Sponsors Link

Alasan Velg Forged dan Velg Casting Harganya Berbeda Jauh, Begini Penjelasannya

Sponsors Link

Sobat semua pemilik kendaraan roda dua atau motor pastinya sudah mengenal semua atau sebagian dari komponen yang ada  pada motor anda. Selain itu tentunya anda sudah mengerti akan fungsi dan peranan dari komponen tersebut.

ads

Sebut saja seperti komponen velg motor atau yang lebih sering kita sebut dengan pelek tersebut. Komponen ini berfungsi sebagai sarana penggerak motor anda agar bisa maju atau juga mundur. 

Atau dengan kata lain velg tersebut juga berperan sebagai titik tumpuan dari ban motor anda yang mana nantnya velg motor tersebut juga akan menanggung semua beban dari motor tersebut dan juga orang yang menggunakan atau mengangkut barang dengan menggunakan motor tersebut.

Berbicara mengenai vleg tersebut sobat, ada beberapa jenis velg yang tentunya memiliki fungsi yang berbeda  satu dengan yang lainnya. Mulai dari perbedaan fungsi, perbedaan bentuk dan juga perbedaan harga tentunya yang menjadi salah satu pertimbangan utama dalam membeli velg tersebut.

Sebut saja seperti velg  forged dan velg casting, tentunya komponen ini memiliki perbedaan harga yang cukup tinggi. Lantas mengapa demikian, berikut ulasannya secara lengkap untuk anda. Cekidot.

1.Dari Segi Bahan Atau Material

Pada umumnya, memang material atau bahan pembuatan dari velg forged dan juga velg casting tersebut memiliki bahan atau material  yang sama, namun bukan berarti hal tersebut berlaku mutlak di pasaran sering juga kita temukan jenis kedua material velg ini berbeda dari segi kualitas, biasanya material v forged selalu orginal sehingga harganya di bandrol lebih tinggi jika kita bandingkan dengan velg jenis casting tersebut. cara pilih velg motor bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Dari Teknik Pembuatan

Dari segi teknik pembuatannya sendiri, memang kedua jenis velg   ini memiliki teknik yang berbeda, dan inilah alasan yang paling utama mengapa kedua jenis velg tersebut memiliki harga yang jauh berbeda. Untuk velg cara pembuataanya yaitu dengan di cor atau dicetak. 

Proses pembuatan dengan cara casting ini menggunakan metode grvity cast atau low preaseure gravitiy cast yang memang designnya sama dengan velg   jenis forged, namun velg casting ini memiliki bobot yang lebih berat dari pada velg forged tersebut.

Sementara itu sobat, untuk velg forged sendiri cara pembuatannya sama dengan cara pembuatan pedang yang di tempa secara khusus dan juga menggunakan metode paling mutakhir serta memiliki tingkat pembuatan yang sangat tinggi. 

Oleh karena itulah dari segi kualitas maupun dari segi bobot velg jenis forged ini tentunya lebih baik dari jenis casting tersebut sehingga tak salah jika harganya lebih mahal. kebiasaan buruk yang bikin velg motor cepat jebol bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

3. Waktu Pembuatan

Seperti yang sudah penulis jelaskan diatas, pembuatan velg jenis forged ini memiliki waktu pembuatan yang lebih lama dibandingkan dengan jenis casting karena ditempah secara detail dan secara khusus, sehingga tak salah jika harganya lebih mahal.

Sponsors Link

Sekian sobat ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Terima kasih untuk anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Sampa jumpa di ulasan selanjutnya. Kenali masalah yang terjadi pada motor anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Salam hangat selalu.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply