua anda.

  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk meneruskan energi gerak yang dihasilkan oleh mesin ke bagian roda kendaraan anda.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk menentukan  arah dari roda kendaraan anda
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan roda kendaraan anda, sehingga tetap bisa berfungsi dengan baik.

Itulah sobat beberapa peranan dari rantai tersebut terhadap kendaraan anda, sehingga anda harus tetap menjaga dan merawat kendaraan tersebut. Perlu anda ketahui juga mengenai penyebab rantai dan suspensi sepeda motor cepat aus sebagai pengetahuan baru.

Sementara itu sobat, adapun gear pada kendaraan roda dua anda antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sebagai komponen yang berfungsi sebagai penggerak roda
  • Sebagai komponen untuk mentransfer putaran komponen mesin motor ke roda sepeda motor
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk mengatur nafas perpindahan gigi pada sepeda motor anda
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk meningkatkan atau menurunkan akselerasi sepeda motor
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk penyeimbang roda belakang sepeda motor

Tidak jauh berbeda dengan rantai, gear pada motor anda juga memiliki fungsi yang penting terhadap kendaraan roda dua anda. Lantas apakah hubungan diantara kedua komponen tersebut? Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

  • Rantai akan meneruskan gaya gerak yang dihasilkan oleh mesin
  • Energi gerak dari mesin tersebut akan memutar gear yang berada di sebelah depan dan rantai dan akan menyalurkan energi gerak ini ke gear bagian belakang motor anda.
  • Kemudian, gear belakang yang sudah terhubung dengan roda belakang akan terhubung oleh rantai ini.
  • Setelah itu, perputaran roda belakang akan mendorong roda depan untuk berputar dan hasilnya adalah kendaraan anda akan bisa bergerak.

Setelah mengetahui fungsi serta peranan kedua komponen tersebut, lantas bisakah gantai rantai motor saja tanpa ganti gear? Maka jawabannya adalah “ bisa “ dan “ sah –  sah “ saja ya sobat, asalkan kondisi gear motor anda masih memungkinkan untuk dipakai, karena pada umumnya penggantian gear adalah 2 : 1 dari penggantian rantai motor.

Sponsors Link

Sampai disini dulu pembahasan kali ini. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat buat sobat semua yang sudah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk terus update artikel – artikel terbaru kami berikutnya yang tidak kalah menariknya. Sampai jumpa dan salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply