Sponsors Link

Arti Kode MIL Pada Motor Honda yang Terjadi Kerusakan, Begini Penjelasannya

Sponsors Link

Bagi sobat bikers yang memiliki sepeda motor merk honda yang sudah dilengkapi dengan sistem injeksi, pastinya sobat tahu mengenai lampu MIL yang berada di bagian speedometer motor sobat.

Tahukah sobat jika lampu bergambar mesin tersebut memiliki arti khusus berdasarkan jumlah kedipan? Tentunya tidak semua bikers paham mengenai hal ini.

Jika sobat sendiri belum paham mengenai hal ini, maka sobat tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai arti kode MIL pada motor honda yang terjadi kerusakan.

Perlu sobat ketahui bahwa MIL (manufaction indicator lamp) merupakan kode untuk memberikan peringatan kegagalan fungsi/kerusakan fungsi sensor dan sparepart  yang ada pada sistem injeksi sepeda motor PGM-FI.

Ketika sistem injeksi berada pada kondisi normal atau tidak ada kerusakan, maka MIL akan menyala selama 2 detik kemudian mati (kalibrasi) setelah kunci kontak dalam keadaan ON. proses ganti lampu led motor tidak semudah ganti bohlam biasa bisa anda perhatikan ya.

Akan tetapi jika terdapat kerusakan pada sistem injeksi MIL akan memberikan isyarat dengan berkedip. Nah, berikut adalah sedikit ulasan mengenai arti kode MIL pada motor yang terjadi kerusakan, antara lain yaitu:

  • Kedipan pendek dan kedipan panjang

Arti kode MIL pada motor honda yang terjadi kerusakan yang pertama yaitu kedipan pendek dan panjang. Perlu sobat ketahui bahwa kedipan MIL memiliki 2 jenis yang berbeda, yaitu kedipan pendek (0, 3 detik) yang menandakan bahwa MIL memberikan isyarat angkat satuan (1).

Dan jika kedipan panjang (1, 3 detik) berarti memberikan isyarat angka puluhan (10). Dan untuk mengetahui kerusakan yang terjadi maka sobat hanya perlu menjumlahkan kedipan yang di berikan oleh MIL. kenali sistem pendingin lampu led otomotif bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • 1,7,8,9,12,21,29,33,54 Kedipan

Arti kode MIL pada motor honda yang terjadi kerusakan yang kedua yaitu bahwa masing-masing jumlah (1,7,8,9,12,21,29,33,54) kedipan berarti mengisyaratkan kerusakan yang di alami. Misalnya 1 kedipan berarti menandakan bahwa sensor MAP (Manifold Absolute Presure)  sedang mengalami kerusakan.

Dan jika 7 kedipan maka menandakan terjadi kerusakan pada bagian sensor engine oil temperature (EOT) dan engine coolant temperature (ECT). Untuk 8 kedipan berarti bahwa ada kerusakan pada TP sensor. 9 kedipan berarti bahwa terjadi kerusakan pada sensor intake air temperature (IAT). 12 kedipan berarti terjadi merusak pada injektor.

21 kedipan berarti bahwa terjadi kerusakan pada sensor oksigen. 29 kedipan berarti bahwa terjadi kerusakan pada Idle Air Control Valve (IACV). 33 kedipan berarti bahwa terjadi kerusakan pada Engine Control Module (ECM). Dan yang terakhir 54 kedipan berarti bahwa terjadi kerusakan pada bank angel sensor.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai arti kode MIL pada motor  honda yang terjadi kerusakan yang dapat saya sampaikan dalam artikel yang berhasil saya buat pada kesempatan kali ini.

Terima kasih, karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel saya ini. Semoga dengan adanya artikel ini, saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi sobat. Dan semoga dengan melalui artikel ini, juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi sobat.

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat dalam penulisan artikel ini. Kenali masalah yang terjadi pada motor anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan di atas. Sampai jumpa di lain  kesempatan, yaitu pada artikel-artikel saya selanjutnya. Sekian dan Terima kasih.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply