Sponsors Link

Penting! Batas Kecepatan Motor Saat Berkendara di Musim Hujan

Sponsors Link

Bagi kebanyakan sobat bikers berkendara di musim hujan adalah sebuah masalah tersendiri. Mengapa demikian? Ada banyak alasan mengapa bisa dikatakan sebuah masalah tersendiri.

ads

Karena, pada saat berkendara di musim hujan akan membuat motor lebih sulit untuk di kendalikan seperti masalah yang terjadi di saat motor mengalami aquaplaning yang kebanyakan di sebabkan karena kondisi jalan yang licin serta didukung kecepatan motor yang tinggi.

Nah, maka daripada itu musim hujan adalah salah satu momok yang menakutkan bagi bikers. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai batas kecepatan motor saat berkendara di musim hujan. cara mencegah konsleting motor saat musim hujan tiba bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Beberapa wilayah di sekitar Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi)  mulai di guyur hujan yang cukup intensif akhir-akhir ini. Jika sobat bikers berada di salah satu wilayah ini, maka sobat perlu waspada karena jalanan sudah pasti akan sangat licin dan genangan air berada di mana-mana.

Agar tetap aman, maka sobat perlu untuk membatasi kecepatan sepeda motor sobat, jangan sampai sobat mengendarai sepeda motor dengan kecepatan sangat tinggi saat hujan turun karena akan mengakibatkan terjadinya aquaplaning. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai batas kecepatan motor saat berkendara di musim hujan, yaitu:

Jangan memacu motor lebih dari 50 km/jam saat berkendara dalam kondisi hujan

Batas kecepatan motor saat berkendara di musim hujan, yaitu sobat tidak boleh memacu kendaraan atau sepeda motor sobat lebih dari 50 km/jam, karena hal ini akan sangat berbahaya. cara mengerem yang tepat saat hujan deras melanda bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Selain memacu terjadinya aquaplaning, juga dapat berisiko menimbulkan bahaya yang lain seperti sobat dapat terpeleset akibat jalanan yang licin. Berkendara di saat kondisi jalan basah sebaiknya jangan terlalu ngebut, jangan sampai sobat menyamakan berkendara seperti saat kondisi jalan kering karena hal ini sangat berbeda.

Yaitu di saat kondisi jalan basah akan membuat daya cengkram ban terhadap permukaan jalan menjadi berkurang. Oleh karena itu, lebih baik sobat mengurangi kecepatan saat berkendara daripada mempertaruhkan keselamatan sobat sendiri.

Karena sobat harus sadar bahwa memang keselamatan diri sobat sendirilah hal yang seharusnya sobat prioritaskan. Dan juga sobat perlu tahu bahwa berkendara dengan hati-hati dan perlahan saat musim hujan tidak hanya untuk mencegah potensi terjadinya kecelakaan. Tetapi yang penting juga, supaya kotoran tidak menyiprat ke badan sobat dan pengendara motor lainnya.

Nah, demikianlah beberapa ulasan mengenai batas kecepatan motor saat berkendara di musim hujan yang dapat saya sampaikan dalam artikel yang saya buat pada kesempatan kali ini.

Terima kasih, karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel saya ini. Semoga dengan adanya artikel ini, saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi sobat. Dan semoga melalui artikel ini, juga dapat menambah pengetahuan serta wawasan bagi sobat.

Sponsors Link

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat dalam penulisan artikel ini. Kenali masalah yang terjadi pada motor anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Sampai jumpa lagi dilain kesempatan, tentunya pada artikel-artikel saya selanjutnya. Sekian dan Terima kasih.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply